Pengaruh Penggunaan Metode Focus Group Discussion dalam Memberikan Informasi Tentang Pemilu untuk Meningkatkan Persepsi Pemilih Pemula terhadap Pemilu di Universitas Pesantren Darul Ulum Jombang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um070v1i32021p178-186Keywords:
focus group discussion, informasi pemilu, persepsi pemilih pemula terhadap pemiluAbstract
The purpose of this study was to uncover the Influence of Method Focus Group Discussion on Providing Information to Improve Perceptions About Election Voters on Election Pesantren Darul Ulum University in Jombang. This study used experimental approach to the quasi- experimental research design, one group pretest-posttest design. Analysis of the different test done with the help of IBM SPSS software for MS Windows version 19.0 statistical analysis parametric formula paired sample t-test. Free variables of focus group discussion method of use in providing information about the election and the dependent variable perception of the election voters. The subjects were students of Pesantren Darul Ulum Jombang University who has had the right to vote in the election by 35 students. The results showed that the use of focus group discussion method in providing information about the election has the effect to increase the perception of voters in the electoral college of the pesantren darul ulum jombang (p together with 0.000, sig less than 0.05). In addition, the researchers can then do follow-up research to create innovative methods in providing information about the election to the voters that the perception of the election voters more growth. The results of this study are also expected to be used as an additional input to the government and represented by the Election Commission in the election process in Indonesia, particularly in the provision of education about the election so that voters who still have low positive perceptions increase so that this election run maximum with the participation throughout the participating voters during elections, so political participation from not decreased or diminished.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap Pengaruh Penggunaan Metode Focus Group Discussion dalam Memberikan Informasi Tentang Pemilu untuk Meningkatkan Persepsi Pemilih Pemula terhadap Pemilu di Universitas Pesantren Darul Ulum Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan penelitian quasi eksperimen,one group pretest-posttest design. Analisis uji beda dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS I.B.M for MS Windows versi 19.0 dengan rumus analisis statistik parametrik paired sample t-test. Variabel bebas penggunaan metode focus group discussion dalam memberikan informasi tentang pemilu dan variabel terikat persepsi pemilih pemula terhadap pemilu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pesantren Darul Ulum Jombang yang telah memiliki hak pilih dalam pemilu sebanyak 35 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode focus group discussion dalam memberikan informasi tentang pemilu memiliki pengaruh untuk meningkatkan persepsi pemilih pemula terhadap pemilu di universitas pesantren darul ulum jombang (p sama dengan 0,000, sig kurang dari 0,05). Di samping itu, bagi peneliti selanjutnya bisa melakukan tindak lanjut penelitian dengan membuat inovasi metode dalam memberikan informasi tentang pemilu terhadap pemilih pemula agar persepsi pemilih pemula terhadap pemilu lebih meningkat secara positif. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan serta masukan kepada pemerintah yang secara khusus di wakili oleh Komisi Pemilihan Umum dalam proses penyelenggaraan pemilu di Indonesia khususnya dalam pemberian edukasi tentang pemilu agar pemilih yang masih memiliki persepsi positif rendah semakin meningkat sehingga penyelenggaraan pemilu ini berjalan dengan maksimal dengan ikutsertanya seluruh pemilih pemula dalam berpartisipasi saat pemilu , sehingga partisispasi politik tidak menurun atau berkurang.
References
Alwisol, M. (2009). Psikologi Kepribadian, edisi revisi. Jakarta: Rineka Citra
Asih Y. G. (2011). Psikologi Eksperimen. Semarang: Semarang University Press
Azwar. S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Irwanto, J. (2006). Focused Group Discussion (FGD): Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Indrawijaya, A. I. (2000). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Sinar Baru Algesindo
Rahmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi, Jilid II. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Sarwono, S. W. (1989). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2015). Psikologi Eksperimen (Sebastianus Darwin, Ed). Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Suharnan, M. S. (2005). Psikologi kognitif. Surabaya: Srikandi.
Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum.. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Winataputra, U. S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbitan Universitas Terbuka
Krueger, R. A. (2014). Focus groups: A practical guide for applied research. Sage publications.
Pamungkas, Y. S. (2005). Stres Kerja pada Guru SD ditinjau dari Persepsi terhadap Gaji yang diperoleh dan Keharmonisan Keluarga. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.
Kusuma, L, (2008). Tentang Golput 1: Pengertian Secara Umum, (online), (http://leo4kusuma.blogspot.com/-2008/12/tentang-golput-1-pengertian- secara-umum.html), diakses 9 November 2013.
Pemilu untuk Pemula. Materi sosialisasi Komisi Pemilihan Umum. (online), (http://www.kpu.go.id/-dmdocuments/modul_1a.pdf), diakses 9 November 2013.
Undang Undang dan Peraturan KPU. (online), (http://www.kpu.go.id/index.php/arsip), diakses 20 Januari 2014.
UU No. 3 Tahun 1999 tentang Pemilu. (online), (http://www.kpu.go.id/data/peraturan/uuno3.htm), diakses 10 November 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.