Ego Transcendence pada Anggota Majelis Ta’lim As-Sakinah yang Telah Lanjut Usia

Authors

  • Rangga Dwirian Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ike Dwiastuti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v1i42021p310-314

Keywords:

ego transcendence, majelis ta’lim, lanjut usia

Abstract

This study aims to determine how the Ego Transcendence in Majelis Ta'lim which has elderly. This study used qualitative methods to the type of phenomenological research. Means of collecting data in this research is to use the interview. Analysis using thematic analysis. Subjects in this study were mothers as much as 3 subjects which are members of the Majelis Ta'lim As Sakinah who have elderly. Each subject is elderly are 60 years to 62 years old. The results of this study to produce data that is in the Ego Transcendence development theory is the right thing experienced by the subjects in this study, and there are some activities which are a form of Ego Transcendence that is elderly.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Ego Transcendence pada Majelis Ta’lim yang telah lajut usia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologis. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Subjek pada penelitian ini adalah ibu ibu sebanyak 3 subjek yang merupakan anggota Majelis Ta’lim As Sakinah yang telah Lanjut Usia. Masing-masing subjek merupakan Lanjut Usia yaitu 60 tahun hingga 62 tahun. Hasil dari penelitian ini menghasilkan data bahwa Ego Transcendence yang ada dalam teori perkembangan merupakan hal yang benar dialami oleh subjek dalam penelitian ini, dan juga terdapat beberapa kegiatan yang merupakan bentuk Ego Transcendence yang ada pada subjek Lanjut Usia.

References

Erlangga, S. W. (2012). Subjective wellbeing pada lansia penghuni panti jompo. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Diakses pada 21 November 2013 dari http://repository.-gunadarma.ac.id

Hanurawan, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: KPKM Universitas Airlangga.

Papalia & Wendoks. (1986). Human Development (Third Edition). Singapore: McGraw Hill Book Company.

Saputri, M. A. W., & Indrawati, E. S. (2011). Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di panti wreda wening wardoyo Jawa Tengah. Jurnal Psikologi, 9(1). Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, No.1, April 2011.

Iskandar, Z. (2012). Psikologi lingkungan. Bandung: PT Refika Aditama.

Scheinin, P. (2009). Using student assessment to improve teaching and educational policy. In M. O'Keefe, E. Webb, & K. Hoad (Eds.), Assessment and student learning: Collecting, interpreting and using data to inform teaching (pp. 12-14). Melbourne, Australia: Australian Council for Educational Research.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Downloads

Published

2021-09-05

How to Cite

Dwirian, R. ., & Dwiastuti, I. (2021). Ego Transcendence pada Anggota Majelis Ta’lim As-Sakinah yang Telah Lanjut Usia. Flourishing Journal, 1(4), 310–314. https://doi.org/10.17977/um070v1i42021p310-314

Issue

Section

Articles