E-modul berbasis Android sebagai pendukung pembelajaran daring dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Authors

  • Dewi Masruroh Universitas Negeri Malang
  • Yuli Agustina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568

Keywords:

penelitian dan pengembangan, e-modul, android, flip pdf professional, hasil belajar

Abstract

Saat ini dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat adanya wabah Covid-19. Hal ini mengakibatkan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media elektronik salah satunya smartphone android. E-modul berbasis Android berbantuan software Flip PDF Professional merupakan bahan ajar digital yang tepat untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara daring. Tujuan penelitian dan pengembangan ini, yaitu : 1) Menghasilkan E-modul berbasis Android, 2) Mengetahui kelayakan kegunaan E-modul berbasis Android, dan 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian ini menerapkan metode Research and Development oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji independent sample t-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa E-modul berbasis Android memiliki tingkat kelayakan dengan kategori sangat valid dan sangat layak oleh ahli media, ahli materi dan enam peserta didik pada uji coba terbatas serta terbukti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif dan psikomotorik yang signifikan pada uji coba kelompok besar dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

References

Ahmar, A. S., & Rahman, A. (2017). Development of teaching material using an Android. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 72–76. https://doi.org/10.26858/gjeev19i1y2017p7376

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arianti, A., & Nugraha, J. (2019). Pengembangan Electronic Modul Berbasis Editor Eclipse Pada Kompetensi Dasar Memahami Teknologi Perkantoran, Otomatisasi Perkantoran, Dan Kantor Virtual Kelas X di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 7 Nomor 03, 98–104.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru The Development of E-Module Learning Media of Blood Circulatory System In Grade XI MIPA at SMAN 6 Barru. 434–442.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Pendidik Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Fajriati, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6(3).

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Fitriana, E. (2019). Pengembangan Media E-Modul Berbasis Aplikasi Android Materi Persamaan Dasar Akuntansi Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi Di Smk Pgri 1 Tulungagung. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Fitryani, H., & Hunaepi. (2016). Pengemabangan Modul Elektronik Berbasis Smartphone Berplatform Android Pada Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Jurnal Ilmiah Biologi “Bioscientist,” 4(2), 97–106.

Gunadharma, A. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design.

Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Ismiarti, D. R., & Nikmah, C. (2021). Pengembangan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Berbasis Android Pada Materi Semester Gasal Kelas XI OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, 28–38.

Krisnaresanti, A., Slamet, A., & Wahyudin, A. (2018). E-Book Development of Trading Company Adjustment Journal Based on 2013 Curriculum. Journal of Economic Education, 7(1), 39–44.

Kurniati, A. T., Siswandari, & Muchsini, B. (2018). Pengemabnagan E-Modul Exel Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Komputer Dasar Akuntansi Di SMK. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(2), 10–18.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.

Lestari, N. (2019). Development of Economic E-Module on Money and Banking Material For Student. Pionir, 1(Classroom Action Reasearch), 1–9. https://doi.org/10.17977/um013v3i22019p001

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues, 11(3), 168–174.

Murtafi’ah, S. S. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pembuatan Website Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 07(02), 493–498.

Nurdiana, A. M., Sutarman, & Widjianto. (2019). Pengembangan Media Modul Elektronik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(1), 30–35.

Nurjayadi, M., & Sadono, R. (2021). Development of e-module structure and protein function with flip PDF professional application through online learning Development of E-Module Structure and Protein Function with Flip PDF Professional Application through Online Learning. 040029(April).

Pendidikan, M. (2013).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. (2013). 1–234.

Purnamasari, A. W., Wiranatha, A. A. K. A. C., Made, N., & Marini, I. (2016). Aplikasi M-Learning pada Platform Android. Merpati, 2(1), 167–178. https://doi.org/10.24843/JIM

Purwanto, D. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raharjo, S. (2015). Cara Uji Independent Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. Retrieved from https://lens.org/161-652-040-912-402

Tania, L., & Susilowibowo. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.

Uz, L. M. Z., Haryono, & Wardani, S. (2019). The Development of Chemical E-Module Based on Problem of Learning to Improve The Concept of Student Understanding. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 59–66.

Wahyuni, P. S., Haryani, S., & Jumaeri. (2020). Design of Integrated Corrosion E-module Vocational Context to Improve Critical Thinking Skills of Class X Students in Vocational High School. International Journal of Active Learning 5(2), 86–93.

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526

Wikipedia. (2019). Versi Android. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_versi_Android

Winatha, K. R., & Abubakar, M. M. (2018). The Usage Effectivity of Project-Based Interactive E-Module in Improving Students’ Achievement. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 198–202. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.20001

Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Februari, 7(2017), 78–86. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Zahid, M. Z. (2018). Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran : Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 910–918.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles