Transformasi perangkat pembelajaran sesuai karakteristik abad 21

Authors

  • Hendrawan Nurcahyo Universitas Negeri Malang
  • Lia Nurul Fauziah Universitas Negeri Malang
  • Dewi Maskulin Universitas Negeri Malang
  • Lusi Hidayanti Universitas Negeri Malang
  • Moch. Fajrulsyah Syihabuddin Universitas Negeri Malang
  • Sri Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i1p42-48

Keywords:

perangkat pembelajaran, keterampilan abad 21, PPKn

Abstract

The issuance of a circular letter from the Malang City Education and Culture Office No. 42/15522/35.73.401/2020 regarding instructions for the learning process to be carried out online until the end of the Covid 19 emergency status. Various obstacles began to arise in the world of education, information technology became a vital need in life at the moment. The era of internet 2.0 is growing very rapidly, supported by the emergence of Corona Virus Disease, making changes to the characters and skills needed in the current era. Education must begin to move according to the needs of every civilization, an effective and efficient strategy is needed. Training on Making Learning Devices that integrates 21st century skills for Sriwedari Middle School teachers, Sriwedari University Foundation, Malang. 21st century skills here include “The 4Cs”. The objectives to be achieved in this training are (1) improving the skills of Sriwedari Middle School teachers in compiling learning tools that integrate 21st century skills, (2) presenting new innovations in the materials, models, and media used. The method used in this training is participatory with a participatory rural appraisal approach. This training was carried out on November 10 and 11, 2021, in limited face-to-face (TMT) and online through the whatsapp group. To determine the effectiveness of the training using pretest and posttest techniques, the results were 55.60 percent pretest and 84.20 percent posttest. There is an increase in the results of pretest to posttest after the training process.

Terbitnya surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang No 42/15522/35.73.401/2020 tentang intruksi proses pembelajaran dilakukan secara daring sampai berakhirnya status darurat Covid 19. Mulai timbul bermacam kendala yang dihadapi dalam dunia pendidikan, teknologi informasi menjadi kebutuhan vital di kehidupan saat ini. Era internet 2.0 berkembang sangat pesat didukung kemunculan Corona Virus Disease membuat perubahan karakter maupun keterampilan yang dibutuhkan era sekarang. Pendidikan harus mulai bergerak mengikuti kebutuhan setiap peradaban, strategi yang efektif dan efisien diperlukan. Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan abad 21 bagi guru SMP Sriwedari, Yayasan Perguruan Sriwedari Malang. Keterampilan abad 21 disini mencangkup “The 4Cs”. Penelitian ini memiliki harapan yang hendak dicapai yaitu (1) meningkatkan keterampilan guru SMP Sriwedari dalam menyusun perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan abad 21, (2) menyajikan inovasi baru dalam materi, model, media yang digunakan. Metode Partisipatif mejadi motode dalam pelatihan ini dengan pendekatan Partisipatory Rural Apparisal. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan pada tanggal 10 dan 11 November 2021 secara tatap muka terbatas (TMT) dan daring melalui group whatsapp. Untuk mengetahui keefektifan pelatihan dengan menggunakan teknik pretest dan posttest yang hasilnya 55,60 persen pretest dan 84,20 persen posttest. Terdapat peningkatan hasil pretest ke postest setelah proses pelatihan.

References

Akbar, A. (2011). Peran Harga Sebagai Indikator Kualitas Jasa Persepsi dan Pengaruh Terhadap Kemungkinan Membeli Konsumen. Fokus Manajerial, 2, 101–120.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Berlo, D. K. (2003). The Process of communication “an introduction to theory and practice”. Library of Congress Catalog.

Chambers, R. (1996). PRA (Participatory Rural Appraisal) Memahami Desa Secara Partisipatif. Penerbit Kanisuis.

Eka, A. (2020). Guru di Kota Malang Usulkan Pembelajaran Luring. Kumparan.Com. https://kumparan.com/tugumalang/guru-di-kotamalang-usulkan-pembelajaran-luring-1tszuodgtMn

Firdausi, A. C. (2020). Warga Keluhkan Kendala Pembelajaran Daring, Pemkot Malang Siapkan Solusi Ini. Jatimtimes.Com. https://jatimtimes.com/baca/219683/20200728/172300/warga-keluhkan-kendala-pembelajaran-daring-pemkot-malang-siapkan-solusi-ini

Mountains, T. (2017). Being a 21st Century Educator. Nea.Org. https://www.nea.org/professional-excellence/student-engagement/tools-tips/being-21st-century-educator

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6.

Ni'mah, F. I. (2015). Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling" Sekolah Dolan" di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

RI. (2017). Perpres no. 87 Tahun 2017. 6 September 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/%0Ahttps://peraturan.bpk.go.id/Home/-Details/¬73167/perpres-no-87-tahun-2017

Downloads

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles