Pengembangan media pembelajaran komik digital Geografi pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia

Authors

  • Mohammad Nur Widarto Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1214-1223

Keywords:

media pemebelajaran, komik digital, geografi, flora fauna

Abstract

The current era of modern learning cannot be separated from the use of digital learning media. Teachers must be adaptable to the rapid advancement of information technology. Therefore, researchers in developing digital learning media in the form of digital comics that contain material on geography, especially material on the distribution of flora and fauna. This research aims to innovate learning media products in the form of digital comics, to simplify and increase the attractiveness of students' geography learning. Research and Development is the type of research carried out in this study. This research method uses the ADDIE method; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data used in this study is a combination of qualitative and quantitative. Written suggestions and comments about learning media were used to collect qualitative data. The amount of data obtained from the evaluation and testing of students' media products. Small groups of 20 students were used for product trials. The research findings are divided into two categories, namely the validation of learning media products which include aspects of the assessment of material, language, and media display, which received a total evaluation of 90 percent and included in the very good predicate. The media validation results. The test results showed that they scored 89 percent on the media aspect and 92% on the material aspect. This study concludes that the learning media is suitable for learning geography, especially in the sub-material distribution of flora and fauna.

Era pembelajaran modern saat ini tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran digital. Guru harus mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Oleh karena sebab peneliti dalam ini mengembangkan media pembelajaran digital berupa komik digital yang memuat materi geografi, khusunya materi tentang persebaran flora fauna. Tujuan penelitian ini untuk melakukan inovasi produk media pembelajaran berupa komik digital, mempermudah dan meningkatkan daya tarik pembelajaran geografi siswa. Reseach and Development menjadi kategori jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode ADDIE; Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar tertulis terhadap isi media pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi dan tes produk media siswa. Kelompok kecil yang terdiri dari 20 siswa digunakan untuk uji coba produk. Temuan penelitian dibagi menjadi dua kategori yaitu validasi produk media pembelajaran yang meliputi aspek penilaian isi materi, tinjauan bahasa, dan tampilan media, yang mendapat penilaian total 90 persen dan termasuk dalam predikat sangat baik. pada hasil validasi media. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa mereka mendapat nilai 89 persen pada aspek media dan 92 persen pada aspek materi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran cocok digunakan untuk media pembelajaran geografi, khususnya pada sub materi persebaran flora dan fauna.

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.

Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757.

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 31-41.

Khudlori, A., & Gondohanindijo, J. (2020). Analisis wacana kritis budaya literasi melalui aplikasi webtoon berbasis media pembelajaran interaktif sebagai upaya peningkatan karakter siswa sekolah menengah. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 7(1), 137-150.

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 1046-1052.

Winda, W. L., Thomas, O., FL, B. C., & Toendan, K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital “Bahaya Virus" Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 125-131.

Magdalena, I., Pribadi, A. B., Maudiya, A., Aliansah, E., Asmara, N. S., & Silaban, T. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran saat Pandemi COVID-19 terhadap Efektifitas Belajar Siswa di SDN 14 Petang Jakarta. PANDAWA, 3(3), 428-436.

Rasyid, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Biosfer Serta Persebaran Flora Dan Fauna Pada Siswa IPS2 SMA Negeri 5 Bau-Bau. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 3(3).

Sefriani, R., & Veri, J. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. KomtekInfo. https://doi.org/10.29165/komtekinfo.v5i3.194

Suciati, S., Sumarti, S., & Sunarti, I. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Webtoon Untuk Menafsirkan Pandangan Pengarang Dalam Novel. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(1).

Sugiyanto, D. E. (2014). Mengkaji Ilmu Geografi. Solo: PT. Tiga Serangkai.

Ummah, L. R., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Komik Webtoon Sebagai Alternaltif Media Pembelajaran Daring Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Laili Roifatul Ummah Abstrak. Jpgsd, 9(6).

Downloads

Published

2023-01-04

Issue

Section

Articles