Penerapan pendekatan saintifik dilengkapi LKS pada mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang

Authors

  • Purwa Sasmita Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Hendri Purwito Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i3p336-349

Keywords:

pendekatan saintifik, LKS, kemampuan berpikir analitis

Abstract

The ability of analytical thinking is one of the cognitive aspects that must be mastered by students. Pre-research observation results conducted in Class XI IPS 2, SMAN 8 Malang There were about 22 students from 35 students who scored below the average or around 62.9 percent. the data confirms that there are some students who still cannot solve the type C4 (Analysis) questions. Based on the research that has been done, it can be obtained that 1) there is an increase in students' analytical thinking skills in cycles I and II, 2) The application of the Scientific Approach with LKS is proven to be able to improve the student’s analytical thingking in class XI IPS 2, SMAN 8 Malang.

Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu aspek kognitif yang harus dikuasai oleh siswa. Hasil observasi pra penelitian yang dilakukan di Kelas XI IPS 2, SMA Negeri 8 Malang Terdapat sekitar 22 siswa dari 35 siswa yang mendapat nilai di bawah rata- rata atau sekitar 62.9 persen. data tersebut memperkuat bahwa terdapat beberapa siswa yang masih belum dapat menyelesaikan soal tipe C4 (Analisis). Berdasarkan penelitian yaang telah dilakuan didapatkan hasil 1) adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa pada siklus I dan II 2) Penerapan Pendekatan Saintifik dilengkapi LKS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang.

References

Abdul, majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali, Jumalia, Rizal, Yusmet, & Lukman, Nurhayati. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif The Power of Two dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Dari http://ejournal.unp.ac.id.

Asmirani Urai, Putra Amali, & Asrizal. (2013). Pengaruh LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Fisika di Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok 01(85-90). Dari http://ejournal.unp.ac.id.

Arafah Sherlly ferdiana, Ridlo Saiful, & Priyono Bambang. (2012). Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia, Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1). Dari http://Jorunal.unnes.ac.id.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryani Farida, & Hiltrimartin Cecil. (2011). Pengembangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Dari http://ejurnal2.unsri.ac.id.

Awaliyah Gumanti. (2018). Siswa Mengaku Soal HOTS Belum Disosialisasikan di Sekolah. (Berita Online) (https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/10/28/phalvq428-siswa-mengaku-soal-hots-belum-disosialisasikan-di-sekolah), diakses tanggal 30 Oktober 2018.

Bintar, Ni luh Gede Riwan Putri, Sudiana, I Nyoman, & Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning), Vol.03. Dari https://media.neliti.com/media/publications/206959-pembelajaran-bahasa-indonesia-berdasarka.pdf)

Darmodjo Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. (1993). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud (Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan).

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dawati Henri Nelista Mei, Krtanto Puguh, & Sugiharto Bowo. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Analitis Pada Model Problem Based Learning Disertai Mind Map Dengan Kelas Konvensional Pada Siswa Kelas X Ipa Sma Al Islam 1 Surakartatahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Biologi 7(2). Dari https://eprints.uns.ac.id/17000/.

Diputera Artha Mahindra. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal Reseapedia 1(1). Dari https://www.academia.edu/38340925/Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_HOTS_

Hoaeti Eli, Widjajanti LFX, Endang & Padmaningrum, Regina tutik. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP 10(1). Dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/¬pengabdian/das-salirawati-msi-dr/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf.

Jurnal Penabur. (2012). Jurnal Pendidikan Penabur (JPP). Jakarta Barat: Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).

Khanifatus. (2013). Pembelajaran Inovatif (Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan). Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Laksono, Endang W., Rohaeti, Eli, Suyata, & Irwanto. (2017). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia. Jurnal Kependidikan 1(1). Dari http://ejournal.upi.edu).

Marjan Johari, Arnyana, I.B. Putu, & Setiawan Nyoman. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, Vol.04. dari http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316.

Megawati, Yolanda Dian Nur, Sari, Annisa Ratna. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 1(1). Dari http://journal.uny.ac.id.

M.Taleb, Hanam & Chadwick Clifton. (2016). Enhancing Student Critical And Analytical Thinking Skills at a Higher Education Level in Developing Countries: Case Study of the British University in Dubai: An International Journal, 6(01),08. Dari http://www.wjeis.org/FileUpload/¬ds217232/¬File/-8.hanan_m._taleb.pdf.

Murtianto Hendro. (2008). Modul Belajar Geografi. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents.com), diakses 21 Januari 2019.

Nusyamsuddin, dkk. (2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemendikbud RI.

Puspita, Ratna. (2018). Keterampilan Berpikir Tinggi Bukan Hanya Saat Ujian, Tetapi Juga Proses Pembelajaran. (Berita Online) (https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/04/15/p78hm7428-sebagian-besar-siswa-masih-berpikir-level-rendah). diakses tanggal 18 Oktober 2018.

Puspita Ratna. (2018). Keluhan Siswa Tunjukkan Ketimpangan Pembelajaran & Evaluasi. (Berita Online) (https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/04/15/p78f8o428-keluhan-siswa-tunjukkan-ketimpangan-pembelajaran-evaluasi), diakses tanggal 30 Oktober 2018.

Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

K. Robbins, Joanne. (2011). Problem Solving, Reasoning, and Analytical Thinking in a Classroom Environment 12(1). Dari http:// psycnet.apa.org.

Sablonniere Roxane de la, M. Taylor Donald & Sadykova Nazgul. (2009). Challenges of Applying a Student-Centered Approach to Learning in the Context of Education in Kyrgyzstan, International Journal of Education Development EDEV-1142 (07). Dari http://www.mapageweb.umontreal.ca.

Sani, Abdullah Ridwan. (2015). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Salirawati Das. (2006). Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran, (Online), staffnew.uny.ac.id, diakses tanggal 10 November 2018.

Setiawati Rokhis. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam Menyusun Jurnal Dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan BT/BK, Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(1). Dari http://jurnal.umk.ac.id.

Saregar, Antomi. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi 05(1) (53-60). Dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/105.

Soleh Muh. (2017). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP 04(02). Dari http:// journal.unnes.ac.id.

Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menajwab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Florea 2(1). Dari http:// e-journal.unipma.ac.id.

Tandulling Edy. (2012). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematika, Pemahaman Matematika, dan Self- Regulated Learning siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1). Dari http://academia.edu

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Turkkahraman Mimar. (2012). The Role of Educarion in the Societal Develompent. Journal of educational and instructional studies in the world. Vol.02 Issue.04 ISSN: 2146-746. Dari http://www.wjeis.org/-FileUpload/¬ds217232/File/04.turkkahraman.pdf.

Wareza Monica. (25 Desember 2018). Ini Korban Jiwa dan Kerugian dari 3 Bencana Alam RI di 2018 (CNBC INDONESIA) (Online) https://www.cnbcindonesia.com/news/20181225141956-4-47867/ini-korban-jiwa-dan-kerugian-dari-3-bencana-alam-ri-di-2018, dikses tanggal 30 Januari 2019

Wijayati, Eni Cahya, Sudana, I Nyoman, & Sumarmi. (2016). Kesulitan- Kesulitan Dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11). Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8132).

Widjajanti Endang. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa, (Online), staffnew.uny.ac.id, diakses tanggal 10 November 2018.

Winarso Widodo. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif- Deduktif dalam Pembelajaran Matematika, EduMa 3(2). Dari http://syekhnurjati.ac.id

Yuianti Evi. (2014). Validitas LKS Pengamatan Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Angiospremae BioEdu 3(3). Dari jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles