Pengembangan suplemen bahan ajar digital kelas X materi penginderaan jauh menggunakan Heyzine Flipbook

Authors

  • Edisty Anindira Patranita Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

Keywords:

suplemen, bahan ajar digital, materi penginderaan jauh

Abstract

During the last decade, digitalization has affected the structure of education in the world, this change requiring the conversion of conventional education in order to carry out practical and independent learning by students. The purpose of this research is to develop a validated digital teaching material supplement using remote sensing material. The Research and Development model is made following the ADDIE development steps, but is limited to the development stage. Teaching materials are created using Canva software and Heyzine Flipbook. The results of product validation, obtained an average of 91 percent and belonged to the very valid category. The results of the validation test are used as a reference for revision and refinement of teaching materials. Teaching materials were tested on teachers and students of class X IPS 1 SMAN 10 Malang, with a total of 36 students. In general, the test results were categorized as very good, with the test results on teachers amounting to 95 percent, and on students amounting to 92 percent. Based on the results of the trials that have been carried out, it can be seen that digital teaching material supplements are very good for use in learning activities.

Selama dekade terakhir, digitalisasi mempengaruhi struktur pendidikan di dunia secara keseluruhan sehingga memerlukan konversi pendidikan konvensional agar terlaksana pembelajaran yang praktis dan mandiri oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar digital pada materi penginderaan jauh menggunakan Heyzine Flipbook yang telah tervalidasi. Model penelitian pengembangan dibuat mengikuti langkah pengembangan ADDIE, namun dibatasi hingga tahap development. Bahan ajar dibuat menggunakan software Canva dan Heyzine Flipbook. Hasil validasi produk memperoleh rerata sebesar 91 persen dan tergolong pada kategori sangat valid. Hasil uji validasi digunakan sebagai bahan revisi serta penyempurnaan bahan ajar. Bahan ajar diujicobakan pada guru dan peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 10 Malang, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Secara umum, hasil uji coba mendapat kategori sangat baik, dengan skor uji coba pada guru sebesar 95, dan pada siswa sebesar 92 persen. Berdasarkan hasil uji coba, dapat diketahui bahwa suplemen bahan ajar digital sangat baik untuk digunakan pada pembelajaran.

References

Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37-44.

Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik di Era Pandemi Covid-19.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.

Busstra, M. C., Geelen, A., Feskens, E. J., Hartog, R. J. M., & Veer, P. V. T. (2008). Design and development of digital learning material for applied data analysis. The American Statistician, 62(4), 329-339.

Coughlan, J., & Swift, S. (2011). Student and tutor perceptions of learning and teaching on a first‐year study skills module in a university computing department. Educational Studies, 37(5), 529-539.

Dalilah, A., Malinda, A. R., Oktapiyansyah, R., Monicha, W., & Purnama, F. (2021). Monitoring Perubahan Penggunaan Lahan Menggunakan Citra SPOT 6 dan SPOT 7 di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 7(1), 99-108.

Eglash, R., Lachney, M., Babbitt, W., Bennett, A., Reinhardt, M., & Davis, J. (2020). Decolonizing education with Anishinaabe arcs: Generative STEM as a path to indigenous futurity. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1569-1593.

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911-918.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Kosasih, E. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, A. P., Murtini, S., & Widodo, B. S. (2021). Development of ecological teaching book supplements based on local wisdom. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 85-91.

Masrur, H., Corebima, A. D., & Ghofur, A. (2017). Pengembangan buku suplemen mutasi gen pada matakuliah genetika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1160-1167.

Nguyen, D. T., & Kieuthi, T. C. (2020). New trends in technology application in education and capacities of universities lecturers during the Covid-19 pandemic. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development (IJMPERD), 10, 1709-1714.

Ningsih, N. A., Suwarni, N., & Utami, R. K. S. (2016). Kendala Guru Mengajar Penginderaan Jauh di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2014-2015. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 4(2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278-285.

Pinto, C. C. C., & Meilani, D. (2022, February). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik berbasis 4c tema lingkungan sahabat kita pada peserta didik kelas V SDK STA. Maria assumpta kupang tahun ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains dan Teknologi (Vol. 1, No. 1, pp. 16-27).

Pranata, W., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 185-190.

Putra, A. K., Islam, M. N., & Prasetyo, E. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 2(2), 149-159.

Pratama, M. I. L., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Pariwisata pada Materi Potensi Ekowisata di Kawasan Teluk Tomini. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 31-48.

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119-128.

Putri, Y. I. A., Sumarmi, S., Putra, A. K., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM pada materi sumber dan analisis data kependudukan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 31-41.

Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? A Systematic Literature Review. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(4).

Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164-176.

Ronchi, A. M. (2019). E-learning: How teaching and training methods changed in the last 20 years. In E-services (pp. 69-113). Springer, Cham.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Salamah, A., & Rabiatul Adawiah Ahmad Rashid, M. (2020). The development of citizenship education learning models through the addie model to improve student characters at mulawarman university. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(9), 155-168.

Subakti, H., Utami, N. R., Sulaeman, D., Soputra, D., Hardiyanti, S. A., Avicenna, A., ... & Yuniwati, I. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumarmi, S., Bachri, S., Irawan, L. Y., Putra, D. B. P., Risnani, R., & Aliman, M. (2020). The Effect of Experiential Learning Models on High School Students Learning Scores and Disaster Countermeasures Education Abilities. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 61-85.

Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 161-167.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79-85.

Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. S. (2014). Penerapan media pembelajaran biologi sma dengan menggunakan model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pena Sains, 1(1).

Wardana, F., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Media Penginderaan Jauh Berbasis Android dalam Pembelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 863-868.

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Zeehan, F., Alias, R. A., & Tasir, Z. (2020). Discovering Digital Technology Training Challenges for Future-Ready Educator: A Preliminary Study from Trainer Perspective. Journal of Educational Research, 8(3A), 12-23.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles