Implementasi aspek sosial pada mata pelajaran Geografi dalam pembelajaran di SMA

Authors

  • Alvya Noer Hikmarani Universitas Negeri Jakarta
  • Ahman Sya Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Zid Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i1p49-55

Keywords:

aspek sosial, mata pelajaran Geografi, Sekolah Menengah Atas

Abstract

The purpose of writing this article is to examine the social aspects of Geography in learning in Senior High School (SMA) and its equivalent. Social aspects to be discussed include Population geography, economic geography, settlement geography, cultural geography, and political geography. Learning social aspects in geography aims to shape the mindset, way of behaving, and behavior of learners in being responsible as individuals as well as citizens of the community, citizens, and citizens of the world. Descriptive qualitative research methods are used in this research. Data sourced from journals, research reports, thesis, other relevant sources are processed and then analyzed. The findings obtained in this study that the social aspects in geography subjects in high school are very important to be studied based on phenomena or realities that exist in real life so that learners can better understand the causes and solutions of existing realities.

Tujuan dari penulisan artikel ini yakni mengkaji aspek sosial Geografi dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Aspek sosial yang akan dibahas meliputi Geografi penduduk, Geografi ekonomi, Geografi permukiman, Geografi kebudayaan, dan Geografi politik. Pembelajaran aspek sosial dalam mata pelajaran Geografi bertujuan membentuk pola pikir, cara bersikap, dan perilaku peserta didik dalam bertanggung jawab sebagai individu maupun warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Data-data yang bersumber dari jurnal, laporan penelitian serta skripsi, dan sumber relevan lainnya diolah kemudian dianalisa. Temuan yang didapat pada penelitian ini bahwa aspek sosial dalam mata pelajaran Geografi di SMA sangat penting untuk dipelajari dengan berlandaskan fenomena atau realita yang ada di kehidupan nyata agar peserta didik dapat lebih memahami terkait penyebab dan solusi dari realita yang ada.

References

Febrina, D. I. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338-338.

Goleman, D. (2007). Social Intelligence Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar Manusia. PT Gramedia Jakarta.

Hendrawan, I., Sya, A., & Zid, M. (2022). Peran Geografi dalam membangun kesadaran ruang dan kerjasama warga dunia. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 9-12.

Herianto, A., & Ali, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning. Jurnal Geografi, 12(1), 84-95.

Khafid, S. (2019). Pengembangan desain pembelajaran geografi dengan pendekatan konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 01-12.

Kistiyanto, M. S. (2004). Hakikat Geografi. Jurnal Universitas Terbuka.

Maryani, E. (2020). Pengembangan keterampilan sosial melalui pembelajaran geografi. Diktat perkuliahan, tidak diterbitkan.

Ningrum, M. V. R., & Saputra, Y. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(2), 84-93.

Nurhakim, I., & Veriansyah, I. (2019). Kompetensi Profesional Guru Geografi dalam Proses Pembelajaran Materi Lingkungan Hidup di Kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 47-56.

Sartina, S., & Indartono, S. (2019). Pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar terhadap hasil belajar Ekonomi di SMA/MA. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 87-100.

Setiawan, L. A. (2017). Tingkat Kualitas Permukiman (Studi Kasus: Permukiman Sekitar Tambang Galian C Kecamatan, Weru, Kabupaten Sukoharjo).

Sholeh, M. (2019). Mengembangkan Kecerdasa Sosial Pada Mata Pelajaran Geografi. Universitas Negeri Semarang.

Sumaatmadja, N. (1988). Studi geografi: Suatu pendekatan dan analisa keruangan. Alumni.

Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1).

Downloads

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles