Efektivitas penggunaan media pembelajaran FF Box dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Gondanglegi

Authors

  • Vina Mutammimatul Azizah Universitas Negeri Malang
  • Siti Malikhah Towaf Universitas Negeri Malang
  • Agus Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Ratih Pramesthi Universitas Negeri Malang
  • Avietha Reinanda Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i10p1071-1076

Keywords:

efektivitas, media pembelajaran, FF Box

Abstract

IPS learning activities at SMPN 1 Gondanglegi are still dominated by the use of conventional media such as IPS package books, and simple learning media. Education today demands teachers to be innovative in building an atmosphere of active and motivating learning, for example by utilizing learning media. The purpose of this study is to analyze the effectiveness of the use of FF Box learning media on the distribution of fauna flora in Indonesia. Flora Fauna Box is a medium in the form of models in which there are various models that can help in learning IPS material about the distribution of flora and fauna in Indonesia. The material of the distribution of fauna flora is included in the material whose discussion objects are difficult to find in the surrounding environment, so the need for a tool to bridge objects that are difficult to find in the student's surroundings. The research design used a pre-experimental one group of prates-postes namely grade VII A. This study showed that learning using FF Box media was more effective than conventional learning with a 20.97percent increase in results.

Kegiatan pembelajaran IPS di SMPN 1 Gondanglegi masih didominasi dengan penggunaan media konvensional seperti buku paket IPS, dan media pembelajaran yang sederhana. Pendidikan saat ini menuntut guru untuk inovatif dalam membangun suasana pembelajaran aktif dan memotivasi, misalnya dengan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis keefektifan dari pemakaian media pembelajaran FF Box pada materi persebaran flora fauna di Indonesia. Flora Fauna Box merupakan sebuah media dalam model yang di dalamnya ada sejumlah model yang bisa memberikan bantuan pada saat mempelajari materi Ilmu Pengetahuan Sosial tentang penyebaran tumbuhan serta hewan di Indonesia. Materi persebaran flora fauna termasuk dalam materi yang objek pembahasannya sulit ditemui dilingkungan sekitar, sehingga dibutuhkannya sebuah alat bantu untuk menjembatani objek yang sulit dijumpai di lingkungan sekitar siswa. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental satu kelompok prates-postes yakni kelas VII A. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan media FF Box lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dengan peningkatan hasil sebesar 20,97 persen.

References

Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran.

Emzir, E. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fikriyaturrohmah & Nurhakiki, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Hands-On Equations Berbantu Komputer pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa Kelas VII.

Jackson, J. (2016). Myths of active learning: Edgar Dale and the cone of experience. Journal of the Human Anatomy and Physiology Society, 20(2), 51-53.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/-Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-25

Issue

Section

Articles