Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 10 Malang

Authors

  • Yohana Simanjuntak Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i8p715-728

Keywords:

model problem solving, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Online learning during the pandemic is a challenge for teachers in the learning process. Learning in a short time makes teachers choose to use the lecture and assignment method. This will affect students' critical thinking skills which tend to be underdeveloped because they only memorize and look for answers. The problem solving model assisted by YouTube videos is a solution in the online learning process. The problem solving model not only makes students' critical thinking skills increase, but this model can develop students' creativity in discussing and conducting group activities followed by strengthening skills. The help of YouTube videos makes subject matter accessible anytime, anywhere, it can increase students' knowledge and provide a stimulus. This study aims to determine whether there is an effect of the YouTube-assisted problem solving model on the critical thinking skills of SMAN 10 Malang students. This research is quantitative research with experimental methods. The research design used a quasi-experimental with posttest control group design. Class X Mathematics and Natural Sciences was chosen as the research subject, random sampling was used to determine the experimental class and the control class. The results of the posttest showed that the experimental class average was 65.14 and the control class was 55.28, so that there was an effect of the problem solving model assisted by YouTube videos on the critical thinking skills of SMAN 10 Malang students.

Pembelajaran daring pada masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dalam waktu yang singkat membuat guru memilih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yang cenderung kurang berkembang karena hanya menghafal dan mencari jawaban. Model problem solving berbantuan video youtube menjadi solusi dalam proses pembelajaran online. Model problem solving tidak hanya membuat kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, namun model ini dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam berdiskusi dan melakukan kegiatan kelompok yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Bantuan video youtube membuat materi pelajaran dapat diakses kapanpun, dimanapun, dapat meningkatkan pengetahuan siswa dan memberikan stimulus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem solving berbantuan youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 10 Malang. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu dengan posttest control group design. Kelas X MIPA dipilih sebagai subjek penelitian, random sampling digunakan sebagai penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 65,14 dan kelas kontrol 55,28 sehingga terdapat pengaruh model problem solving berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 10 Malang.

References

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Adnyani, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media audio visual terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan matematika. International Journal of Elementary Education, 2(2), 94-100.

Afifah, D. M., Lestari, E. D., & Prianti, R. N. (2021). Dampak pendemi covid-19 terhadap pembelajaran di sekolah dasar. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 2(1), 1-6.

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107.

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran geografi berbasis masalah dengan blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 597-602.

Ali, M., & Amalia, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap berpikir kritis peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Bio Educatio, 3(2), 279508.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika untuk pokok bahasan vektor siswa kelas X SMA Negeri 4. Fisika, 10(1), 1–11.

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jgk (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106-115.

Arsyad, L. (2014). Pengaruh faktor genetik dan intelegensi terhadap keberhasilan belajar anak.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur review: penerapan sintaks model pembelajaran problem solving pada kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147-153.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259-272.

Halomuan, U. (2021). Pemahaman konsep geografi siswa dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif dan gaya mengajar guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 26-42.

Harefa, D. (2020). Perbedaan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran problem posing dan problem solving pada siswa kelas X-MIA SMA swasta kampus teluk dalam. Sinasis, 1(1), 103–116.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas student worksheet berbasis project based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Jurnal pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 1(3), 468-474.

Ishak, N. S., & Khalid, F. B. (2021). Penggunaan video YouTube bagi Meningkatkan Minat dan Pencapaian murid dalam Pembelajaran Geografi Fizikal di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(3), 228-240.

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141-149.

Khairunisa, T., Putra, A. K., & Rachmadian, R. H. (2021). Analisis reseliensi pembelajaran daring berbasis problem based learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Laili, N. I., & Azizah, U. (2015). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan self efficacy pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education, 4(1), 62–68.

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh model learning cycle 5e (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Man 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 61. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325

Latifah, S., Irwandani, & Suratun, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi channel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas Viii Smp learning video based integrated problem solving chanel youtube: development in light class market viii kemajuan di bidang teknologi in. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(November), 271–282. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, R. (2013). Penggunaan youtube sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Seminar nasional kedua pendidikan berkemajuan dan menggembirakan (the second progressive and fun education seminar), 607–612.

Kassim, J. M., Mohamed, H., Fadzilah, S., & Nor, M. (2017). Perbandingan Model E-Pembelajaran. 7(1).

Magfirah, N. (2021). Peranan video youtube sebagai alternatif media pembelajaran di masapa pandemi. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 51-58.

Mellita, S. A., & Laili Rosita. (2019). Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 3(2), 70-79.

Mukarromah, M. A., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh model challenge based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi perubahan iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 214-218.

Mundilarto, M., & Ismoyo, H. (2017). Effect of problem-based learning on improvement physics achievement and critical thinking of senior high school students. Journal of Baltic Science Education, 16(5), 761–779.

No, S. E. K. (4). Tahun 2020. Pelaksanaan kebijakanpendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease covid, 19, 30.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui media youtube dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 96–106.

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model team-based learning dan model problem-based learning secara daring berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128-137.

Parasamya, C.E. & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42-49.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate critical thinking skills in primary schools. social, humanities, and educational studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Prasasti, D. E., & Henny D., K., & Sri Giarti. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174 – 179.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282-289.

Prayoga, A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Keefektifan model pembelajaran problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2652-2665.

Puspitasari, E., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Integrasi berpikir kritis dan peduli lingkungan melalui pembelajaran geografi dalam membentuk karakter peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 122–126.

Putra, F. K. A., & Hasyim, B. A. (2014). Penerapan Model pembelajaran problem solving untuk eningkatkan hasil belajar siswa kelas xii tkr 1 pada mata pelajaran sistem pengapian konvensional di SMK Negeri 1 Madiun (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Putra, Y., & Sudarman, Y. (2020). Penggunaan video youtube untuk meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh. Jurnal Sendratasik, 9(3), 50-57.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 861-870.

Putra, A. K., Sumarmi, S., Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The effect of blended project-based learning with stem approach to spatial thinking ability and geographic skill. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14340a.

Ramdani, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis (Critical Thinking) peserta didik menggunakan graded response models (GRM) dalam pembelajaran relasi dan fungsi pada Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Sungguminasa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).

Rosanti, R., & Nurekawati, E. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah geografi pariwisata. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 131-144.

Riduwan, R. (2013). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta

Sarah, S., Lufri, L., & Sumarmin, R. (2018). pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 25-32.

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8720

Sari, P. R., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1).

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Setiaji, R., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2018). Perbedaan penggunaan discovery learning dan problem solving terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD gugus cokro kembang jenawi Karanganyar. Jurnal Basicedu, 2(1), 11-18.

Sholihah, M., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan berpikir siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2096–2100. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.7869

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suhardi, D., Chaerunnisa, H., & Santoso, A. S. (2020). Panduan pengisian opak Jabar. Yogyakarta: Deepublish

Tampubolon, T., & Sitindaon, S. F. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal INPAFI, 1(3), 260–268.

Utami, N. T., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan youtube pembelajaran persamaan lingkaran di SMA menggunakan videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 155–165.

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran biologi menggunakan problem solving disertai diagram tree untuk memberdayakan tree diagram to empower logical thinking. Indonesian Journal of Integrated Science Education (IJIS Edu), 1(1), 1–6.

Widiawati, E. (2013). Penerapan model pembelajarancreative problem solving dan inquiry berbasis teknologi informasi untuk menumbuhkanpemahaman materi geografi (Studi Eksperimen di SMA Taruna Bakti Bandung). Jurnal Geografi Gea, 13(2).

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA.

Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan strategi pembelajaran aktif question student have untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 136–145. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86

Zainal, A. (2016). Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.

Downloads

Published

2022-08-18

Issue

Section

Articles