Pengembangan E-modul berdasarkan aplikasi Pdf Flipbook untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan belajar mandiri peserta didik (E-module based on the corporate Pdf Flipbook application which is useful in the Covid-19 era)

Authors

  • Sania Nanda Safitri Universitas Negeri Malang
  • Madziatul Churiyah Universitas Negeri Malang
  • Mohammad Arief Universitas Negeri Malang
  • Fadia Zen Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599

Keywords:

e-modul emflicate, flipbook pdf corporate, keterampilan menulis surat, kemandirian belajar.

Abstract

Perkembangan pendidikan era globalisasi ditandai dengan berbagai macam produk teknologi informasi seperti modul cetak menjadi E-Modul. Dimasa pandemi virus Covid-19 pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka langsung, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran diubah secara daring dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19. Bahan ajar yang semula modul cetak mengalami perkembangan menjadi E-Modul, dimana pembelajaran dilakukan secara Online yang lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yakni peserta didik mengikuti proses pembelajaran melalui pembelajaran daring di rumah masing-masing. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate yang dapat dioperasikan menggunakan Laptop/PC atau Smartphone di perangkat pendidik dan peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan (Research and Development / R&D) dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data terdiri dari 2 jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angket dan data kualitatif berupa wawancara, kritik dan saran. Teknik analisis data hasil belajar psikomotorik menggunakan SPSS versi 24, yaitu uji Independent Sample T-tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik pada keterampilan menulis surat peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate yang dapat dioperasikan menggunakan Laptop/PC atau Smartphone di perangkat pendidik dan peserta didik pada mata pelajaran Korespondensi yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Korespondensi oleh ahli materi, ahli E-Modul, dan 6 siswa uji coba kelompok kecil serta terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar secara signifikan pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian pada mata pelajaran Korespondensi.

References

Abdullah, R. (2012) ‘Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), Pp. 216–231. Doi: 10.22373/Jid.V12i2.449.

Amalia, A. N. And Widayati, A. (2012) ‘Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas Xii Sma Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). Doi: 10.21831/Jpai.V10i1.919.

Andini, M. A. And Churiyah, M. (2020) Pengembangan E-Modul Exelearning Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Mengelola Arsip. Edited By M. E. Andro Agil Nur Rakhmad, S.Ei, M. M. Dediek Tri Kurniawan, S.E., And M. P. Ika Zutiasari, S.Pd. Malang: Universitas Negeri Malang. Available At: Http://Manajemen.Fe.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2020/09/Prosiding-Seminar-Nasional-Ilmu-Manajemen-2020-Cetak.Pdf.

Aprillia, Indah Triana, Nuswowati, M. And Susilaningsih, E. (2015) ‘Pengembangan Media Flash Berbasis Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2). Available At: Http://Lib.Unnes.Ac.Id/Id/Eprint/22882.

Churiyah, M., Aulia, A. And Eko, B. (2020) ‘Collage Students ’ Usage Of E -Module Practicum For Increase Srl’, Basic And Applied Research (Ijsbar), 54, Pp. 170–185. Available At: Http://Gssrr.Org/Index.Php?Journal=Journalofbasicandap-.

Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), Pp. 55–61. Doi: 10.31004/Edukatif.V2i1.89.

Fausih, M. And T, D. (2015) ‘Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Negeri 1 Labang Bangkalan Madura’, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 01(01), Pp. 1–9. Available At: Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jmtp/Article/View/10375.

Fitriningtias, N. And Churiyah, M. (2018) ‘Improve Correspondence Learning Outcomes And Problem-Solving Capabilities By Developing Modules Based On Problem Based Learning’, Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(2), Pp. 67–83. Doi: 10.17977/Um003v4i22018p067.

Ngafifi, M. (2014) ‘Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), Pp. 33–47. Doi: 10.21831/Jppfa.V2i1.2616.

Oktaviara, R. A. And Pahlevi, T. (2019) ‘Pengembangan E-Modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X Otkp 3 Smkn 2 Blitar Rhesta Ayu Oktaviara Triesninda Pahlevi’, Jurnal Pendidikan Perkantoran, 07(03), Pp. 60–65. Available At: Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpapunesa/Article/Viewfile/29542/27066.

Pratama, R. J. And Yasa, I. N. M. (2020) ‘Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Tentang Stres’, Jurnal Sasak : Desain Visual Dan Komunikasi, 2(2), Pp. 59–66. Doi: 10.30812/Sasak.V2i2.864.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A. And Pradnyana, G. A. (2017) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja’, Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), Pp. 40–49. Doi: 10.23887/Jptk.V14i1.9880.

Shobahah, E. N. (2018) ‘Pengembangan E-Modul Digital Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Penyimpanan Arsip Kelas X Otkp 1 Di Smkn 10 Surabaya’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(1), Pp. 70–77. Available At: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpapunesa/Article/View/24511/22432.

Sugianto, D. Et Al. (2013) ‘Modul Virtual : Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital’, Invotec, Ix(2), Pp. 101–116. Available At: Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Invotec/Article/View/4860.

Sugiyono (2006) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syamsurizal, Haryanto And Chairani, N. (2015) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kesetimbangam Kimia Untuk Tingkat Sma’, Prosiding Semirata, Pp. 655–661. Available At: Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Semirata2015/Article/View/14286.

Utami, R. E. Et Al. (2018) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah’, Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), P. 268. Doi: 10.33603/Jnpm.V2i2.1458.

Wibowo, E. And Pratiwi, D. D. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan’, Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), P. 147. Doi: 10.24042/Djm.V1i2.2279.

Widodo, C. And Jasmadi (2008) Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pt. Alex Media Komputindo.

Wirasari, Y. M. And Churiyah, M. (2016) ‘Developing Learning Material Of Business Principles Using Scientific Approach To Improve Students ’ Achievement’, Iosr Journal Of Research & Method In Education (Iosr-Jrme), 6(3), Pp. 7–13. Doi: 10.9790/7388-0603040713.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles