Pengaruh model Project Based Learning berbantuan video pada mata pelajaran Geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri

Authors

  • Anggun Tri Novita Sari Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Budijanto Budijanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1153-1163

Keywords:

Project Based Learning, video, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Creative thinking ability is an ability needed by students to find new ideas, ideas, ways, and innovative and solutive strategies to solve existing problems. Creative thinking skills can be built using a video-assisted Project Based Learning model. Through this model, students' creative thinking can be trained through the stages or steps of the video-assisted Project Based Learning model. The purpose of this study was to determine the effect of the video-assisted Project Based Learning model on geography subjects on the creative thinking skills of the XII IPS class students of SMAN1 Plemahan, Kediri Regency. This study uses a quasi-experimental method with a posttest only control group design. The students of class XII IPS3 as the control class and XII IPS4 as the experimental class, both classes are the subjects of this study. The assessment instrument using the essay test is based on indicators of creative thinking skills: fluency, flexibility, originality, and detail. In this research data analysis, the probability value (sig. 2 tailed) is 0.040 as a result of the independent sample t-test. The results showed that the videoassisted Project Based Learning learning model in geography subjects had a significant effect on the creative thinking ability of the XII IPS class students of SMAN1 Plemahan, Kediri Regency.

Kemampuan berpikir kreatif ialah suatu kemampuan yang diperlukan siswa untuk menemukan ide, gagasan, cara, dan strategi baru yang inovatif dan solutif untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kemampuan berpikir kreatif dapat dibangun menggunakan model Project Based Learning berbantuan video. Melalui model tersebut, berpikir kreatif siswa bisa terlatih melalui tahapan atau langkah model Project Based Learning berbantuan video. Maksud penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan video pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS SMAN1 Plemahan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain postest only control group. Siswa kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol serta XII IPS 4 sebagai kelas eksperimen, kedua kelas tersebut merupakan subjek pada penelitian ini. Instrumen penilaian menggunakan tes esai didasarkan pada indikator kemampuan berpikir kreatif: kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan merinci. Dalam analisis data penelitian ini, nilai probabilitas (sig .2 tailed) adalah 0,040 sebagai hasil dari uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video pada mata pelajaran geografi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS SMAN1 Plemahan Kabupaten Kediri.

References

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 48–58. https://doi.org/-10.17977/um017v20i12015p048

Erlinawati, E. (2018). Pengaruh Model Project Based Learningterhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Sikap Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMA N 7 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Handayani, A. S., & Dian, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Seni Pada Siswa Kelas II SDN 2 Sungapan.

Harianja, J. K. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.114

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1), 9-21.

Kurniawati, I. D. (2021, November). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 4, No. 1, pp. 769-774).

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18-27.

Kusuma, I. G. A. J., Suniasih, N. W., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Tempat Tinggalku Siswa Kelas IVB SDN 17 Dauh Puri Denpasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7165/4891

Mawardi, M., & Sari, P. A. P. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1).

Mustika, M. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60-88.

Nugroho, B. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Berbantuan Video Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria. Universitas Negeri Semarang.

Nurlaela, L. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Puspitasari, L. (2012). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ratumanan, T. (2015). Inovasi Pembelajaran Menegmbangkan Komptensi Peserta Didik Secara Optimal. Ombak.

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Sari, D. N., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015, October). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa melalui elektroskop sederhana. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-I).

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Septiasih, N. W. A., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sularmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475-479.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47–52. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5364/4762

Utami, Z. L., & Bukit, N. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida dinamis di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 97-101.

Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Parigi. Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.

Yulia, H. M. (2013). Implementasi Model Project Based Learning Disertai Project Journal Notes Pages Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi KD 4.2. Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-01-04

Issue

Section

Articles