Pengembangan media pembelajaran vidio menggunakan vlog pada materi pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Authors

  • Mella Eryanti Agustin Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i4p370-380

Keywords:

pengembangan media, vlog, pelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan

Abstract

The demands of the 21st century is media literacy and utilizing technology in learning process. Technology can be used as a media to make the learning process more effective. The development of learning media using Vlogs was carried out because there was still a lack of media use during the learning process. Media Vlog on Environmental Preservation and Sustainable Development material is expected to be an innovative media product. The development research model uses the ADDIE procedure which consists of several stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research uses quantitative and qualitative data. The process of collecting data was carried out by means of interviews, filling out questionnaires, and documentation. The data analysis have been accomplished by using descriptive analysis of percentages. Product trials were carried out in class XI IPS 1 MA Ummul Quro Glenmore. The results of the feasibility test for Vlog learning media obtained 94 percent from material validators, 94 percent from media validators, 89 percent from teacher assessments, and 86 percent from student assessments. Thus the Vlog learning media is declared very feasible and can be used as one of the media in the Geography learning process.

Tuntutan abad 21 yaitu literasi media dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Tekonologi dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Pengembangan media pembelajaran menggunakan Vlog dilakukan karena masih kurangnya pemanfaatan media pada saat proses pembelajaran berlangsung. Media Vlog pada materi Pelestarian Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, diharapkan dapat menjadi produk media yang inovatif serta menghasilkan siswa yang aktif dan berinovasi yang dapat memanfaatkan media digital dalam lingkungannya. Model penelitian pengembangan menggunakan prosedur ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pegembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Proses pengumpulan data melalui teknik wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Kegiatan uji coba produk dilakukan di kelas XI IPS 1 MA Ummul Quro Glenmore. Hasil uji coba kelayakan media pembelajaran Vlog memperoleh sebesar 94 persen dari aspek materi, 94 persen dari aspek media, 89 persen dari penilaian guru, dan 86 persen dari penilaian siswa. Dengan demikian media pembelajaran Vlog tersebut dinyatakan sangat layak dan dapat dijadikan media dalam proses pembelajaran Geografi.

References

Adzandini, V. N., & Ma'mur, T. (2019). Proyek Vlog Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 237-246.

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99-110.

Amalliah, A., & Yunita, R. (2020). Media vlog sebagai strategi komunikasi dalam metode pembelajaran di kalangan siswa dalam menghadapi pademic COVID 19. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 19-32.

Brilianti, D., & Fithriyani, H. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(2), 340-345.

Combe, C., & Codreanu, T. (2016). Vlogging: A New Channel for Language Learning and Intercultural Exchanges. Research-publishing. net.

Fidan, M., & Debbağ, M. (2018). The usage of video blog (vlog) in the “school experience” course: The opinions of the pre-service teachers. Journal of Education and Future, (13), 161-177.

Hadinugrahaningsih, T., RahmawatI, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) project dalam pembelajaran kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta, 1-110.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).

Al Hibra, B., Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of vlog learning media (video tutorial) on student materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 435-438.

Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Pengembangan video blog (vlog) channel youtube dengan pendekatan stem sebagai media alternatif pembelajaran daring. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135-135.

Latifah, D. R., Ahied, M., Wulandari, A. Y. R., & Munawaroh, F. (2021). Feasibility Test of Vlog Media Development With A Science-Edutaiment Approach. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 157-164.

Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa, 5(2), 53-77.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pedoman Evaluasi Kurikulum.

Ramalingam, S., Yunus, M. M., & Hashim, H. (2021). Exploring ESL Learners' Blended Learning Experiences and Its Effectiveness through Web-Based Technologies. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1436-1445.

Saputra, I., Suharto, Y., & Hartono, R. (2021). Story map media: Inovasi pembelajaran Geografi dalam materi mitigasi bencana. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(1), 94-99.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(2), 186-196.

Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1).

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles