Peran humas DPR RI dalam memperkuat literasi kewarganegaraan masyarakat

Authors

  • Andi Wiratna Universitas Negeri Malang
  • Siti Awaliyah Universitas Negeri Malang
  • Rista Ayu Mawarti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1224-1235

Keywords:

humas DPR RI, literasi kewarganegaran, masyarakat

Abstract

This study aims to discuss the roles, programs, obstacles faced and the efforts made by the Public Relations of the DPR RI in strengthening civic literacy. This study uses a qualitative approach with a descriptive type. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions/verification. The Public Relations of the DPR RI has the role of communicator and facilitator. The program activities carried out are the parliamentary education program, the youth parliament program, the campus parliamentary program and the community visit program. The inhibiting factor in implementing the program is the lack of competent human resources (SDA) in their field, the lack of facilities and infrastructure as well as time allocation. Efforts to overcome obstacles are by conducting natural resource development by participating in training or collaborating with other work units, increasing the number of room capacities used, providing more contemporary innovations, and providing tokens in the form of regulations for the DPR RI, magazines and parliamentary bulletins. so that the information that has been carried out in the activity can be understood again by the community.

Kajian ini bertujuan untuk membahas peran, program, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan oleh Humas DPR RI dalam memperkuat literasi kewarganegaraan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Humas DPR RI mempunyai peran komunikator dan fasilitator. Program kegiatan yang dilakukan yakni program edukasi parlemen, program parlemen remaja, program parlemen kampus dan program kunjungan masyarakat. Faktor penghambat dalam pelaksanaan programnya ialah masih minimnya sumber daya manusia (SDA) yang kompeten dibidangnya, minimnya dari segi sarana dan prasarana maupun alokasi waktu. Upaya untuk mengatasi hambatan ialah dengan mengadakan pengembangan SDA dengan cara mengikuti pelatihan ataupun berkolaborasi dengan unit kerja lainnya, peningkatan jumlah kapasitas ruangan yang digunanakan, memberikan inovasi yang lebih kekinian, serta memberikan tanda mata berupa tata tertib DPR RI, majalah dan buletin Parlementeria. agar informasi yang sudah dilaksanakan dalam kegiatan dapat dipahami kembali oleh masyarakat.

References

Al Habib, D. R., & Suratman, B. (2018). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Lembaga Pemerintahan DPRD Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/32139

Armawi, A. (2020). Reduksi Informasi Hoax di Era Digital Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 1-13.

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(2), 148-152. https://ejournal.bsi.ac.id/¬ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120/1708

Fudge, D., & Skipworth, S. A. (2017). Kids in the Capitol: Improving Civic Literacy Through Experiential Learning. Learning: Research and Practice, 3(2), 163–167.

Ganggi, R. I. P. (2018). Materi pokok dalam literasi media sosial sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat yang kritis dalam bermedia sosial. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(4), 337-345. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/3681/2061

Hamid, S. I., Istianti, T., Firmansyah, F., Ismail, H., & Abdilah, F. (2020, November). Implementasi Model Literasi Kewarganegaraan Berbasis Tradisi Lokal Sunda Melalui Pembelajaran Tembang Pupuh dan Nyanyian Permainan Anak di Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi (pp. 30-38). Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Jakarta: Kemendikbud.

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Litbang Kompas. (2019). Citra DPR Menurut Litbang Kompas 2019. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2019/09/23/08370591/litbangkompas-662-persen-responden-merasa-aspirasinya-tak-terwaki

Maimun, M., Sanusi, S., Rusli, Y., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 8-15.

Mazid, S. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Kewargaan Multikultural dalam Bingkai Keindonesiaan yang Beradab. Literasi Hukum, 1(1), 27-36.

Nurdin, N. (2021). Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment Dalam Pembelajaran Di PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 56-67.

OECD. (2019). Programme for International Students Assessment (PISA)- Results from PISA 2018, Country Note: Indonesia. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Peraturan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia No. 6 Tahun 2021 Tentang Organisasidan Tata Kerja Sekretariat Jenderal DPR RI.

Perdana, R., & Hermawati, T. (2018). Humas Dalam Membangun Citra. Jurnal Rakha, 4(1).

Prasetyo, B. D., Pranata, E. P., Meydina, I., Fauzi, Z. N., & Sunarsi, D. (2021). Pelatihan Strategi Bersaing Sumber Daya Manusia di Era 5.0 Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4).

Prasetyo, K. (2016). Koalisi Dominan Humas DPR-RI sebagai Boundary Spanner dalam Mewujudkan Good Governance melalui Informasi Publik. Jurnal Media Kom, 6(2), 16-30.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80.

Saidi, M. R., Supriyono, S., & Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119-128.

Sidharta, V., Anisti, A., Arlena, W. M., & Azwar, A. (2021). Strategi komunikasi humas biro pemberitaan DPR RI dalam menjaga citra positif organisasi. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 106-113.

Sujastika, I., & Abdulkarim, A. (2022, January). Civic Education Textbook Presentation of Seventh Grade Based on Cultural Literacy and Citizenship. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2021) (pp. 180-185). Atlantis Press.

Suryadi, K. (2010). Inovasi nilai dan fungsi komunikasi partai politik bagi penguatan civic literacy. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besat Ilmu Komunikasi Politik. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Tachyudin, M., Cahyono, H., & Utami, P. S. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(2 Extra), 31-39.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Yuliadari, E., Rusnaini, R., & Ariana, Y. (2018). Penguatan Civic Literacy dalam Pembelajaran Demokrasi dan Pemilu Dan Implikaisnya Terhadap Civic Atitude Mahasiswa. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(2), 115-122.

Yusuf, R., & Putra, I. (2019, October). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 143-150). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2023-01-04

Issue

Section

Articles