Peran Geografi dalam membangun kesadaran ruang dan kerjasama warga dunia

Authors

  • Iqbal Hendrawan Universitas Negeri Jakarta
  • Ahman Sya Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Zid Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i1p9-12

Keywords:

peran Geografi, kesadaran ruang, kerjasama global

Abstract

Geography is a science that discusses the differences in characteristics between spaces that explain the advantages and disadvantages between regions. This encourages cooperation in the economic, social and cultural fields. This study aims to determine the role of Geography in building spatial awareness of space and cooperation of citizens of the world. This study uses a library research method that collecting material from various reference sources according to the research objectives. The data collected was then analyzed using content analysis. The results of this study found that Geography is one of the sciences that can actually build awareness of space and cooperation between citizens of the world.

Ilmu Geografi adalah ilmu yang membahas tentang perbedaan karakteristik antar ruang yang menjelaskan tentang keunggulan dan kekurangan antar wilayah. Hal ini mendorong adanya kerjasama baik dalam bidang ekonomi, sosial maupun budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Geografi dalam membangun kesadaran ruang dan kerjasama warga dunia. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka yaitu mengumpulkan materi dari berbagai sumber referensi sesuai tujuan penelitian. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Geografi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang secara nyata dapat membangun kesadaran ruang dan kerjasama antar warga dunia.

References

Agustin, P. A., Andriyani, L., & Setiawan, A. (2020). Faktor-faktor yang mendorong peran aktif Indonesia dalam kerja sama NAASP. Independen, 1(1), 41–53.

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam perspektif filsafat ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 37–43.

Evans, M., & Reynolds, C. (2001). Introduction: Educating for global citizenship in a changing world. Educating for Global Citizenship in a Changing World, 1–13.

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan manusia dalam pandangan ekonomi kapitalis dan ekonomi Islam. Jurnal Al-Maslahah, 13(1).

Haryati, S., & Yani, A. (2007). Geografi politik.

Muhtar, G. A., & Koestoer, R. H. T. (2018). Pertarungan dan evolusi: Ekonomi regional dan geografi ekonomi. Jurnal Azimut, 1(1), 37–45.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945. Dewan Pimpinan PNI, Department Pen. Prop. Pen. Kader.

Respatiadi, F., Zid, M., & Sya, A. (2021). Peran guru Geografi dan pengaplikasiannya dalam membangun kesadaran ruang warga negara NKRI. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1511–1519.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Suwirta, A., & Rosdianti, S. R. I. R. (2014). Pendidikan IPS-Geografi dalam perspektif global: Peranan dan tantangannya dalam konteks ke-Indonesia-an. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), 85–94.

Taaffe, E. J. (1974). The spatial view in context. Annals of the Association of American Geographers, 64(1), 1–16.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Waluya, B. (2018). Konsep dasar Geografi.

Downloads

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles