Pendidikan sosial ekonomi bagi santri melalui wirausaha berbasis syariah di Kepontren Sidogiri Kraton Pasuruan

Authors

  • Laily Qomariah Universitas Negeri Malang
  • Siti Malikhah Towaf Universitas Negeri Malang
  • Agus Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Universitas Negeri Malang
  • Ratih Pramesthi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i5p442-451

Keywords:

Kepontren, pendidikan sosial ekonomi, santri

Abstract

This study was used to explore socio-economic education through sharia-based entrepreneurship in the Sidogiri’s Kepontren. The scope of this research is sharia management which is used in running a business that contains a form of socio-economic education given by Kepontren to students. This type of research is descriptive qualitative so that in analyzing the data the author uses the technical analysis of the Miles and Huberman interactive model. The results of this study are that the management of Kepontren is neatly organized, quite modern, and follows the sharia basis used. This can be seen from the Kepontren business units in each region and the transparency carried out by Kepontren, through the contracts used in every management related to financial management. (3) The form of socio-economic education provided by Kepontren to students such as the practice of muamalah knowledge and direct practice through sharia-based entrepreneurship (Toko Basmalah) spread across various regions. Instilling a spirit of social care by cooperating with and carrying local businesses/small-medium enterprises and distributing zakat/alms.

Penelitian ini digunakan untuk mengeksplor pendidikan sosial ekonomi melalui wirausaha berbasis syariah di Kepontren Sidogiri. Ruang lingkup penelitian ini yaitu manajemen syariah yang digunakan dalam menjalankan usaha yang mana di dalamnya mengandung bentuk pendidikan sosial ekonomi yang diberikan Kepontren kepada para santri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan teknis analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu Manajemen Kepontren sudah tertata rapi, cukup modern dan sesuai dengan basis syariah yang digunakan. Hal ini dapat dilihat dari unit usaha Kepontren di setiap daerah dan transparansi yang dilakukan Kepontren, melalui akad yang digunakan pada setiap manajemen yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Bentuk pendidikan sosial ekonomi yang diberikan Kepontren kepada para santri seperti pengamalan ilmu muamalah dan praktek langsung melalui wirausaha berbasis syariah (Toko Basmalah) yang tersebar di berbagai daerah. Menanamkan jiwa peduli sosial dengan menggandeng dan menggendong usaha lokal/ usaha kecil-menengah dan pembagian zakat/sedekah.

References

Akdon. (2006). Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Al-Ghozali, I. (2017). Ihya’ Ulumuddin Juz II. Surabaya: Darul Falah.

Antonio, S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Pers.

Arifin, Z. (2016). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja. Retrieved from Library Binus: library.binus.ac.id/eColls/¬eThesisdoc/Bab2/BOL-S1-2016-00048%20BAB%20II.pdf

Bukhori, I. (2015). Bulughul Marom. Jakarta: Darul Haq.

Burhanudin, R. (2016). Evaluasi Program Pendidikan dan Latihan pada Koperasi Pondok Pesantren. Jurnal Ekonomi & Hukum Islam, 1(2), 1-12.

Chotimah, H. (2014). Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Inferensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(1), 115-136.

Fajrina, D. N. (2015). Analisis Penerapan Bisnis Berbasis Syari'ah pada Wirausaha Muslim (Studi pada Wirausaha Muslim di Perumahan Kaliwungu Indah-Kendal) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Fitriani, Y., Raharjo, S. T., & Wibowo, H. (2015). Pengembangan Ekonomi Lokal sebagai Alternatif Program Pemberdayaan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty (Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Jakarta: Erlangga.

Harun, H. (2017). Fiqih Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Herdiansyah, N. (2017). Implementasi Prinsip dan Etika Bisnis Syariah di Kalangan Pedagang Muslim di Kelurahan Tuban, Bali (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hery, H. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Hibban, I. (2015). Risalatul Muawanah. Jakarta: Darul Haq.

Husain, S. (2007). Prioritas dalam Ilmu Amal dan Dakwah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Izzan, A. S. (2015). Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran. Bandung: Humaniora.

Linardo, L. (2018). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cikudanews.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Purwanto, Y. (2014). Memaknai Pesan Spiritual Ajaran Agama dalam Membangun Karakter Kesalehan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 13(1).

Subekti, A. (2017). Analisis Penerapan Manajemen Bisnis Syariah di PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwekorto).

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, A. I., Masrukin, M., Chusmeru, C., & Pangestuti, S. (2016). Pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Pendidikan Sosial dan Ekonomi Santri. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 109-121.

Sunarto, S. (2003). Bisnis. Yogyakarta: Amus Yogyakarta & Mahenoko Total Desaign Yogyakarta.

Susyanti, J. (2016). Pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah. Malang: Empat Dua.

Syani, A. (2012). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles