Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada materi pengelolaan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi

Authors

  • Alfa Risma Purwita Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Ardyanto Tanjung Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i3p326-335

Keywords:

Guided Discovery Learning, kemampuan berpikir analitis

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas tidak lepas dari berbagai macam permasalahan, salah satunya rendahnya kemampuan berpikir analitis. Berdasarkan tes berpikir analitis pra tindakan, peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi memiliki kemampuan berpikir analitis yang rendah dengan rata-rata nilai 64,24. Analisis penyebab rendahnya kemampuan berpikir analitis yang terdiri dari (1) peserta didik; (2) guru; (3) sarana dan prasarana; (4) penerapan strategi pembelajaran, menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran merupakan penyebab utama rendahnya kemampuan berpikir analitis peserta didik. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Guided Discovery Learning. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi menggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis peserta didik pada siklus I sebesar 72,71 siklus II sebesar 81,88. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai kemampuan berpikir analitis dari siklus I ke siklus II sebesar 9,18 (12,62 persen). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi. mencakup latar belakang, tujuan, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan.

References

Anas Sudijono. (2001). Pengantar Ealuasi Pendidikan. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi: revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dendy, Sugono. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2012). Accelerated Learning. Terj. Dedy Ahimsa. Bandung: Nuansa. (Buku asli diterbitkan 1997).

Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supriyono, Irwan. (2011). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI SMA Negeri Klakah. Skripsi Universitas Negeri Malang.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.

Wena, Made. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

W.S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia. Ari, Enggarwati. 2017. Penerapan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Siswa Pada Kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Geografi, Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles