Pengembangan mobile learning berbasis articulate storyline 3 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa (studi pada kelas x OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i42021p344-356Keywords:
mobile learning, articulate storyline, kearsipan self-regulated learning, hasil belajarAbstract
Pembelajaran daring di masa pandemic covid 19 ini menuntut tenaga pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengembangan media pembelajaran perlu untuk dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk Menghasilkan Mobile Learning berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Kearsipan pada siswa kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan uji independent sample t-test serta uji n-gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah m-learning pada mata pelajaran Kearsipan bernama MoLfAS yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran kearsipan oleh ahli media, ahli materi, dan 6 siswa uji coba kelompok kecil serta terbukti dapat meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik secara signifikan pada saat sebelum dan sesudah menggunakan m-learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa MoLfAS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kearsipan.
References
Alhafidz, M. R. L. And Haryono, A. (2018) ‘Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2, pp. 118–124.
Andito, M. S. R. And Supriadi, D. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Keterampilan Kepramukaan Golongan Penegak Dalam Kegiatan Pengembaraan’ Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 73-85.
Arwanda, P., Irianto, S. and Andriani, A. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), p. 193-204. doi: 10.35931/am.v4i2.331.
Boekaerts, M. (1999) ‘Self-Regulated Learning: Where We Are Today’, International Journal of Educational Research, 31(6), Pp. 445–457. Doi: 10.1016/S0883-0355(99)00014-2.
Cheng, C. K. E. (2011) ‘The role of self-regulated learning in enhancing learning performance’, (January 2011).
Fitriyani, R., & Fernandes, R. (2020). Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 8-18.
Ghozali, F. A. And Rusimamto, P. W. (2016) ‘engembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio’13 Kompetensi Dasar Arsitektur dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di Smk Negeri 1 Sampang’, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1. 5(1).
Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran. (Accessed: 8 October 2020).
KEBUDAYAAN, M. P. D., & INDONESIA, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).
Kristiyani, T. (2016) Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi, Dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia, Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. Sanata Dharma University Press. Available At: Https://Repository.Usd.Ac.Id/36041/ (Accessed: 7 October 2020).
Marlina (2017) ‘Increasing Self Regulated Learning Of Students With Special Needs Through The Ilbawel Model’, Journal Of Icsar, 1(1), Pp. 72–80. Doi: 10.17977/Um005v1i12017p072.
Mas’adah (2019) ‘Development of Guided Inquiry Learning Model by Articulate Storyline Media on Elasticity Materials To Increase Student ’ s Motivation And Learning Achievement’, International Journal of Scientific and Research Publication, 12, pp. 432–438.
Meolbatak, E. M. and Bria, Y. P. (2016) ‘Penerapan Model Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Self Motivated Learning gan Self Regulated Learning’, Media Teknika Jurnal Teknologi, 11(2), pp. 83–90.
Mumtahana, A. (2020) ‘Development of Learning Content in Computer Based Media with Articulate Storyline to Improve Civiccs Learning Outcomes in Third Grade Elementary School Students’, International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(2), p. 777.
Nabilah, C. H., Sesrita, A. and Suherman, I. (2020) ‘DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON ARTICULATE’, Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 2, pp. 80–85.
Pratama, R. A. (2019) ‘Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan’, Jurnal Dimensi, 7(1), pp. 19–35. doi: 10.33373/dms.v7i1.1631.
Rafmana, H. and Chotimah, U. (2018) ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang’, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), pp. 52–65. Available at: https://ejournal.unsri.ac.id/indeks.php/jbti/ article/download/7898/pdf.
Rahmat, R. F. et al. (2019) ‘Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), pp. 116–126. doi: 10.21831/jitp.v6i2.27414.
Rizal, H., Satrio, A. and Wirawan, P. W. (2013) ‘Perancangan dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming’, Jurnal Masyarakat Informatika, 4(8), Pp. 21–26. Doi: 10.14710/Jmasif.4.8.21-26.
Rohmah, F. N. and Bukhori, I. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3’, Economic & Education Journal, 2, pp. 169–182.
Saefi, M., Lukiati, B. and Suarsini, E. (2017) ‘Developing Android-Based Mobile Learning On Cell Structure And Functions Lesson Subject Topic To Optimize Grade XI Students’ Cognitive Comprehension’, Jurnal Pendidikan Sains, 19(2), pp. 57–63. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jps/.
Sudjana (2014) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 18th Edn. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bagian III.
Utama, C. and Mashfuhah, A. (2016) ‘Implementasi Media Pembelajaran Articulate Studio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pena Sains, 3(1), pp. 21–29. Doi: 10.21107/Jps.V3i1.1297
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.