INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Weni Mariyana Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v4i8p1

Keywords:

Inovasi pembelajaran, Ilmu pengetahuan sosial, Media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa bentuk inovatif guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam menggunakan media sosial untuk membantu siswa belajar dengan pemanfaatan teknologi. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan problematika yang dihadapi guru IPS setelah menggunakan media sosial dalam proses pembelajaran mereka. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kepustakaan (library research), melalui basis data online seperti “Google Scholar,” “Publish or Perish,” dan “ScienceDirect.” Kemudian, penelitian ini hanya membatasi pada tiga jenis aplikasi TikTok memperoleh 5 jurnal, Youtube memperoleh 9 jurnal, dan WhatsApp memperoleh 8 jurnal. Dimana, (1) TikTok dapat digunakan untuk menyajikan pembelajaran IPS dengan singkat dan menarik melalui video pendek, meningkatkan daya tarik visual untuk materi yang sangat kompleks. (2) YouTube menyediakan berbagai jenis konten pendidikan IPS, seperti video pembelajaran dan tutorial, yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan lebih mendalam. (3) WhatsApp juga memiliki fitur grup dan berbagai file, yang memungkinkan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memungkinkan guru memberikan bimbingan secara pribadi kepada siswa mereka

References

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Aini, S., Sulistyarini, & Buwono, S. (2022). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Ips Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 623–629. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i7.56204

Ali, F., Nair, P. K., & Hussain, K. (2016). An assessment of students’ acceptance and usage of computer supported collaborative classrooms in hospitality and tourism schools. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 18, 51–60. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2016.03.002

Allawiyah, T., Putri, E., & Syafril, E. (2022). Podcast: Media Pembelajaran IPS yang Menyenangkan bagi Peserta Didik Kelas V SDN Klepu Patuk di Masa Pandemi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 183–189. https://doi.org/10.30595/PSSH.V3I.376

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. Primer: Journal of Primary Education Research, 1(1), 24–33.

Amolin, N. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX-5 SMPN 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8416–8423.

Anisa, M., Putri, R. N., Regina, Y., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Tiktok pada Mata Pelajaran IPS Perubahan Sosial Budaya Sebagai Modernisasi Bangsa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6998–7006. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.2982

Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Dirasah : Jurnal, 6(2), 346–352.

Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25–31.

Azharotunnafi. (2020). Penanaman Karakter Berbasis Nilai Keagamaan Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Socius:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 22–30. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8763

Azzahra, I., Alfaeny, T. A., & Sulastri, N. (2023). Implementasi Media Pembelajaran IPS Berbasis YouTube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9557–9561. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3157

B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publications.

Bašić, M. (2021). Organisational learning antecedents and open innovation: Differences in internationalisation level. International Journal of Innovation Studies, 5(4), 161–174. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2021.12.001

Bays, H. E., Fitch, A., Cuda, S., Gonsahn-Bollie, S., Rickey, E., Hablutzel, J., Coy, R., & Censani, M. (2023). Artificial intelligence and obesity management: An Obesity Medicine Association (OMA) Clinical Practice Statement (CPS) 2023. Obesity Pillars, 6, 100065. https://doi.org/10.1016/j.obpill.2023.100065

Buda, G. T., Relita, D. T., & Thoharudin, M. (2023). Pengaruh Media Konten Youtube Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Belimbing Hulu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(3), 465–476.

Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112–127. https://doi.org/10.30659/PENDAS.10.2.112-127

Dahlena, A., & Mulyana, E. (2022). Eksistensi Social Behavior Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Keterampilan Peserta Didik Di Abad-21. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p24-30

Demaryanti, T., & Suryadi, T. (2021). Pemanfaatan Media Whatsapp Group Masa Pandemi Covid-19 sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX. 1 SMP Negeri 4 Mataram. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 364–376.

Dewi, K. G. K., Kertih, W., & Maryati, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 131–140. https://doi.org/10.23887/MKFIS.V22I2.65019

Dwi Arisona, R., & Musfiroh, L. (2023). Pengaruh Video Youtube Materi Masa Reformasi (1998-Sekarang) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1), 45–66. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1489

Fabianrico, J. A., Indawati, N., & Putra, D. F. (2023). Implementasi Materi Pembelajaran IPS melalui Media Sosial TikTok Dalam Memotivasi Siswa Kelas 9 Di SMP Hang Tuah 4 Surabaya. 1(3), 873–885.

Fadillah, M. R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa IPS di MTsN 6 Blitar. 1–61.

Fajrin, L., & Munastiwi, E. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Pembelajaran Daring Via Whatsapp Group Di Era Covid-19. Journal of Primary Education, 1(1), 1–18.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199–208. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kaajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi Proses dan Hasil. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Hu, B., Mao, Y., & Kim, K. J. (2023). How social anxiety leads to problematic use of conversational AI: The roles of loneliness, rumination, and mind perception. Computers in Human Behavior, 145, 107760. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107760

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8(2), 57–64. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575

Istikomah, N. M., & Wicaksono, Y. K. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.21154/JIIPSI.V4I1.2344

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 410. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Kurniawati, L., & Utama, A. A. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Negatif Anak (Studi Kasus Pada SDN 2 Sumbawa). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3154

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Lee, A. Y., & Hancock, J. T. (2023). Developing digital resilience: An educational intervention improves elementary students’ response to digital challenges. Computers and Education Open, 5(June), 100144. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100144

Made, S. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 418–434.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Maskuroh, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 11(1), 78–90. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357

Mekonen, L. D., Kumsa, D. M., & Adamu Amanu, A. (2024). Social media use, effects, and parental mediation among school adolescents in a developing country. Heliyon, 10(6), e27855. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e27855

Mesra, R., Marleni, Wenno, Y. H., & Haumahu, C. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Online Pada Mata Pelajaran IPS di SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2124–2133. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3624

Montag, C., Demetrovics, Z., Elhai, J. D., Grant, D., Koning, I., Rumpf, H.-J., M. Spada, M., Throuvala, M., & van den Eijnden, R. (2024). Problematic social media use in childhood and adolescence. Addictive Behaviors, 153, 107980. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2024.107980

Mulyadi, G. A., Rusdinal, & Firman. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Syntax Idea, 3(3), 520–532.

Murcahyanto, H. (2023). Penggunaan Media Whatsapp pada Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 13–30. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.5949

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911

Mushoddik, Qodariah, L., Merina, Rahmawati, S. N., & Pratama, C. A. (2023). Eksplorasi Museum Gedung Sate dengan Memanfaatkan Kanal Youtube Jurnalisa x Kisah Tanah Jawa Sebagai Sarana Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 8(1), 82–88.

Mustika, D., & Muharaeni, T. A. (2022). Penggunaan Media Youtube Dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Sumber Belajar IPS. Resource, 1(2), 27–36.

Muthi, A. Z., Safitri, D., & Sujarwo. (2023). Peran Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Kreativitas Calon Guru IPS dalam Mengembangkan Pembelajaran yang Menarik. Cendekia Pendidikan, 3(1), 111–123.

Nguyen, L. T., Kanjug, I., Lowatcharin, G., Manakul, T., Poonpon, K., Sarakorn, W., Somabut, A., Srisawasdi, N., Traiyarach, S., & Tuamsuk, K. (2022). How teachers manage their classroom in the digital learning environment – experiences from the University Smart Learning Project. Heliyon, 8(10), e10817. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10817

Ningtias, W. A., & Sujarwo. (2021). Pengaruh intensitas mengakses video pembelajaran IPS di Youtube terhadap minat baca buku IPS. Edukasi IPS, 5(2), 9–17. https://doi.org/10.21009/EIPS.005.02.02

Nurhaida. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Whatsapp Group Berbantuan Video Pembelajaran IPS di SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter, 2(1), 21–28.

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Pratikno, F. R. & A. S. (2023). Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Malang: Rena Cipta Mandiri.

Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta, Pramedia Groub.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959

Rahmatika, L. Z. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Youtube Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VII Di SMP Negeri 2 Seputih Mataram. IAIN Metro, 1–154.

Ramadhan, G. M., & Alhadiq, M. F. (2023). Articulate Storyline dan PowerPoint sebagai Media Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4), 734–741. https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.19204

Regiani, E., Amaliyah, S., & Rustini, T. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3257–3261.

Rizkyah, A. S., Syafitri, D., & Sujarwo. (2024). Peran Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Era Revolusi Industri 4.0. Cendikia Pendidikan, 3(10), 19–28.

Ruiz-Bañuls, M., Gómez-Trigueros, I. M., Rovira-Collado, J., & Rico-Gómez, M. L. (2021). Gamification and transmedia in interdisciplinary contexts: A didactic intervention for the primary school classroom. Heliyon, 7(6), e07374. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07374

Rustantono, H., & Susilowati. (2023). Analisis Penggunaan Media Whatsapp Group pada Pembelajaran IPS di MTs. darul Hikam Bantur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 83–93.

Safruddin, S., & Ahmad, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP. SANDHYAKALA: Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 1(2), 26–43. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.337

Saputro, Y. A. (2022). Respon Terhadap Pembelajaran IPS Berbasis Whatsapp dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMPN 58 Surabaya. Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 57–65.

Schneider, S., Nebel, S., Beege, M., & Rey, G. D. (2018). The autonomy-enhancing effects of choice on cognitive load, motivation and learning with digital media. Learning and Instruction, 58(June), 161–172. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.06.006

Shahzad, M. F., Xu, S., Lim, W. M., Yang, X., & Khan, Q. R. (2024). Artificial intelligence and social media on academic performance and mental well-being: Student perceptions of positive impact in the age of smart learning. Heliyon, 10(8), e29523. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29523

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50–60. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.850

Sihombing, S., Sirait, J. R., & Simatupang, L. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Yotube Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 11 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(6), 82–98. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i4.360

Siregar, J. J., & Musawaris, R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Komunikasi Whatsapp pada Dunia Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2258–2268.

Suprayitno, E. (2021). Strategi Meningkatkan Citra Pembelajaran IPS Yang Bermakna Menuju Era Society 5.0. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.47966

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah. Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ, 1–10.

Susanti, R. A., & Zakaria, M. I. (2021). Implementasi Penggunaan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Unibba, 1(1), 1–9.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indaramayu: CV. Adanu Abimata.

Taqwa, A. Z., & Rachmadyanti, P. (2023). Pengembangan Wachabot (Whatsapp Chatbot) Sebagai Asisten Belajar Peserta Didik Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda Dan Jepang Kelas V SD. JPGSD, 11(3), 663–674.

Tara, N. A. F., & Sridiyatmiko, G. (2022). Pemanfaatan Open Broadcast Software Studio dan Youtube Live Streaming sebagai Media Pembelajaran IPS Kelas 9 SMP Negeri 2 Panggang. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 119–124. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.366

Whelan, E., Islam, A. K. M. N., & Brooks, S. (2020). Applying the SOBC paradigm to explain how social media overload affects academic performance. Computers & Education, 143, 103692. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103692

Wulandari, R. S., & Sari, F. K. (2022). Media Sosial sebagai Platform Pembelajaran Alternatif di Era Digital. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 279–288.

Yumarni, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 112–126. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.894

Yunia, V. (2022). Mengatasi Dampak Media Sosial Youtube Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Prodi PLS Universitas Nusa Cendana E-ISSN:, 2(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles