Pengaruh model discovery learning berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi

Authors

  • Filia Rani Artanti Universitas Negeri Malang
  • Dwiyono Hari Utomo Universitas Negeri Malang
  • Alfi Sahrina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i3p350-360

Keywords:

Model Discovery Learning, kemampuan berpikir analitis

Abstract

Model Discovery Learning dipilih dalam penelitian ini karena beberapa alasan. Alasan tersebut diantaranya: (1) Discovery Learning sesuai dengan kurikulum 2013, (2) Discovery Learning memiliki kegiatan pengalaman langsung dan memotivasi siswa untuk memecahkan masalah, serta (3) Discovery Learning melatih kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning Berbantuan LKS terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain posttest only control grup design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Discovery Learning berbantuan LKS dan kelas kontrol diberikan perlakukan dengan pembelajaran konvensional. Pemilihan subjek penelitian tersebut menggunakan purposive sampling yang memiliki nilai rata-rata ulangan harian yang hampir sama. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay kemampuan berpikir analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model Discovery Learning memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi (82,00) dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberikan permbelajaran konvensional (75,59). Hasil analisis uji-T mendapatkan nilai signifikansi 0,003 atau <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa (H0) ditolak dan (H1) diterima, sehingga model pembelajaran Discovery Learning berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi.

References

Andriani, Dini, dkk. (2017). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa. (Online) (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13308) diakses pada 9 Oktober 2019.

Angryawan, Veri. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) Materi Geografi Sub Bab Ketahanan Pangan Nasional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN Kota Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Aptinata, I Made R.W. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id) diakses pada 16 juni 2020.

Assegaff & Santoni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). (Online), (https://ejournal.upi.edu), diakses pada 29 Oktober 2019.

Astriani, Dyah., dkk. (2017). Profil Ketrampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum. (Online), (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3093) diakses pada 18 Oktober 2019.

Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge. MA: Harvard University Press.

Depdiknas. (2005). Pedoman Penyusunan LKS SMA. Jakarta: Depdiknas.

Eriza, Deni Septia, dkk. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Terdapat Pencapain Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id) diakses pada 14 Juni 2020.

Ermi, Netti. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. (Online), (https://sorot.ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/-article/view/3212/0) diakses 14 Mei 2020.

Hanafiah dan Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Imanda, Teguh Dwi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 10 Malang, (Online) (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/73625) diakses pada 30 Oktober 2019.

Lubis, Mutiara, dkk. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Kompetensi Belajar IPA Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS di Kelas VII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidipuan. (Online), (http://jurnal.um-tapsel.ac.id) diakses pada 14 Juni 2020.

Nurisah, Reti Prabaraita, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. (Online), (https://jurnal.uns.ac.id) diakses pada 16 Juni 2020.

Nurrohmi, Yusnia. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/211656-pengaruh-model-pembelajaran-discovery-le.pdf) diakses 07 Agustus 2020.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Riana, Erdina Elfi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Ketrampilan geografi Peserta Didik di SMAN 1 Talun. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Karya.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles