ANALISIS MENGURANGI SAMPAH PLASTIK MELALUI KANTIN SEHAT DI SDN MADYOPURO 2 KOTA MALANG

Authors

  • Riski Ainurriza Universitas Negeri Malang
  • Erif Ahdhianto Universitas Negeri Malang

Keywords:

Analisis, Sampah plastik, Kantin sehat

Abstract

Abstrak

Masalah yang sering terjadi di Indonesia maupun di lingkungan sekitar yaitu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah permasalahan sampah plastik yang dirasa tidak ada habisnya. Sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran terhadap tanah maupun air serta sampah plastik tidak dapat terurai oleh mikroba yang ada pada tanah. Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran pada setiap siswa maupun orang lain tentang penerapan pengurangan sampah plastik yang tiap hari semakin banyak, karena populasi yang kian meningkat sehingga penggunaan plastik juga akan meningkat. Kegiatan mengurangi sampah plastik di SDN Madyopuro 2 Kota Malang adalah melalui program Kantin Sehat. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan memperoleh data bahwa program Kantin Sehat sudah berjalan dengan baik dan teratur. Deskripsi akan berfokus pada (1) implementasi dalam mengurangi sampah plastik (b) faktor pendukung dalam pelaksanaan kantin sehat serta (c) faktor penghambat penerapan dalam pelaksanaan kantin sehat. Program Kantin Sehat sudah berdampak pada berkurangnya sampah plastik yang ditemukan pada tempat sampah. Meskipun masih terdapat sampah plastik yang dihasilkan dari bungkus lain dan tidak dari bungkus makanan. Hal tersebut tidak lepas dari faktor pendukungnya yaitu dukungan kepemimpinan, keterlibatan orang tua, kemitraan eksternal, partisipasi siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana. Faktor penghambat terlaksananya program Kantin Sehat masih belum terlihat.

References

Aprilia, F., Naila, I., & Putra, D. A. (2024). Analisis sikap peduli pada lingkungan melalui gerakan jumasih pada peserta didik kelas 3 sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4764-4780.

Dalilah, E. A. (2021). Dampak Sampah Plastik Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan. 3-4. https://bit.ly/4d0tA2b. [Diakses pada 20 April 2024].

Revalina, A. D. N et. al. (2024). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dengan Mengurangi Sampah Plastik Di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 3(2), 305-306. https://bit.ly/3U6jLXL. [Diakses pada 19 April 2024].

Suryono, D. D. (2019). Sampah Plastik di Perairan Pesisir Laut: Implikasi Kepada Ekosistem Pesisir DKI Jakarta. Jurnal Riset Jakarta. 12(1), 17-18. https://bit.ly/4aGibTE. [Diakses pada 20 April 2024].

Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif dan Kuantitatif). Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3), 161-173.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles