Pelatihan model pembelajaran Group Investigation berbasis online bagi guru PPKn SMA Kota Malang

Authors

  • Dewi Maskulin Universitas Negeri Malang
  • Hendrawan Nurcahyo Universitas Negeri Malang
  • Lia Nurul Fauziah Universitas Negeri Malang
  • Moch. Fajrulsyah Syihabuddin Universitas Negeri Malang
  • Lusi Hidayanti Universitas Negeri Malang
  • Sri Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1257-1264

Keywords:

model pembelajaran, Group Investigation, PPKn

Abstract

The issuance of a circular letter from the Malang City Education and Culture Office No. 42/15522/35.73.401/2020 regarding the prevention and/or handling of the Corona Virus Disease (Covid-19) as well as the obstacles experienced by teachers in implementing learning during the pandemic. Teachers to innovate in the learning process. The online-based Group investigation model is one of the references for developing learning models with a training system for Civics Teachers at SMA Malang. The Group investigation Learning Model has the advantage of being more flexible in choosing topics or material discussions. The objectives to be achieved in this training are (1) improving the skills of Civics Senior High School teachers in the learning mode, (2) presenting new innovations in the learning model. The method applied in this training is Participatory which involves participants taking an active role as a whole with a Participatory Rural Appraisal approach. This training will be held from June 24 to July 1, 2021, online via zoom meetings and whatsapp groups. To determine the effectiveness of the training using pretest and posttest techniques, the results were 58.88 percent pretest and 86.19 percent posttest. There is an increase in the results of pretest to posttest after the training process.

Terbitnya surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang No 42/15522/35.73.401/2020 tentang pencegahan dan/atau penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) serta kendala yang dialami oleh para pengajar dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi menuntut seluruh komponen pendidikan terutama guru untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. Model Group investigation berbasis online menjadi salah satu referensi pengembangan model pembelajaran dengan sistem pelatihan kepada Guru PPKn SMA Kota Malang. Model Pembelajaran Group investigation memiliki kelebihan lebih leluasa untuk memilih topik atau bahasan materi. Tujuan yang hendak dicapai dalam pelatihan ini yaitu (1) meningkatkan keterampilan guru PPKn SMA Kota dalam mode pembelajaran, (2) menyajikan inovasi baru dalam model pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini yaitu Partisipatif yang melibatkan peserta berperan aktif secara menyeluruh dengan pendekatan Partisipatory Rural Appraisal. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 24 juni sampai 1 juli 2021 secara daring melalui zoom meeting dan group whatsapp. Untuk mengetahui keefektifan pelatihan dengan menggunakan teknik pretest dan posttest yang hasilnya 58,88 persen pretest dan 86,19 persen postest. Terdapat peningkatan hasil pretest ke postest setelah proses pelatihan.

References

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chambers, W. (1999). Participatory Rural Appraisal Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius.

Izzah, I. (2020). Kadisdikbud Minta Sekolah Prioritaskan Kesehatan dan Keselamatan Siswa. Jatimtimes.com. https://jatimtimes.com/baca/217436/20200626/205800/kadisdikbud-minta-sekolah-prioritaskan-kesehatan-dan-keselamatan-siswa.

Matroji, M. (2016). Penerapan Model Group investigation untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Dunia Terhadap Sejarah Bangsa Indonesia Abad 18-20. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 356-362.

Molinda, M. (2005). Instrucsional Technology and Media for Learning New Jersey. Colombus: Ohio.

Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling “Sekolah Dolan”. Manajemen Pendidikan, 25(1), 112-119.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Rusman, R. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Suartama, I. K. Strategi pengembangan dan pemanfaatan e-learning dalam proses pembelajaran. In Proceeding Scientific Forum-Faculty of Education Departement of Science Education (FIP-JIP) and The International Seminar (Vol. 1).

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Waryanto, N. H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10-23.

Widyanto, P. (2017). Penerapan metode pembelajaran group investigation berbantuan media flanelgraf untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118-129.

Downloads

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles