Media pembelajaran e-scrapbook berbasis adobe photoshop materi peninggalan Hindu-Buddha di Kecamatan Ponggok

Authors

  • Roisatul Muthoharoh Universitas Negeri Malang
  • Slamet Sujud Purnawan Jati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i9p855-867

Keywords:

e-scrapbook, media pembelajaran, peninggalan Hindu-Buddha

Abstract

This study aims to develop learning media in the form of an e-scrapbook based on adobe photoshop from Hindu-Buddhist heritage in Ponggok District. This learning media contains the history of Hindu-Buddhist heritage in the ponggok district to the current form of the building. In this study, there is a test of the validity and effectiveness of learning media. This research method is Research and Development (R&D) using the ADDIE model which consists of five stages namely (1) analyze; (2) design; (3) develop; (4) implement; (5) evaluate. The learning media development is in the form of an e-scrapbook that combines three software to produce digital books. (1) Adobe Photoshop helps depict pop out; (2) Canva creates scrapbook layouts; (3) the application is packaged into a digital book. The results of the validity test on material validation got a score of 90.00 percent (very valid) and media validation got a score of 81.67 percent (very valid). In the small group trial, it was 85.56 percent and in the large group was 90.07 percent. Based on the results obtained, the e-scrapbook learning media can be applied in the learning process at school.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-scrapbook berbasis Adobe Photoshop peninggalan Hindu-Buddha di Kecamatan Ponggok. Media pembelajaran ini berisi tentang sejarah peninggalan Hindu-Buddha di Kecamatan Ponggok hingga bentuk bangunannya saat ini. Dalam penelitian ini terdapat uji validitas dan efektivitas media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan lima tahapan yakni: (1) analyze (menganalisis); (2) design (merancang); (3) develop (mengembangkan); (4) implement (menerapkan); dan (5) evaluate (mengevaluasi). Media pembelajaran yang dikembangkan berupa e-scrapbook yang memadukan dengan tiga perangkat lunak sehingga menghasilkan buku digital. (1) Adobe Photoshop membantu menggambarkan pop Out; (2) canva membuat layout scrapbook; (3) aplikasi mengemas menjadi buku digital. Hasil uji validitas pada validasi materi mendapatkan skor 90,00 persen (sangat valid) dan validasi media mendapatkan skor 81,67 persen (sangal valid). Pada uji coba kelompok kecil sebesar 85,56 persen dan kelompok kecil sebesar 90,07 persen. Berdasarkan hasil yang doperoleh media pembelajaran e-scrapbook dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aman, A. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arum, T. M. (2019). Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Kebudayaan Zaman Prasejarah di Indonesia untuk Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Baihaqi, M. (2016). Pengembangan Media Scrapbook Materi Perjuangan Kapten Soemadi dalam Mempertahankan Kemerdekaan (1948-1949) untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMAN 1 Kutorejo Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. (1985). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hamzah, U. B., & Lamatenggo, N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, S. H., (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad ke-21. HISTORIA: Jurnal Pendidikan Peneliti Sejarah, 2(2), 61-72.

Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Lia, R. (2014). Mahar Scrapbook. Surabaya: Tirta Aksa Trubus Agrisarana.

Magdalena, I., Shodikoh, A., F., & Pebrianti, A., A. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 6 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Nafi’ah, U., Mashuri, M., & Wijaya, D. N. (2019). The Development of Digital Book of European History to Shape the student’s Democratic Values. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6), 147-154.

Permana, B. (2005). Seri Penuntun Praktis Adobe Photoshop CS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sarkadi, S. (2020). Tahapan Penilaian Pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Susilana, R., & Riyana, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sutarti, T., & Irawan, A. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian, dan Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles