Pengembangan media pembelajaran m-learning berbasis android pada mata pelajaran PPKn materi lembaga-lembaga negara kelas X

Authors

  • Andiansyah Bagus Rahmadila Universitas Negeri Malang
  • Rosyid Al Atok Universitas Negeri Malang
  • Rista Ayu Mawarti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i11p1120-1131

Keywords:

pengembangan media, media pembelajaran, m-learning, PPKn, lembaga-lembaga negara

Abstract

This paper discusses about the development of android-based mobile learning media for the teaching of Civics subject at SMAN 1 Purwosari. This study aims at producing an android-based learning media on Civics subject, particularly about The State Institutions material. This development research uses the ADDIE model which consists of five steps, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The feasibility of the media was validated by media expert, material expert, linguist, and practitioner. After the validation stage, a limited trial was conducted to the 10th grade students of SMAN 1 Purwosari. The results of the media feasibility validation and limited trial are as the following: (1) the media expert scored 3,97 with "very good" qualification, (2) the material expert scored 3,08 with "good" qualification, (3) the linguist scored 3,58 with "very good" qualification, (4) the practitioner scored 4 with "very good" qualification, (5) the small group trial result obtains a score of 3,61 with "very good" qualification, and (6) the large group trial result obtains a score of 3,46 with “very good” qualification. Thus, it can be concluded that the media product that has been developed is feasible to be used as a learning media in supporting Civics learning.

Artikel ini membahas tentang penelitian pengembangan media pembelajaran mobile-learning berbasis android pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Purwosari. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran PPKn dengan materi Lembaga-lembaga Negara. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Validasi kelayakan media dilakukan oleh validator ahli media, materi, bahasa dan praktisi. Setelah tahap validasi, dilakukan uji coba terbatas kepada siswa kelas 10 IPS 1 SMAN 1 Purwosari. Hasil validasi baik dari validator ahli media, materi, bahasa, praktisi, dan uji coba terbatas diperoleh nilai kelayakan produk media yang dikembangkan sebagai berikut: (1) dari ahli media diperoleh nilai 3,97 dengan kualifikasi “sangat layak”, (2) dari ahli materi diperoleh nilai 3,08 dengan kualifikasi “layak”, (3) dari ahli bahasa diperoleh nilai 3,58 dengan kualifikasi “sangat layak”, (4) dari praktisi diperoleh nilai 4 dengan kualifikasi “sangat layak”, (5) dari uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 3,61 dengan kualifikasi “sangat layak”, dan (6) dari uji coba kelompok besar diperoleh nilai 3,46 dengan kualifikasi “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang pembelajaran PPKn.

References

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.

Andayani, S., & Widjaja, H. (2016). Analisis Manfaat Pembelajaran Digital Bagi Mahasiswa. Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, Palembang, 8.

Delisda, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.

González, M., González, M., Martín, M. E., Llamas, C., Martínez, Ó., Vegas, J., Herguedas, M., & Hernández, C. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17(1), 31–50. https://doi.org/10.4018/JCIT.2015010103

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Mabruri, H., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Science Mobile Learning Media to Improve Primary Students Learning Achievements. Journal of Primary Education, 8(1), 108–116.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android Dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas xi man 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015.

Perdana, P. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Berupa Buku Saku Digital pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas IX SMA.

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Susanto, H., & Akmal, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197. https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1425

Syarisma, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Aplikasi Appypie Pembelajaran Fluida di SMAN 3 Bontang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Viorika, E. (2019). Pengembangan Game Edukasi “Labirin Matematika” Sebagai Media Latihan Soal.

Wibowo, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Berbasis Sketchup 3D Tingkat Lanjut Kelas XII Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan.

Zulfiati, H. M. (2014). Pengaruh pembelajaran IPS berbasis ICT (Information and Communications Technology) dengan aplikasi lectora inspire terhadap hasil belajar siswa. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 39-58.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles