Pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam kelas III madrasah diniyah di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Kota Malang

Authors

  • Nadia Nishful Laili Universitas Negeri Malang
  • Joko Sayono Universitas Negeri Malang
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i8p758-767

Keywords:

madrasah diniyah, proses pembelajaran, matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Abstract

The existence of this research was carried out to analyze how the learning process of Islamic Cultural History (SKI) in The Diniyah Madrasah. Learning The History of Islamic Culture is a history learning that is not obtained in formal education other than Madrasah Aliyah (MA). Diniyah Madrasah is an informal school that is generally located in the Islamic boarding school environment. This study aims to find out how the learning process that occurs in the Diniyah Madrasah of Salafiyah Islamic Boarding School Putri Al-Ishlahiyah Malang City. The learning process includes learning planning, learning implementation and learning evaluation. This research was carried out using a qualitative approach and descriptive types of research. Then the data collection techniques carried out are through observation, interviews and documentation. The results of the study concluded that learning took place well but was constrained by inadequate infrastructure.

Adanya penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Diniyah. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan Pembelajaran sejarah yang tidak didapatkan di pendidikan formal selain Madrasah Aliyah (MA). Madrasah Diniyah merupakan sekolah informal yang umumnya berada di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Kota Malang. Adapun proses pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik namun terkendala sarana prasarana yang belum memadai.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Agung, L. S., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Ali, R. M. (2005). Pengantar ilmu sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Aman, A. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Amin, H., & Isham, E. (2004). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka Budaya.

Armando, A., & Barus, J. V. (2000). Ensiklopedia Islam untuk Pelajar. Jakarta: Ichtiar Baru van House.

Badudu, J. S., & Zein, M. S. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Departemen Agama RI. (2000). Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama.

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Hamid, A. R., & Madjid, M. S. (2011). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Karwono, K., & Mularsih, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuntowijoyo, K. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1).

Purwanto, B., & Adam, A. W. (2013). Menggugat Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Purwanto, N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto, S. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumiyati, S. (2017). Sistem pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Suryosubroto, S. (2015). Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulhaq, Z. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 49-60.

Zuhairini, Z. (2004). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-08-18

Issue

Section

Articles