TRANSFORMASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK MELALUI INOVASI JARIK MA’SITI: STUDI KASUS DI SMPN 10 MALANG

Authors

  • Navisa Dinni Auliya Universitas Negeri Malang
  • Rizka Amelia Karima Universitas Negeri Malang
  • Nofa Nur Azizah Universitas Negeri Malang
  • Puspita Handayani Universitas Negeri Malang
  • Raudatul Hikmah Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Hanafi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Jarik Ma’Siti, Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Ramah Anak, Learning Innovation, Child Friendly Education

Abstract

Abstrak

Kesenjangan peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus yang perlahan semakin membesar mengakibatkan sekolah melakukan inovasi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya melalui program inovasi Jarik Ma’Siti. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai 1) transformasi pendidikan konvensional menuju pendidikan ramah anak, 2) implementasi inovasi Jarik Ma’Siti pada proses pembelajaran di SMP Negeri 10 Kota Malang, 3) dampak inovasi Jarik Ma’Siti terhadap peningkatan pengalaman belajar peserta didik, 4) faktor penghambat pengimplementasian Inovasi Jarik Ma’Siti, serta 5) strategi implementasi Inovasi Jarik Ma’Siti dalam mewujudkan pendidikan ramah anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif mengacu pada tahapan penelitian Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengimplementasian inovasi Jarik Ma'Siti di SMPN 10 Kota Malang telah dilakukan dengan hasil yang baik dimana seluruh peserta didik istimewa berhasil meraih skor ketuntasan minimal. Strategi yang dilakukan sekolah dalam memaksimalkan tujuan program inovasi ini adalah mengadakan pendampingan peserta didik secara personal diluar jam pelajaran serta melakukan kolaborasi dengan guru dan sekolah-sekolah lain agar inovasi ini dapat terus berkembang mewujudkan pendidikan ramah anak dan pendidikan inklusif.

Abstract

The gap between regular students and students with special needs is slowly getting bigger has resulted in schools making learning innovations to overcome these problems, one of which is through the Jarik Ma'Siti innovation program. This study aims to understand more deeply 1) the transformation of conventional education towards child-friendly education, 2) the implementation of Jarik Ma'Siti innovation in the learning process at SMP Negeri 10 Malang City, 3) the impact of Jarik Ma'Siti innovation on improving students' learning experience, 4) inhibiting factors in implementing Jarik Ma'Siti Innovation, and 5) implementation strategies for Jarik Ma'Siti Innovation in realizing child-friendly education. Data collection techniques were carried out using observation techniques, interviews, and literature studies. The data analysis technique was carried out using qualitative data analysis referring to the Miles and Huberman research stages. The results showed that the implementation of the Jarik Ma'Siti innovation at SMPN 10 Malang City has been carried out with good results where all special students have achieved the minimum completion score. The strategy carried out by schools in maximizing the objectives of this innovation program is to provide personal assistance to students outside of class hours and collaborate with teachers and other schools so that this innovation can continue to develop to realize child friendly and inclusive education.

References

sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.

Hidayat, W. N., & Nursikin, M. (2023). Konsep pendidikan nilai menurut ki hadjar dewantara dan nicolaus driyarkara. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1-8.

Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72-91.

Kemendikbudristek. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan. Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/138226/¬permendikbud-no-51-tahun-2018

Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115-120.

Madjid, A. (2019). Kompetensi profesional guru: keterampilan dasar mengajar. 1, 8.

Meilanda, A. Y. (2020). Bahaya labeling negatif terhadap pembentukan konsep diri pada anak tunalaras dengan tipe gangguan perilaku (conduct disorder) dalam perspektif konseling lintas budaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 2(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan inklusif: membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan kearifan budaya. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 8(1), 11-22.

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119-129.

Oktaviani, A. M. (2022). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(2), 101-107.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.

Risyda, M. W., Kara, Z. B. B., Anwar, M. A., & Shobabiya, M. (2024). Pengaruh psikologis bullying relasional terhadap siswa SMA. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 122–128.

Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28.

Savira, L. (2023). Peran guru pada transformasi pendidikan dalam menyongsong generasi emas 2045. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 4(2), 28–36.

Setiawan, G. D., & Yaniasti, N. L. (2021). Sistem zonasi sekolah: Antara persepsi dan minat belajar siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 183–193.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Sujatmika, S., Wijayanti, A., Septiani, D., & Andini, D. W. (2020). Penerapan PBL di kelas inklusi untuk memfasilitasi peserta didik beragam. Jurnal Pasopati, 2(4).

Tan, D. (2021). Metode penelitian hukum: Mengupas dan mengulas metodologi dalam menyelenggarakan penelitian hukum. nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2463–2478.

Wahyuni, Y. S. D., Nurhadi, N., & Nurcahyono, O. H. (2020). Strategi manajemen sekolah dalam menghadapi pemberlakuan sistem zonasi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 124–136.

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles