Upaya mengembangkan karakter kejujuran melalui koperasi siswa di SMPN 2 Pamekasan

Authors

  • Ardika Riski Pranoto Utomo Universitas Negeri Malang
  • Sukowiyono Sukowiyono Universitas Negeri Malang
  • Rista Ayu Mawarti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i5p495-502

Keywords:

peran koperasi siswa, kejujuran, penghambat

Abstract

This study aims to describe the efforts to develop the character of honesty through student cooperatives at SMPN 2 Pamekasan, to find out the obstacles and solutions given by the teacher in developing the character of honesty at SMPN 2 Pamekasan. The study uses a qualitative approach with a descriptive type of study. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. In the data analysis technique using data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that, (1) Efforts to develop the character of honesty through student cooperatives at SMPN 2 Pamekasan one of which is the teacher as a motivator for students, the way students develop the character of honesty at SMPN 2 Pamekasan through student cooperatives is by implementing honesty, (2) obstacles The things that students get to apply honesty at SMPN 2 Pamekasan include lack of discipline, lack of responsibility, and task execution, (3) solutions for developing honesty through the application of student cooperatives at SMPN 2 Pamekasan by the teacher, namely by reprimanding students by calling students individually. private and not crowded place. With this student cooperative, students learn about the importance of honesty.

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengembangkan karakter kejujuran melalui koperasi siswa yang berada di SMPN 2 Pamekasan, mengetahui hambatan dan solusi yang diberikan oleh guru dalam mengembangkan karakter kejujuran di SMPN 2 Pamekasan. Kajian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa, (1) Upaya mengembangkan karakter kejujuran melalui koperasi siswa di SMPN 2 Pamekasan salah satunya guru sebagai pendorong peserta didik, cara siswa mengembangkan karakter kejujuran di SMPN 2 Pamekasan melalui koperasi siswa yaitu dengan cara melaksanakan kejujuran, (2) hambatan yang didapat siswa untuk menerapkan kejujuran di SMPN 2 Pamekasan antara lain yaitu kurangnya kedisiplinan, kurangnya tanggung jawab, dan pengerjaan tugas, (3) solusi pengembangan kejujuran melalui penerapan koperasi siswa di SMPN 2 Pamekasan oleh guru yaitu dengan menegur peserta didik dengan cara memanggil siswa secara pribadi dan tempat yang tidak ramai. Dengan adanya koperasi siswa tersebut peserta didik belajar mengenai pentingnya kejujuran.

References

Akbar, A. F., & Iswahyudi, D. (2019). Implementasi perilaku moral siswa dalam kegiatan jual beli di koperasi sekolah menengah atas. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3, 33–41.

Alfurkan, A., & Marzuki, M. (2020). Penguatan nilai kejujuran melalui pendidikan antikorupsi di sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 4(2), 221–231.

Basri, A. (2019). Empat anak terlibat pencurian. https://radarmadura.jawapos.com/read/2019/09/-10/154990/¬empat-anak-terlibat-pencurian

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Alfabeta.

Ika, H. (2020). Pengaruh koperasi siswa terhadap motivasi berwirausaha siswa di SMKN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat 2019. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Intarti, E. R. (2020). Peran strategis teman sebaya dalam pembentukan karakter religius remaja. Jurnal dinamika pendidikan, 13(3), 342–351.

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu: Jurnal pendidikan, 14(2), 226–239.

Khusnan, A. (2020). Implementasi pendidikan karakter melalui koperasi jujur di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik. ZAHRA: Research and tought elementary school of islam journal, 1(2), 26–33.

Lutfiani, Y. V. (2018). Peran koperasi siswa dalam menumbuhkan motivasi wirausaha siswa di MAN 1 Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muslimin, H. (2016). Implementasi nilai-nilai kejujuran pada mata pelajaran pai perspektif kurikulum 2013 (di SMP N 1 Curup Kabupaten Rejang Lebong). IAIN Curup.

Nisha, M. (2018). Upaya guru akidah akhlak dalam pembinaan kejujuran dan kedisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Nitbani, P. (2017). Indonesia alami krisis kejujuran. indonesia alami krisis kejujuran. https://-www.beritasatu.com/¬nasional/¬444657/jcc-indonesia-alami-krisis-kejujuran.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal pendidikan kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Puspitasari, R., Hastuti, D., & Herawati, T. (2015). Pengaruh pola asuh disiplin dan pola asuh spiritual ibu terhadap karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal pendidikan karakter, 2.

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan karakter mandiri dan jujur pada anak usia dini. Thufula.

Santoso, D., & Yanti, H. B. (2017). Pengaruh perilaku tidak jujur dan kompetensi moral terhadap kecurangan akademik (academic fraud) mahasiswa akuntansi. Media riset akuntansi, auditing & informasi, 15(1), 1–16.

Sari, M. (2019). Peran teman sebaya dalam membentuk kepribadian siswa mi ma’arif singosaren. IAIN Ponorogo.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Suyati, E. S. (2016). Pengelolaan Manajemen Koperasi Sekolah. Pedagogik: Jurnal pendidikan, 11(2), 88–96.

Zaini, A. H. F. (2013). Pilar-pilar pendidikan karakter islami. Gunung Djati Press.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles