Pembelajaran interaktif berbasis android meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar SMK negeri 2 Selong Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p510-516Keywords:
media pembelajaran interaktif, korespondensi, android, articulate storyline 3Abstract
Pembelajaran di era globalisasi seperti sekarang ini sangat bergantung pada kemajuan teknologi, terlebih di masa pandemi Covid-19. Salah satu komponen yang berperan penting dalam pembelajaran adalah media pembelajaran. Sehingga guru dituntut untuk memiliki tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam mengembangkan media pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Android menggunakan Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran yang dikembangkan memuat segala fungsi dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, materi pembelajaran, soal latihan, sampai dengan soal evaluasi, selain penyajian materi yang berupa tulisan juga disajikan materi berupa e-book dan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Android menggunakan Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Korespondensi yang diberi nama Me-Better yang telah dinyatakan valid serta layak untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil, serta telah terbukti dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik, hal tersebut berdasarkan uji coba yang dilakukan terhadap peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Me-Better dinilai layak dan efektif untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi.
References
Dewi, W.A.F., (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ekayani, N.L.P., (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Luqman, A., (2017). Posisi Evaluasi Diri dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Cendekia J. Education and Society 15, 37. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.987
Noviati, R., Misdar, M., Adib, H.S., 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang. PAIRF 1, 1–20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010
Rahmawati, E.M., Mukminan, M., 2018. Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. jitp 4, 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726
Susilana, R., Riyana, C., 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. CV Wacana Prima, Bandung.
Yahya, R., 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 78-91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.