Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Mobile Learning PERSIKA berbasis Ispring Suite 9 (A useful mobile base learning media in the Covid-19 era)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p569-578Keywords:
penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, ispring suite 9, kemandirian, hasil belajar.Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu pesat dan semakin canggih di semua bidang, tak terkecuali di dunia pendidikan. Teknologi saat ini mulai dimanfaatkan di bidang pendidikan yaitu di sekolah baik oleh guru dan peserta didik sebagai alat penunjang berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Dengan adanya hal itu maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan cepat dan canggih ini. Pendidikan menjadi salah satu aspek yang terdampak pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Penyebaran virus ini terbilang sangat cepat di Indonesia sejak awal tahun 2020, dampak dari adanya covid-19, saat ini pembelajaran dilakukan secara daring (online), sehingga guru dituntut untuk kreatif serta inovatif dalam mengoptimalkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Mobile Learning PERSIKA berbasis iSpring Suite 9 untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Produk media pembelajaran yang dikembangkan terdapat enam menu dan fitur yang mempermudah penggunaan dalam pengoperasiannya Cakupan materi yang lengkap, serta ukuran file sebesar 7,91 MB dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase hitung manual dan serta uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Mobile Learning PERSIKA berbasis iSpring Suite 9 mata pelajaran Administrasi Umum yang bernama PERSIKA yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Administrasi Umum Kompetensi dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kantor oleh ahli media, ahli materi, dan 6 siswa uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar secara signifikan pada uji coba kelompok besar dimana hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PERSIKA layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran Administrasi Umum.
References
Afshari, M., Bakar, K.A., Luan, W.S., Samah, B.A., Fooi, F.S., (2009). Factors Affecting Teachers’ Use of Information and Communication Technology. Online Submission, 2(1), 77-104.
Agbo, I.S., (2015). Factors Influencing the Use of Information and Communication Technology (ICT) in Teaching and Learning Computer Studies in Ohaukwu Local Government Area of Ebonyi State-Nigeria. Journal of Education and Practice 6(7). http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/20674/21262
Crompton, H., Burke, D., (2018). The Use of Mobile Learning in Higher Education: A Systematic Review. Comput. Educ. 123, 53–64. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2018.04.007
Damayanti, E., Rustiyarso, R., & Rahmatika, I. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMAN 5 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9). Firdausi, R., Santosa, A.B., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smartphone Android pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Studi pada Siswa Kelas XI TAV Smk Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05, 7.
Gandal, N., Kende, M., Rob, R., (2000). The Dynamics of Technological Adoption in Hardware/Software Systems: The Case of Compact Disc Players. The RAND Journal of Economics 31, 43–61. https://doi.org/10.2307/2601028
Hendryadi, H., (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 2, 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Krishnamurthy, S., (2020). The future of business education: A commentary in the shadow of the Covid-19 pandemic. Journal of Business Research 117, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.034
Lin, M.-H., (2017). A Study Of The Effects Of Digital Learning On Learning Motivation And Learning Outcome. Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ. 13. Https://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2017.00744a
Meilasari, V., (2019). Pengaruh Penerapan Collaborative Learning Berbantu Ispring Presenter Terhadap Hasil Belajar Program Linear Eksponen, 9(2), 52-58.
Motiwalla, L.F., (2007). Mobile learning: A framework and evaluation. Computers & Education 49, 581–596. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.10.011
Muhson, A., (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Ngafifi, M., (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Nurwijayanti, A., Budiyono, Fitriana, L., (2018). The Use Of Interactive Media Ispring Suite 8 Supported By Google Sketchup To Improve Students’ Geometry Skills Based On Hoffer’s Theory. J. Phys. Conf. Ser. 1008, 012075. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1008/1/012075
Parsazadeh, N., Ali, R., Rezaei, M., (2018). A Framework For Cooperative And Interactive Mobile Learning To Improve Online Information Evaluation Skills. Comput. Educ. 120, 75–89. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2018.01.010
Prasetyo, Z.K., N.D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(6), 326-333 8.
Priansa, D.J., (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik, 1st Ed. Cv Pustaka Mulia, Bandung.
Purwanto, P., Ramadhan, A.N., (2015). Pengembangan dan Unjuk Kerja Sistem Kearsipan Elektronik PSPAP. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi 13, 31–65. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i2.11676
Putra, K.W.B., Wirawan, I.M.A., Pradnyana, G.A., (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 14.
Rahmawati, E.M., Mukminan, M., (2017). Pengembangang M-Learning Untuk Mendukung Kemandirian Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi. J. Inov. Teknol. Pendidik. 4, 157. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V4i2.12726
Ratten, V., Jones, P., (2021). Covid-19 and entrepreneurship education: Implications for advancing research and practice. The International Journal of Management Education 100432. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100432
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Suryanda, dkk. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa SMK Kelas X, Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55-64.
Swandhana, dkk . (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 2(3), 161-169.
Tabuenca, B., Kalz, M., Drachsler, H., Specht, M., (2015). Time will tell: The role of mobile learning analytics in self-regulated learning. Journal of Computers & Education 89, 53–74. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.08.004
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.