Strategi gaya mengajar guru asistensi mengajar berbasis perspektif konstruksi realitas sosial di SMA Negeri 9 Malang

Authors

  • Dewi Ayu Anggraeni Universitas Negeri Malang
  • Rita Arsyantie Universitas Negeri Malang
  • Rossita Wijayanti Universitas Negeri Malang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Malang
  • Panjilmo Putro Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i7p656-666

Keywords:

asistensi mengajar, gaya mengajar, konstruksi realitas sosial, motivasi, strategi

Abstract

A teacher plays a role in conveying information to students in order to increase learning motivation during learning activities. This study has the following objectives: (1) to determine the teaching style of Sociology teachers that affect the low motivation to learn according to the perspective of students of class X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang, (2) to determine the teaching style of Sociology teachers according to the perspective of class X IPS students 1 SMA Negeri 9 Malang, and (3) to determine the strategy of teaching assistant teachers in increasing the learning motivation of students in class X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang. The method used is descriptive qualitative, by finding out a description of what factors cause students of class X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang to lack interest in Sociology subjects and what teaching strategies are used by teaching assistant teachers in increasing student learning motivation. The results showed that: (1) the teaching style of the teacher that affects the low motivation of students to learn is the way the teacher delivers subjects that are less attractive during the teaching and learning process, the learning media and assignments that are applied are considered monotonous, and the learning resources used by the teacher are only based on books. , (2) the attractive teaching style of teachers according to students is to use learning media that should be varied according to the characteristics of students, and (3) the teaching style strategy of teaching assistant teachers is the provision of varied tasks such as learning journals, interactive LKPD, PPT learning media, and posters. This is in accordance with Berger's theory of social reality construction that teachers' teaching styles should involve students' perspectives so that their learning motivation increases so that they are in accordance with the perspectives of both parties.

Seorang guru berperan menyampaikan informasi kepada para siswa guna meningkatkan motivasi belajar saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya: (1) untuk mengetahui gaya mengajar guru Sosiologi yang berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar menurut perspektif siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang, (2) untuk mengetahui gaya mengajar guru Sosiologi yang sesuai dengan perspektif siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang dan (3) untuk mengetahui strategi guru asistensi mengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan mencari tahu gambaran mengenai faktor apa yang menyebabkan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang kurang minat dalam mata pelajaran Sosiologi dan strategi mengajar apa yang digunakan guru asistensi mengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Diperoleh hasil bahwa (1) gaya mengajar guru yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa adalah cara penyampaian guru mata pelajaran yang kurang menarik ketika proses belajar mengajar, media pembelajaran dan pemberian tugas yang diterapkan dianggap monoton, serta sumber belajar yang digunakan guru hanya terpacu pada buku saja, (2) gaya mengajar guru yang menarik menurut siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sebaiknya bersifat variatif sesuai dengan karakteristik siswa dan (3) strategi gaya mengajar guru asistensi mengajar adalah pemberian tugas yang bervariatif seperti jurnal belajar, LKPD interaktif, media belajar PPT, dan poster. Hal ini sesuai dengan teori konstruksi realitas sosial, Berger bahwa gaya mengajar guru seharusnya melibatkan perspektif siswa agar motivasi belajarnya meningkat sehingga sesuai dengan perspektif kedua belah pihak.

References

Berger, P. L. (2015). Konstruksi Realitas Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, 5(3), 11-23.

Berger, P. L., & Luckman, T (1966). The Social Construction of Reality. England: Penguin Books.

Cahya, L. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 461-471.

Halim, M. T., & Raharjo, T. J. (2015). Konstruksi Sosial Guru Terhadap Pembelajaran IPS Di SD Inpres 6/86 Laburasseng Desa Laburasseng Kecamatan Libureng Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Journal of Primary Education, 4(2), 85-95.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1).

Indah, N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMK Nurul Qalam Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories of Human Communication. Waveland Press Inc.

Male, V., Ansar, A., & Arwildayanto, A. (2021). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo Kecamatan Botupingge. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 104-110.

McQuail, D. (2010). McQuail Mass communication theory, 6th edition. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi sosial dalam realitas sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1-4.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. El Midad, 10(2), 98-111.

Sandi, A. L., Amirudin, A., & Sitika, A. J. (2021). Peranan Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Daring Pendidikan Agama Islam di SDN Sindangmulya IV Cibarusah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 265-274.

Subarno, A. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Batik 1 Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 3(4), 31-39.

Sukardi, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa

Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 15-22.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).

Downloads

Published

2022-07-20

Issue

Section

Articles