Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan E-modul berbasis Flipbook (E-modul otomatisasi tata kelola kepegawaian yang bermanfaat di era Covid-19)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p526-537Keywords:
e-modul, flipbook, otomatisasi tata kelola kepegawaian, hasil belajarAbstract
Penggunaan bahan ajar di SMK Negeri 2 Blitar yang belum dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar secara maksimal membuat proses pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Sehingga hasil belajar peserta didik masih sangat bervariasi. Tidak semua hasil belajar peserta didik kelas XI-OTKP di SMK Negeri 2 Blitar tersebut memasuki nilai tinggi atau baik apalagi di masa pandemi ini. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar E-modul berbasis Flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-OTKP SMK Negeri 2 Blitar. Keunikan dari produk ini adalah terdapat audio penjelasan mengenai point di dalam materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli media dan ahli materi sebagai validator ahli, 6 peserta didik kelas XI-OTKP di SMK Negeri 2 Blitar sebagai validator pengguna, serta subjek uji coba kelompok besar. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dari lembar validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil yang berupa kritik dan saran, selain itu terdapat data kualitatif yang diperoleh dari perhitungan skor dari pada lembar validasi yang yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan kelompok kecil, data kuantitatif juga didapat dari hasil nilai kognitif dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data posttest kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan analisis persentase. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa E-modul berbasis Flipbook telah sesuai dengan peruntukannya, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi sebesar 100%, hasil validasi ahli media sebesar 93,33%, dan hasil uji coba produk kelompok kecil sebesar 93,33%.
References
Amaliyah, N., & Puspasari, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Uno Card Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 102–110.
Asrial, Kurniawan, S. D. A., & Anandari, Q. S. (2019). Digitalization of Ethno Constructivism Based Module for Elementary School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 25(1), 33–41.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam : Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Suyasa, P. W. A. (2020). KKN-PM Berkonsep TAT TWAM ASI Pada desa Timpag Dalam Mewujudkan Desa Kolaboratif, Inovatif Dan Berbudaya. Jurnal Widya Laksana, 9(2), 189–204.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal Elinvo, 2(2), 205–210.
Fitri, E. R. (2020). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 281–291.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54.
Hidyatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.
Ismiarti, D. R., & Nikmah, C. (2021). Pengembangan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Berbasis Android Pada Materi Semester Gasal Kelas XI OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 28–38.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.
Linda, R., Herdini, H., S, I. S., & Putra, T. P. (2018). Interactive E-Module Development through Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 2(1), 21. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.12933
Meiristanti, N., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Leaflet Berbasis Android sebagai Penunjang Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP di SMK PGRI 2 Sidoarjo Pengembangan Leaflet Berbasis Android Sebagai Penunjang Bahan Ajar …. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 56–67.
Muslikhah, R. I., Siswandari, & Murtini, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flipbook Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(9), 1–21.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.
Oktavira, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07, 60–65.
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK DASAR TEKNIK DIGITAL Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK DASAR TEKNIK DIGITAL. IX (2), 101–116. Jurnal INVOTEC, 9(2), 101–116.
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, N. (2016). Pengembangan Flipbook Teks Eksplanasi Kompleks Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA Semester 2. Jurnal NOSI, 4(3), 243–253.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.
Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). PENGEMBANGAN BUKU SAKU ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID TENTANG SIGNAL-SIGNAL WASIT FUTSAL UNTUK WASIT FUTSAL. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(02), 304–317.
Tim P2M LPPM UNS. (2010). Pengembangan E-Modul. Solo: LPPM UNS.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengembangan Bahan Ajar IPA, 6(1), 300–305.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.
Wibowo, M. H., & Purnamasari, N. L. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Gaya Belajar Visual Siswa Kelas X Tkj Smkn 1 Boyolangu. JOEICT (Journal of Education and Information Communication Technology), 3, 22–29.
Widiyaingtyas, T., & Widiatmoko, A. (2014). Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Tekno, 21, 47–51.
Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410.
Widyaningrum, P., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Flipbook Maker KD 3.6 Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel Kelas XI BDP Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1048–1054.
Wijayanti, N. P. A., Damayanti, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197.
Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 625–628.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Gramatika, 2, 162–172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.