Membangun kepercayaan dalam usaha online fashion di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Authors

  • Lutfitasari Lutfitasari Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Ruja Universitas Negeri Malang
  • I Dewa Putu Eskasasnanda Universitas Negeri Malang
  • Sukamto Sukamto Universitas Negeri Malang
  • Novian Candra Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i11p1113-1119

Keywords:

kepercayaan, usaha online, fashion

Abstract

The purpose of this study was to describe the efforts of FIS UM students in building consumer trust. This research method uses a qualitative approach with a type of descriptive research. Informant aggregation used in snowball sampling technique. Data aggregation procedure comprised of data aggregation through observation, interview, and documentation. This research resulted that there are three efforts that college student's used to gain their consumer's trust, those are gave accurate information, provide high qualified goods, and utilize buyer's testimony.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya mahasiswa FIS UM dalam membangun kepercayaan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan informan yang digunakan yaitu teknik snowball sampling. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa terdapat tiga upaya yang digunakan mahasiswa FIS UM untuk membangun kepercayaan konsumen yaitu memberikan informasi yang akurat, menyediakan barang yang berkualitas, dan menggunakan testimoni pembeli.

References

Aprillia, V. K. (2016). Pengaruh Capital Adequacy, Productive Assets Management, Financing Risk, dan Operational Efficiency Ratio terhadap Profit Distribution Management pada Bank Syariah di Indonesia Periode 2011-2015.

Ardianto, H. (2016). Perancangan Video Promosi ‘Mengenal Sejarah di atas Rel. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Arwiedya, M. R., & SUGIARTO, S. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Diva, J., & Winanta, Y. I. (2014). Metode Untuk Memajukan Usaha Bisnis Online di Kalangan Anak Muda Universitas Widya Mandala.

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS quarterly, 51-90.

Hakim, F. N. (2016). Modal Simbolik Dalam Strategi Membangun Kepercayaan Pelaku Onlineshop. Jurnal Natapraja: Kajian Ilmu Administrasi Negara, 4(1).

Kominfo.go.id. (2016). Indonesia Akan Jadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara. Diambil 16 Agustus 2022 (https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/6441/Indonesia%2BAkan-%2BJadi%2BPemain%2BEkonomi%2BDigital%2BTerbesar%2Bdi%2BAsia%2BTenggara/0/berita_satker).

Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Principles of Marketing).

Pratiwi, H. D. (2013). Online Shop sebagai cara belanja di kalangan mahasiswa UNNES. Universitas Negeri Semarang.

Suci, A., Masirun, M., & Apriliyani, I. B. (2017). Analisis kepercayaan konsumen dan dampaknya terhadap perilaku pembelian online pada website OLX di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 3(2), 105-112.

Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis kepercayaan dan kepuasan terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online (Studi pada konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 8–15.

Widhaningrum, B. (2017). Analisis asosiatif daya tarik online shop di instagram terhadap keputusan pembelian eksperimen pada siswa-siswi kelas XI SMA N 1 Pundong, Bantul.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles