Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan M-Learning berbasis android di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (Learning media used for online learning during the Covid-19 pandemic)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p71-77Keywords:
penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, android, kemandirian belajarAbstract
Abstrak
Dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini dibutuhkan media yang membuat peserta didik tidak bosan pada saat melaksanakan pembelajaran daring. Media M-Learning berbasis android dapat dijadikan sebagai alternatif pada proses kegiatan belajar mengajar secara daring di masa pandemi seperti saat ini. Media pembelajaran M-Learning juga dapat digunakan untuk menunjang pada saat kegiatan pembelajaran di kelas karena dapat diakses melalui smartphone peserta didik masing-masing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media M-Learning berbasis android pada materi Menerapkan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar kelas X. Produk media pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan beberapa menu dan gambar serta video yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah M-Learning berbasis android pada mata pelajaran Administrasi Umum yang diberi nama Caraku yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Administrasi Umum oleh ahli media, ahli materi, dan 6 peserta didik uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan kemandirian belajar secara signifIkan pada uji coba kelompok besar dimana hasil rata-rata data kemandirian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CARAKU layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Administrasi Umum di kelas X.
References
Al-Emran, M., Elsherif, H. M., & Shaalan, K. (2016). Investigating attitudes towards the use of mobile learning in higher education. Computers in Human behavior, 56, 93-102. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.033
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118-124.
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan mobile learning bagi pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97-101. https://doi.org/10.21009/JKKP.042.07
Anam, C., (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Akuntansi Kas. J. Pendidik. Akunt. JPAK 5.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.
Bernacki, M. L., Greene, J. A., & Crompton, H. (2020). Mobile technology, learning, and achievement: Advances in understanding and measuring the role of mobile technology in education. Contemporary Educational Psychology, 60, 101827. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101827
Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53-64. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.007
Herliandry, L. D. Nurhasanah., Suban, ME, & Heru, K. 2020. Pandemic Learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019, February). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 798-806).
Lubis, I.R., Ikhsan, J., (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. J. Inov. Pendidik. IPA 1, 191–201. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Rahmat, R.F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., Yunus, Y., (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. J. Inov. Teknol. Pendidik. 6, 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Rahmawati, E.M., Mukminan, M., (2017). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. J. Inov. Teknol. Pendidik. 4, 157–166. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Salsabila, U.H., Sari, L.I., Lathif, K.H., Lestari, A.P., Ayuning, A., (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah J. Penelit. Dan Kaji. Sos. Keagamaan 17, 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Sari, N.I., Sulur, S., Pramono, N.A., (2020). Pengembangan M-Learning Physics for Fun Berbasis Android pada Materi Listrik Statis untuk Siswa SMA/MA. J. Ris. Pendidik. Fis. 4, 13–17. https://doi.org/10.17977/um058v4i1p13-17
Wahyuni, S., Djukri, D., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Keefektifannya Terhadap Kemandirian Belajar Dan Penguasaan Konsep Bryophyte. J. Inov. Teknol. Pendidik. 3, 79–91. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8262
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.