Pengaruh Inquiry-Student Team Achievement Division (INSTAD) learning model berbantuan google classroom terhadap critical thinking skills siswa SMA Nasional Malang

Authors

  • Ira Rizky Wiratama Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i8p776-791

Keywords:

model pembelajaran InSTAD, critical thinking skills, google classroom

Abstract

Pelaksanaan model pembelajaran InSTAD dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk memperoleh pengetahuannya sendiri berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan bersama kelompoknya. Model ini membuat siswa saling bekerjasama tidak hanya menghafal materi, namun juga melatih siswa memiliki critical thinking skills. Model ini juga melatih siswa mengembangkan kemampuannya dalam memahami suatu konsep berdasarkan penyelidikan, sehingga siswa akan terdorong untuk berpikir, bersikap objektif, dan menjadi lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model InSTAD berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap critical thinking skills siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa SMA Nasional Malang dari kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 sebagai kelas experiment dan control. Hasil uji t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 menunjukkan bahwa Inquiry-Student Team Achievement Division (InSTAD) Learning Model berbantuan google classroom berpengaruh terhadap critical thinking siswa. Perolehan N-Gain Score sebesar 57,26 persen membuktikan bahwa model Instead cukup efektif dalam meningkatkan critical thinking skills siswa.

References

Aditya, D., & Suyanto, E. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3).

Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis sma negeri 3 purworejo kelas x tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533–541. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541

Dewi, Y. A. S., Munawaroh, D. A., & Hayati, R. M. (2021). Metode Teacher Centered Learning (TCL). Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 760–769.

Turohmah, F. D. A., Putra, A. K., & Suharto, Y. (2021). Improving Critical Thinking Ability: Earthcomm Learning for Watershed Conservation Materials. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 99-106.

Djamara, B. (2013). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Rineka Cipta

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507

Fauziyah, E. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Partisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri Se-Kecamatan Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Fitriana, M. (2016). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1702–1711.

Harisandy, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation).

Husada, F. R. K. (2019). Pengaruh Pembelajaran InSTAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Biologi. Αγαn, 8(5), 55.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/-j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Laksmiwati, P. A., & Mahmudi, A. (2012). Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Inquiry Berbantuan Cabri 3D pada Materi Ruang Dimensi Tiga. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November, 1–12.

Listyana, K., Soekamto, H., Putra, A. K., & Soelistijo, D. (2022). Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan pendekatan Problem Based Learning materi dinamika planet bumi. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 56-67. https://doi.org/10.17977/um063v2i12022p56-67

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206. https://doi.org/-10.29303/jpm.v15i3.1355

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906

Nasution, H. N. (2019). Efetivitas Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Syahbuddin Mustafa Nauli. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 1–8. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/979

Nisa, A. N. (2021). Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Di SMP Negeri 1 Sawoo Tahun Ajaran 2020/2021.

Nurdin, S. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran (2nd ed.). Rajawali pers.

Nurhidayah, N., Mulbar, U., & Asdar, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Instad (Inquiry-Stad) terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 92-101.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/issue/view/18

Rizmy, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA 19 Malang. Universitas Negeri Malang.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 (3rd ed.). Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sari, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sestu, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Instad (Inquiry-STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016.

Sidiq, Y., Prayitno, B. A., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Biologi, 9(1), 305–309. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1094

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan ketrampilan proses sains pada pelajaran biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sutarji, S. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Kolam Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin.

Tampongangoy, D. L. (2018). Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Tinggilbet Distrilk Beoga Kabupaten Puncak Provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).

Umi, L. K., Wirayahu, Y. A., & Putra, A. K. (2021). Interactive Multimedia in Inquiry Learning: Analyzing Population Dynamics for Critical Thinking. Abjadia, 6(2), 100–109. https://doi.org/-10.18860/-abj.v6i2.12820

Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86

Yunus, Y. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Model Instad Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDI Perumnas III Kota Makassar.

Yusuf, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di MA Nurul Ulum Jombang. Universitas Negeri Malang.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.

Downloads

Published

2022-08-18

Issue

Section

Articles