Sunan Kalijaga dan strategi dakwah melalui Tembang Lir-Ilir

Authors

  • Yusuf Bakti Nugraha Universitas Negeri Malang
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i4p528-532

Keywords:

Wali Songo, Jawa, dakwah

Abstract

The problem that this article tries to address is about how the role of Wali Songo, especially in this discussion, is Sunan Kalijaga who uses art as a medium of preaching. In this case he used the song Lir-ilir which has a philosophical meaning in the aspect of religion. Of course this song is not just an artistic entertainment, but the message contained in this song is so deep that it is very suitable to be able to help the propagation of the spread of Islamic teachings. Even so, along with the development of the times, it is feared that this kind of culture and arts could be eroded because of the negative influences that follow from the swift currents of globalization, so that it is so difficult to maintain.

Masalah yang coba dituangkan dalam artikel ini yakni tentang bagaimana peranan Wali Songo khususnya pada pembahasan ini adalah Sunan Kalijaga yang menggunakan seni untuk media dakwah. Dalam hal ini beliau menggunakan tembang Lir-ilir yang memiliki makna filosofi dalam aspek agama. Tentunya tembang ini bukan sekedar hiburan seni, melainkan memang pesan yang terkandung dalam tembang ini begitu dalam sehingga begitu cocok untuk bisa membantu dakwah penyebaran ajaran Islam. Meski begitu seiring dengan berkembangnya zaman, dikhawatirkan budaya dan kesenian seperti ini dapat tergerus karena pengaaruh negatif yang ikut dari arus globalisasi yang deras sehingga begitu sulit untuk dipertahankan.

References

Putriana, S. (2020). Eksistensi Kesenian Sebagai Revitalisasi Dialog Budaya Jawa dan Islam Oleh Sunan Kalijaga. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Yaqin, M. A. (2018). Dimensi spiritual tembang Lir-Ilir dalam semiotika tasawuf (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Paaneah, D. Z., Sunardi, S., & Wuryani, E. (2019). Pemahaman Syair Tembang Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VII B Smp Kristen Satya Wacana Salatiga. Satya Widya, 35(2), 140-147.

Sofwan, R., Wasit, H., & Mundiri, H. (2000). Islamisasi di Jawa: Walisongo, penyebar Islam di Jawa, menurut penuturan babad. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles