Hubungan Antara Keterampilan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Pendatang di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya

Authors

  • Renny Apriliani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Hetti Rahmawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Pravissi Shanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p420-424

Keywords:

keterampilan sosial, penyesuaian diri, mahasiswa baru pendatang

Abstract

The study is aimed to investigate the correlation between social skill and self adjustment of newcomer students at Veterinary Faculty University of Brawijaya. The research was conducted with 116 newcomer students of the Faculty of Veterinary University of Brawijaya as the subjects of the study. The Scale of social skills with 0,853 reliability and the scale of self adjustment with 0,844 reliability was used as the instrument of the study. The analysis used in this research was descriptive analysis and analysis of correlational. Based on the data analysis the results stated that; (1) 13,793 percent of the subjects had a higher category on the social skill, 69,827 percent of the subjects had a medium category, and 16,379 percent had a low category , (2) 15,517 percent of the subjects had a higher category on self- adjustment, 68,965 percent of the subjects had a medium category, and 15,517 percent of the subjects  had a low category, (3) There is a positive correlation between the social skill and self- adjustment on the subjects of the study which results in correlation coefficient is (rxy) of 0,716 and p value of 0,000 (p less than 0,05).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru pendatang di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya. Penelitian dilakukan pada 116 mahasiswa baru pendatang di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala keterampilan sosial dengan reliabilitas 0,853 dan skala penyesuaian diri dengan reliabilitas 0,844. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis korelasional. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) Subjek yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori tinggi sebesar 13,793 persen, subjek dengan kategori sedang sebesar 69,827 persen dan subjek dengan kategori rendah sebesar 16,379 persen, (2) Subjek yang memiliki tingkat penyesuaian diri dalam kategori tinggi sebesar 15,517 persen, subjek dengan kategori sedang sebesar 68,965 persen dan subjek dengan kategori rendah sebesar 15,517 persen, (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan sosial dengan penyesuaian diri pada subjek penelitian yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,716 dan p value sebesar 0,000 (p kurang dari 0,05).

References

Hurlock, E. B. (1972). Child Development. New York: McGraw-Hill Book Company.

Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Kapp-Simon, K. A., Simon, D. J., & Kristovich, S. (1992). Self-perception, social skills, adjustment, and inhibition in young adolescents with craniofacial anomalies. The Cleft palate-craniofacial journal, 29(4), 352-356.

Merrell, K. W., & Gimpel, G. A. (1998). Social Skills of Children and Adolescents: Conceptualization. Assessment, Treatment. New York and London: Psychology Press.

Muryani, A. S. (2012). Hubungan antara keterampilan sosial dan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas xi. ips sma negeri 2 wonogiri tahun pelajaran 2011/2012. /dokumen/¬download/¬26760) diakses 21 November 2017

Schneiders, A. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Rinehart and Winston.

Sobur, A. (2011). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wijaya, B. O. (2015). Hubungan antara penyesuaian diri dengan kemandirian pada mahasiswa yang merantau fakultas teknik industri universitas bina darma angkatan 2014/2015 palembang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang, 1-14.

Downloads

Published

2021-09-13

How to Cite

Apriliani, R. ., Rahmawati, H. ., & Shanti, P. . (2021). Hubungan Antara Keterampilan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Pendatang di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya. Flourishing Journal, 1(6), 420–424. https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p420-424

Issue

Section

Articles