Strategi pembentukan sikap cinta tanah air melalui pembelajaran daring mata pelajaran PPKn siswa kelas VII di SMPN 1 Sukodono

Authors

  • Novia Ika Puspitasari Universitas Negeri Malang
  • Rusdianto Umar Universitas Negeri Malang
  • Mifdal Zufron Alfaqi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i5p409-421

Keywords:

strategi, sikap cinta tanah air, pembelajaran daring

Abstract

This study aims to discuss the strategy of forming a love for the homeland in grade VII students through online learning at SMPN 1 Sukodono. A qualitative approach with descriptive method is the approach used by researchers to conduct research. Data were collected by means of interviews, observations, and documentation studies. Data analysis used qualitative analysis which consisted of data reduction, data verification and drawing conclusions. The results showed that the learning strategy used by the teacher in forming students' love for the homeland was an online-based PBL (Problem Based Learning) strategy with lecture, discussion, and demonstration methods. The second includes student obstacles in implementing attitude-building strategies through online learning, such as the difficulty of student networks which causes the material presented by the teacher to be less than optimal. Furthermore, it covers the solutions that schools do in overcoming obstacles to the implementation of attitude formation strategies through online learning in the form of face-to-face learning programs and teacher visits, as well as the role of teachers as educators and mentors who have an influence in implementing strategies for forming patriotism attitudes through online learning.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pembentukan sikap cinta tanah air siswa kelas VII melalui pembelajaran daring di SMPN 1 Sukodono. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif merupakan pendekatan yang digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam membentuk sikap cinta tanah air siswa yaitu strategi PBL (Problem Based Learning) berbasis daring dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Yang kedua mencakup tentang kendala siswa dalam penerapan strategi pembentukan sikap melalui pembelajaran daring seperti sulitnya jaringan siswa yang menyebabkan kurang maksimalnya materi yang disampaikan guru. Selanjutnya mencakup tentang solusi yang dilakukan sekolah dalam mengatasi kendala penerapan strategi pembentukan sikap melalui pembelajaran daring dalam bentuk program pembelajaran tatap muka dan guru sambang, serta peran guru sebagai pendidik dan pembimbing yang berpengaruh dalam penerapan strategi pembentukan sikap cinta tanah air melalui pembelajaran daring.

References

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1), 1-4.

Fauziah, I. N. N., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Semangat Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 93-103.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. John Wiley & Sons.

Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies: A guide for designing and developing e-learning courses. Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59.

Mujtahid, M. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Nilai karakter: refleksi untuk pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09-20.

Pane, M. D. (2020). Virus Corona. https://www.alodokter.com/virus-corona

Pramudya, N. D. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.

Solihatin, E. (2020). Strategi pembelajaran PPKN.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Bahasa dan Sastra, 5(1).

Sutama, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media.

Suyadi, S. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter berbasis al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto, T. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widiastuti, W. (2013). Analisis SWOT Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 8-14.

Downloads

Published

2022-05-20

Issue

Section

Articles