PENGARUH KERAGAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM DAN SOLUSI STRATEGI
Keywords:
Keragaman siswa, Target kurikulum, BerdeferensiasiAbstract
Abstrak
Studi literatur ini mengkaji pengaruh keragaman siswa sekolah dasar terhadap pencapaian target kurikulum dan mencari solusi strategis untuk mengatasi tantangan ini. Keragaman siswa, yang mencakup latar belakang sosial ekonomi, gaya belajar, dan kondisi kesehatan, seringkali menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi, yang melibatkan penyesuaian materi dan metode pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan kemampuan siswa, diidentifikasi sebagai solusi strategis yang dapat mendukung pencapaian target kurikulum. Selain itu, motivasi belajar siswa dan kondisi keluarga juga dianggap sebagai faktor penting dalam pencapaian target kurikulum. Studi ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan dan solusi strategis yang tepat, sekolah dasar dapat mengatasi tantangan keragaman siswa dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.
References
Andini, D. W. (2020). “ Differentiated Instruction ”: Solusi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349.
Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 267-277.
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067
Maitzen, S. (1997). Diversity in the classroom. Studies in Philosophy and Education, 16(3), 293–302. https://doi.org/10.1023/A:1004946209808
Ruggs, E., & Hebl, M. (2012). Literature Overview: Diversity, Inclusion, and Cultural Awareness for Classroom and Outreach Education (NSF Grant # 0120642). Apply Research to Practice Resources, 1–16. http://www.engr.psu.edu/AWE/ARPResources.aspx
Sari, M. (2022). KEBERAGAMAN SISWA DAN PEMENUHAN TARGET KURIKULUM. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.