RIVIEW JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA JURNAL MULTILATERAL: DARI METODE PENELITIAN SAMPAI ANALISIS DATA

Authors

  • Surya Adi Saputra Universitas Negeri Malang
  • Rizky Adhitya Nugroho Universitas Negeri Malang

Keywords:

Review jurnal penelitian tindakan kelas, Jurnal multilateral, Subjek dan instrumen

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini disusun bertujuan untuk mereviw artikel Action Research Classroom pada Multilateral Journal. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan sejumlah jurnal penelitian tindakan kelas yang terdapat di dalam jurnal multilateral mulai dari tahun 2014 sampai 2023 dengan pembelajaran penjas dalam materi bolavoli yang sering menjadi fokus dengan jumlah 3 jurnal. Dari semua publikasi jurnal penelitian tindakan kelas yang terdapat di dalam jurnal multilateral adalah PTK (Classroom Action Sesarch) dengan jumlah 11 jurnal. Mata pelajaran atau mata kuliah yang sering diteliti adalah tentang pelajaran pendidikan jasmani dengan materi bolavoli yang berjumlah 3 jurnal yang paling banyak dibahas oleh para peneliti. Siswa SMP menjadi subjek terbanyak dengan jumlah 4 jurnal dari 11 subjek jurnal yang terdapat pada jurnal multilateral. Untuk instrumen pengumpulan data dan teknik analis data yang terbanyak digunakan adalah siklus pembelajaran dengan jumlah 6 jurnal dari 11 jurnal yang terdapat pada multilateral.

References

ALAM, P. M. B. I. P. (2017). Penelitian Tindakan Kelas.

Fauzi, A., Rosyida, A. M., Rohma, M., & Khoiroh, D. (2021). The difficulty index of biology topics in Indonesian Senior High School: Biology undergraduate students’ perspectives. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 149–158.

Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156–162.

Junandi, S. (2018). Pengelolaan jurnal elektronik bidang perpustakaan menuju jurnal terakreditasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 2(1), 119–136.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-kabupaten bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33.

Oktavia, Y. (2020). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808–815.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

PUSAT, D. P. (2004). Penelitian Tindakan Kelas.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249-266.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles