IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULIA PANCASILA BAGI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERAGAM

Authors

  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Izza Nuril Ilma Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Retno Nila Kartika Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Dwiyono Hari Utomo Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v4i8p10

Keywords:

Implementasi Nilai Luhur Pancasila, Lingkungan Sekolah yang Beragam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya implementasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam lingkungan sekolah yang beragam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dimana hasil penelitian menunjukkan adanya implementasi nilai-nilai luhur Pancasila di SMPN 5 Malang. Pertama, nilai ketuhanan meliputi berdo’a sebelum dan setelah melakukan pembelajaran; melakukan kegiatan ibadah sesuai dengan agama yang dianut; merawat tanaman sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa; dan do’a bersama serta penggalangan dana bagi keluarga sekolah yang tertimpa musibah. Kedua, nilai kemanusiaan meliputi menghormati orang yang lebih tua dan menghargai sesama teman sebaya. Ketiga, nilai persatuan meliputi mengikuti kegiatan upacara bendera dengan khidmat; bangga dan berani tampil sebagai pelaksana kegiatan upacara bendera; melakukan kegiatan diskusi kelompok tanpa memandang SARA; dan melaksanakan piket kelas. Keempat, nilai kerakyatan meliputi menghargai pendapat orang lain ketika berdiskusi; ikut serta dalam pemilihan ketua organisasi; dan ikut serta dalam pemilihan perangkat kelas. Kelima, nilai keadilan meliputi melaksanakan piket kelas dan menaati segala bentuk tata tertib yang ada di sekolah.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Anggelita, T. (2022). Representasi Nilai-nilai Cinta Tanah Air dalam Novel Inyiak Sang Pejuang Karya Khairul Jasmi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Ardiana, U. S. (2014). Muatan Materi Dan Pelaksanaan Pendidikan Politik (Analisis Isi Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Karangan Budiyanto yang Digunakan di MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Universitas Negeri Sebelas Maret.

Aritonang, A. (2021). Pandangan Agama-Agama Terhadap Sila Pertama Pancasila. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 3(1), 56–72. https://doi.org/10.36270/pengarah.v3i1.44

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890

Fatihin, R. (2017). Keadilan Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Pancasila. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 1(2), 293. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2017.0102-06

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak.

Hasanah, I. (2014). Recall Partisipatif (Paradigma Asas Musyawarah Mufakat dalam Mekanisme Pemberhentian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). Universitas Brawijaya.

Irwan, I., Akbar, A., Kamarudin, K., Mansur, M., Manan, M., & Ferdin, F. (2021). Penyuluhan Makna Nilai-Nilai Pancasila sebagai Perwujudan Integrasi Bangsa. Jurnal Abdidas, 2(3), 512–520. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.313

Kholis, N. (1970). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542

Khaerunisa, S. J. M., Dinie, A. D., & Yayang, F. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9449-9451.

Kopong, K. (2021). Menalar Hubungan Agama, Pancasila dan Negara dalam Membangun Moderasi Beragama di Era Disrupsi Digital. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 6(1), 23. https://doi.org/10.53949/ar.v6i1.123

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Prodi PGSD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 299–310.

Maulana, M. A., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa pada Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1263

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.

Novembri, R. (2022). Implementasi Nilai Kemanusiaan bagi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1126

Rahmani, R., Putri, S., M. Isa Rani, & Hambali, H. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Upacara Bendera pada Siswa SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 42–52. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1350

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1).

Sinaga, P. (2023). Pengaruh Nilai-Nilai Empat Pilar Kebangsaan Terhadap Integritas Peneliti. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 4(1), 47–56.

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900

Trisnawati, D. D. (2013). Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.

Triyanto, T., & Fadhilah, N. (2018). Penguatan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 161–169. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.20709

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696

Widiantari, D. (2017). Core Ethical Values Pendidikan Karakter (Berbasis Falsafah Negara). Misykat, 2(2), 21–38.

Yusgianto, H. (2012). Strategi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Melalui Pemutaran Lagu-lagu Perjuangan dalam Rangka Menanamkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMA Negeri 1 Boyolali. Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles