Pengaruh media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi Telegram pada materi mitigasi bencana alam terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang

Authors

  • Fernanda Dimas Bachtiar Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i5p452-466

Keywords:

media pembelajaran, media kelas daring, aplikasi Telegram, bot Telegram, hasil belajar siswa

Abstract

The Telegram application is an application that has more features than communication media because it can be filled with a virtual robot with artificial intelligence. The existence of a virtual robot can make this application can be filled like a complex application but still light for the user's device and can be accessed on all operating systems and devices. Virtual robots can be filled with various commands and can be filled with learning materials accompanied by text and video, audio, and illustrated images so that they can be used as learning media for Mobile Learning today. Learning media that are easy to understand and attractive to students can facilitate the delivery of learning materials so that they can affect student learning outcomes. The purpose of this study is to determine whether or not there is an effect of using learning media using the Telegram application with conventional learning media in natural disaster mitigation materials for high school geography students. This study used a quasi-experimental research design with a pretest-posttest control group design. The subjects of this study consisted of class XI J4 (experimental class) and class XI I4 (control class). The research instrument used was in the form of five essay test questions that were given between before and after being given treatment in each class. Technical analysis of the data used is using an unpaired t-test (independent sample t-test). The results of the t-test showed a significance value of 0.029 less than 0.05. It can be concluded that between the two classes there are significant differences in the use of mobile learning media based on the Telegram application in natural disaster mitigation materials on student learning outcomes.

Aplikasi telegram merupakan aplikasi yang memiliki fitur lebih dari media komunikasi karena dapat diisi sebuah robot virtual dengan kecerdasan buatan. Adanya robot virtual dapat membuat aplikasi ini dapat diisi seperti sebuah aplikasi yang kompleks namun tetap ringan bagi perangkat pengguna serta dapat diakses di semua sistem operasi dan perangkat. Robot virtual dapat diisi berbagai macam perintah dan dapat diisi materi pembelajaran yang disertai teks dan video, audio, dan gambar ilustrasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran Mobile Learning saat ini. Media pembelajaran yang mudah dipahami dan menarik bagi siswa dapat mempermudah penyampaian materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Telegram dengan media pembelajaran konvensional dalam materi mitigasi bencana alam untuk siswa geografi SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian jenis eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini terdari dari kelas XI J4 (kelas eksperimen) dan kelas XI I4 (kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lima soal tes esai yang diberikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada tiap kelas. Teknis analisis data yang digunakan yakni menggunakan uji-t tidak berpasangan (independents sample t-test). Hasil dari uji t-test menunjukkan angka signifikansi 0,029 kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa antar kedua kelas terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi Telegram pada materi mitigasi bencana alam terhadap hasil belajar siswa.

References

Adamson, K. A., & Prion, S. (2013). Reliability: Measuring Internal Consistency Using Cronbach’s α. Clinical Simulation in Nursing, 9(5), e179–e180. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2012.12.001

Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 236–246. https://doi.org/10.30998/-formatif.v1i3.74

Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 155–164. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1022

Anggraini, S. D., & Wibawa, S. C. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Telegram Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kognitif Siswa. IT-Edu, 3(2), 139–147.

Anom, A. (2020). Kelebihan Aplikasi Telegram Dibanding WhatsApp. Urban Digital. https://urbandigital.id/-kelebihan-telegram-dibanding-whatsapp/

Attewell, J., & Enhanced, T. (2005). Mobile technologies and learning Mobile technologies and learning.

BNPB. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana (p. 50).

BNPB. (2018). Potensi Ancaman Bencana. https://www.bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana

BNPB. (2019). Hadapi bencana-Tanggap Tangkas Tangguh. Bahama Publisher. https://books.google.co.id/-books?id=Ikq4DwAAQBAJ

Dwi, I. M., & Sulastra, J. (2020). Interaksi Strategi Blended Learning Berbantuan Telegram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa yang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |, 6356, 126–132.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Ed. 9, Cet. IX (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://digilib.usm.ac.id/fek/index.php?p=show_detail&id=2134

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. E- Jurnal Pendidikan, 4(4), 266.

Harijoko, A., Puspitasari, D., Prabaningrum, I., Prastika, K. P., & Wijayanti, F. N. (2021). Manajemen penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana di Indonesia (1st ed.). UGM PRESS.

Hartati, A., Wuryandari, T., & Wilandari, Y. (2013). Analisis varian dua faktor dalam rancangan pengamatan berulang (repeated measures). Jurnal Gaussian, 2(4), 279–288. http://ejournal-s1.undip.ac.id/¬index.php/gaussian

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN

Lestari, F. S. (2020). Modul Geografi Kelas XI KD 3.7 dan 4.7. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Maheni, I. A. P. (2020, December). Model Pembelajaran Jarak Jauh Taksonomi Bloom, 4C, dan Flipped Learning. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/model-pembelajaran-jarak-jauh-taxonomi-bloom-4-c-dan-flipped-learning/

Mariana, R., Fikri, H. T., & Syahrina, I. A. (2018). Psikoedukasi siaga bencana: Membentuk komunitas sadar bencana di kawasan wisata. Journal of Character Education Society, 3(3), 631–638. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2796

Menkominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Prima, N. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Saraf Nesy Class Berbasis Bot Telegram untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. In Can. J. Chem. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putra, N. R., & Dermawan, D. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif menggunakan bot telegram pada kelas X multimedia pada pelajaran komputer dan jaringan. Jurnal IT-EDU., 6(2), 69–76. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43731/37309

Ramadhani, R., & Bina, S. N. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media.

Rerifki, A. R., Setyawan, D., & Lestari, A. W. (2018). Evaluasi Kebijakan Rusunawa Dalam Mengatasi Permukiman Kumuh Di Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2).

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/-340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sari, A. A., Sabilla, A. A., & Hertati, D. (2020). Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Manajemen Bencana Banjir Di Kabupaten Gresik. Syntax, 2(5), 21-35.

Sari, I. P. N. I., Yarmaidi, Y., & Zulkarnain, Z. (2019). Kendala Guru Geografi dalam Memberikan Materi Mitigasi Bencana Alam pada Siswa Kelas XI. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 7(1).

Sinartejo, W. (2019). Bahan ajar SMA/MA Kelas XI: Jenis dan penanggulangan bencana melalui edukasi, kearifan lokas dan pemanfaatan teknologi modern.

Sudaryono, S. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Graha Ilmu.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi: Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya. In Media Pembelajaran.

Thoifah, I. (2015). Statistika pendidikan dan metode penelitian kuantitatif. Madani.

Turrohmah, M. (2017). Hubungan kompetensi profesional guru Qur’an hadist dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu. Raden Intan Lampung.

Umeidini, F., Nuriah, E., & Fedryansyah, M. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 13. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23115

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. Penerbit Adab.

Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 13(2), 1691–1696.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles