Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM pada materi sumber dan analisis data kependudukan

Authors

  • Yuanda Iva Alaika Putri Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i1p31-41

Keywords:

digital teaching materials, STEM, ADDIE

Abstract

The development of technology and the ongoing COVID-19 pandemic has created many obstacles in the field of education, especially in the teaching, and learning process. Circumstances require that the teaching and learning process is not fully implemented face to face. This research was conducted with the aim of developing digital teaching materials based on science, technology, engineering, and mathematics or STEM. This research is development research using the ADDIE model. The product trial used student responses from SMA Negeri 2 Tuban and got a positive response. The results of the research are in the form of STEM-based digital teaching materials with STEM aspects, namely information in teaching materials (science), the form of digital teaching materials, additional content in them (technology), infographic creation, design (engineering), and the presence of mathematical formulas in digital teaching materials (mathematics).

Berkembangnya teknologi serta adanya kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda menimbulkan banyak hambatan dalam bidang pendidikan khususnya pada proses belajar mengajar. Keadaan mengharuskan proses belajar mengajar tidak sepenuhnya dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis sain (science), teknologi (technology), teknik (engineering), dan matematika (mathematics) atau STEM. Penelitian ini merupakan penelitian penggembangan dengan menggunakan model ADDIE. Uji coba produk menggunakan respon siswa SMA Negeri 2 Tuban dan mendapat respon positif. Hasil penelitian berupa bahan ajar digital berbasis STEM dengan aspek STEM yakni informasi dalam bahan ajar (science), wujud bahan ajar digital, konten tambahan di dalamnya (technology), pembuatan, perancangan infografis (engineering), dan adanya rumus matematika pada bahan ajar digital (mathematics).

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Angko, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-15.

Arifka, A., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan digital learning Geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas XI SMA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(7), 832-844.

Suryani, N. (2015). Pengembangan Buku Teks Digital Interaktif untuk Pemahaman Konsep Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).

Çetin, M., & Demircan, H. Ö. (2020). Empowering technology and engineering for STEM education through programming robots: A systematic literature review. Early Child Development and Care, 190(9), 1323-1335.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Deffinika, I., Putra, A. K., Insani, N., Islam, M. N., Attamimi, M. R., & Mukti, A. B. K. (2020). Implementasi Pendidikan Kependudukan dan Reproduction Health dalam Mendukung Sekolah Siaga Kependudukan Di Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 3(2), 54-60. dhttps://doi.org/¬10.17977/um032v3i2p54-60.

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 92-102.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Hikmawati, A., Pursitasari, I. D., Ardianto, D., & Kurniasih, S. (2020, March). Development of Digital Teaching Materials on Earthquake Themes to Improve STEM Literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 4, p. 042053). IOP Publishing.

Malekzadeh, M., Mustafa, M. B., & Lahsasna, A. (2015). A review of emotion regulation in intelligent tutoring systems. Journal of Educational Technology & Society, 18(4), 435-445.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Putra, A. K., Sumarmi, S., Deffinika, I., & Islam, M. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with Stem Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685-704.

Putra, A. K. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with STEM Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685-704.

Putra, A. K., Islam, M. N., Sasmito, D. A., & Yusrotin, A. (2021). Implementasi m-learning berbasis Mobile Context Aware System (MCAS) dalam pembelajaran Geografi pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 591-597.

Putra, A., Sumarmi, S., Sahrina, A., Fajrilia, A., Islam, M., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on The Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(7), 119-134.

Rafi’Attamimi, M., Wirahayu, Y. A., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan dan keterkaitanya dengan ayat suci Al-Qur’an untuk memperkuat aspek spiritualitas siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(8), 967-979.

Ruddamayanti, R. (2019, March). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Sa'pang, A. W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan Abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 192-211.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1), 84-89.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Karinov, 3(1), 53-57.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among makarti, 9(2).

Wu, Y. T., & Anderson, O. R. (2015). Technology-enhanced stem (science, technology, engineering, and mathematics) education. Journal of Computers in Education, 2(3), 245-249.

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 92-98.

Downloads

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles