Pengaruh model Problem Based Learning berplatform Edmodo pada mata pelajaran Geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA

Authors

  • Indra Dwi Prasetya Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i11p1029-1046

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, Edmodo, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Problem Based Learning has several advantages. First, the involvement or role of students is quite high. Both students became enthusiastic and interested in the learning process in working in groups. The purpose of this study was to determine the significant effect of the Problem Based Learning model with the Edmodo platform on the geography critical thinking skills of high school students. The research design used was Quasi Experimental with pretest-posttest design-control group. The subjects of this study were students of class XI IPS SMAN 1 Sukadana. Class XI IPS 1 as the experimental class and Class XI IPS 2 as the control class with 30 students per class. Data collection techniques obtained from critical thinking tests that have been tested for validity and reliability. The test questions are designed based on critical thinking indicators and geography material. Analysis using Mann-Whitney test with SPSS 22 for Windows. The results showed that the significance value of 0.000 less than 0.05 and the average value of the experimental class was greater (79.83) than the control class (67), which means that the Problem Based Learning model with the Edmodo platform in geography subjects has an effect on students' critical thinking skills. SENIOR HIGH SCHOOL. The most influential Problem Based Learning syntax is found in the syntax guiding individual and group investigations. In this syntax, students are required to collect data about a given problem. The results of this study can be developed with different research variables.

Problem Based Learning memiliki beberapa keunggulan yang pertama keterlibatan atau peran siswa cukup tinggi. Kedua siswa menjadi semangat dan tertarik dalam proses pembelajaran pada pengerjaan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berplatform Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan pretest-posttest design-control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sukadana. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa per kelas 30 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal-soal tes dirancang berdasarkan indikator berpikir kritis dan materi geografi. Analisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar (79,83) dibandingkan kelas kontrol (67), yang berarti model Problem Based Learning berplatform Edmodo pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Sintak Problem Based Learning yang paling berpengaruh terdapat pada sintak membimbing penyelidikan individu maupun kelompok. Pada sintak tersebut siswa dituntut mengumpulkan sebuah data mengenai permasalahan yang diberikan. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan variabel penelitian yang berbeda.

References

Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, I., Rochmad, R., & Permanawati, F. I. (2019, February). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 337-342).

Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2017, February). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 523-531).

Aprilliya, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan memecahkan masalah materi lingkugan hidup siswa kelas XI SMAN 9 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Arsana, I. M., Ariyanto, S. R., & Wibisono, H. G. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 226-231.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

Astuti, E. W., Trisnaningsih, T., & Yarmaidi, Y. (2017). Pengaruh Media Gambar Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 5(3).

Balasubramani, K., & Jaykumar, L. N. (2014). Student Preference Towards The Use of Edmodo as A learning Platform to Create Responsible Learning Environment. In Proceeding, Asia Euro Conference. Selangor: School of Hospitality, Tourism and Culinary Arts.

Bilkisda, I. Z., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran e-Learning Edmodo terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kalor dan Perpindahannya. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 193-198.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Damayanti, R. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Universitas Negeri Malang.

Dogoriti, E., & Pange, J. (2014). Instructional design for a" social" classroom: Edmodo and Twitter in the foreign language classroom. ICICTE 2014 Proceedings, 154, 165.

Fajar, M. R. A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Ngoro Mojokerto.

Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).

Fernando, D., Mardjuki, M., & Chrisnawati, H. E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Program Linier (Penelitian Dilakukan di SMK Taruna Farmasi Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(2), 104-111.

Gazali, A., Hidayat, A., & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 10-16.

Hamimah, H., Kenedi, A. K., Zuryanty, Z., & Nelliarti, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem-Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 173-184.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468-474.

Istiqomah, S. B. T. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) di Prodi D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. Eduhealth, 3(2).

Kamil, P. A. (2015). Pengembangan bahan ajar geografi model Robert E. Gabler, et all untuk SMA/MA kelas X pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan rancangan Dick and Carey (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Magfiroh, D. S. (2019). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi SMAN 1 Turen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Mauludiyah, A., Wirahayu, Y. A., & Suharto, Y. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi Untuk Siswa SMA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 1210–25.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.

Nursamsuri, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X-D SMAN 9 Malang.

Arifah, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL). Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 39–51.

Rohmah, D. (2018). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MA NU Gondanglegi Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rusman, M. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Dyas, S. D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 440-447.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soebijantoro, S. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengajaran Historiopreneur Studi Kasus pada Prodi Pend. Sejarah IKIP PGRI Madiun. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk Problem Based Learning in the 2013 Curriculum Implementation of Vocational High School. Smk, 6(3), 260–71.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. G. (2014). Peranan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Perilaku Pembelajaran. Widya Acharya FKIP Universitas Dwijendra, 2085–0018(2085), 26–35.

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Triapriliani, W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas X IS SMAN 1 Tumpang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).

Utari, D. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA Gajah Mada T.P 2016/2017.

Wankel, C. (2011). Educating Educators with Social Media. United Kingdom: Emerald Group Publishing Limited.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2): 275.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles