Dampak Video Pendek Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa pada Masa Early Childhood

Authors

  • Andini Eka Putri Universitas Negeri Malang
  • Fraditya Lexcy Aurilio Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Sifa Alayubi Universitas Negeri Malang
  • Raissa Dwifandra Putri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v4i52024p232-244

Keywords:

short video, cognitive development, language development, early childhood

Abstract

Short videos are increasingly popular throughout the world because they can be accessed easily and consumed by various groups, one of which is young children. Early childhood is the developmental period from 0 to 6 years old, which is the golden age for cognitive and language growth. The aim of this research is to determine the impact of short videos on the cognitive and language development of early childhood. This research uses a qualitative approach with a literature review method, by describing the positive and negative impacts of short videos. The results found that the positive impact of short videos on children's cognitive development is that children can develop their creativity, train their memory, develop their curiosity, increase attention and concentration, improve their writing skills, process words, and for language development children will acquire new vocabulary from short content. the video. The negative impact of short videos on children's cognitive development is that children's brain health will be disrupted due to negative viewing in the form of pornography and violence. Meanwhile, the negative impact on language development can result in children acquiring new, negative vocabulary.

Abstrak
Video pendek semakin populer diseluruh dunia karena dapat diakses dengan mudah dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan, salah satunya merupakan anak usia dini. Anak usia dini adalah masa perkembangan dari usia 0 hingga 6 tahun, yang mana merupakan masa keemasan bagi pertumbuhan kognitif dan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak dari video pendek terhadap perkembangan kognitif dan bahasa anak usia dini. Pada penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif dengan metode literatur review, dengan mendeskripsikan dampak positif dan negatif dari video pendek. Hasil yang ditemukan bahwa dampak positif dari video pendek terhadap perkembangan kognitif anak yaitu anak bisa mengembangkan kreativitasnya, melatih daya ingat, mengembangkan keingintahuannya, meningkatkan perhatian dan konsentrasi, meningkatkan kemampuan menulis, mengolah kata, dan untuk perkembangan bahasa anak akan memperoleh kosakata baru dari konten short video tersebut. Pada dampak negatif video pendek terhadap perkembangan kognitif anak berupa kesehatan otak anak akan terganggu diakibatkan tontonan yang negatif berupa pornografi dan kekerasan. Sedangkan dampak negatif terhadap perkembangan bahasa bisa membuat anak mendapat kosakata baru yang negatif.

References

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73–84.

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(09), 837–849.

Arain, M., Haque, M., Johal, L., Mathur, P., Nel, W., Rais, A., Sandhu, R., & Sharma, S. (2013). Maturation of the adolescent brain. Neuropsychiatric Disease and Treatment, 9, 449–461. https://doi.org/10.2147/NDT.S39776

Crain, W. (2015). Theories of development: Concepts and applications. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315662473/theories-development-william-crain

DONG, Z., & Xie, T. (2022). Why People Love Short-Form Videos? The Motivations for Using Tiktok and Implications for Well-Being. The Motivations for Using Tiktok and Implications for Well-Being. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4089602

Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 147–158.

Fort, M., Spinelli, E., Savariaux, C., & Kandel, S. (2012). Audiovisual vowel monitoring and the word superiority effect in children. International Journal of Behavioral Development, 36, 457–476. https://doi.org/10.1177/0165025412447752

Harahap, P. R. B., Ritonga, F., Azmi, A. N., & Rambe, R. F. A. K. (2024). Tiktok Media On Early Children. International Journal of Cultural and Social Science, 5(1), Article 1.

Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P. (2023a). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1), 854–863. https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v5i1.996

Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P. (2023b). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1), 854–863.

Ikems, K. C., Atakpa, A. O., & Nsit, A. (2023). Assessment Of social media And Child Development: A Discourse on The Positive and Negative Effects. Assessment, 6(1). https://mail.globalacademicstar.com/download/article/assessment-of-social-media-and-child-development-a-discourse-on-the-positive-and-negative-effects.pdf

Intania, E., Hyunanda, V. F., & Muttaqin, J. Z. (2022). JOS | Universitas Jenderal Soedirman. Widya Komunika, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.2.5637

Kåhlman, R. (2023). Informal language learning through social media platform TikTok [B.S. thesis, R. Kåhlman]. https://oulurepo.oulu.fi/handle/10024/46642

Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67.

Karimah, L. S. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi tik-tok terhadap perkembangan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. http://mulok.lib.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=110071

Karimah, L. S., Rollie C. Deporos, S., Kustiawan, U., & Twinsari Maningtyas, D. (2022). Does TikTok Effective in Stimulating Language Development for Children Aged 5-6? Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.14421/jga.2022.71-02

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018a). Pengaruh media sosial pada perkembangan kecerdasan kognitif anak usia dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60.

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018b). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9276

Mastanora, R. (2019). Dampak Tontonan Video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. https://www.semanticscholar.org/paper/Dampak-Tontonan-Video-Youtube-Pada-Perkembangan-Mastanora/7eeec8213c80b4bb8e07de78354304e3e84ffed4

Munasti, K., Purnama, S., Winarti, W., Mutmainnah, M., Nessa, R., Fitriani, D., Abd Aziz, U. B., Saptiani, S., Rosmiati, R., & Rahmi, R. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153–7162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981

Nu’man, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Ainul, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence in Early Childhood Through the Use of Tiktok Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2316–2324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2083

Nurhasanah, P. S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 115–121.

Oktari, R. (2023). Dampak konten Youtube terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528–537.

Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh media sosial pada perkembangan kecerdasan anak usia dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 127–134.

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 375–397.

Raodah, R., Milfayetty, S., & Simare-mare, A. (2021). The effect of storytelling and social skills methods on speaking skills age 5-6 years at paud ra al-mahir percut sei tuan. Sensei International Journal of Education and Linguistic, 1(2), 321–337. https://doi.org/10.53768/sijel.v1i2.25

Sun, H. (2021). TikTok: The Era of Short Videos. Retrieved from The California State University: ScholarWorks: https . https://scholarworks.calstate.edu/downloads/44558m19f

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yunita dkk. (2023). Innovative: Journal Of Social Science Research. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Yunita, E., Handayani, T., Fahmi, F., Oviyanti, F., & Murtopo, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8369–8378.

Zakaria, U., & Ismail, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(2), 47–51.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Andini Eka Putri, Fraditya Lexcy Aurilio, Muhammad Sifa Alayubi, & Raissa Dwifandra Putri. (2024). Dampak Video Pendek Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa pada Masa Early Childhood. Flourishing Journal, 4(5), 232–244. https://doi.org/10.17977/um070v4i52024p232-244

Issue

Section

Articles