Hubungan antara Perbandingan Sosial dan Harga Diri Pengguna Instagram Dewasa Awal di Kota Makassar

Authors

  • Muhammad Ma’shum Sam sam Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nur Hidayat Nurdin Universitas Negeri Makassar
  • Muh Rajan Piara Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v4i32024p111-118

Keywords:

self-esteem, downward social comparison, upward social comparison

Abstract

Social media is a need for information and entertainment facilities, especially the Instagram application. Instagram is currently the most popular social media platform. Instagram has many interesting features, such as photo and video sharing, that allow users to present themselves on social media to increase self-esteem. The purpose of this research is to determine the difference in self-esteem of Instagram users who make upward and downward social comparisons. This study used quantitative methods, and there were 334 subjects with 87 people (26%) men and 247 people (74%) women, most individuals who were part of the survey sample were within the age range of 18 to 34 years. This research found that early adult Instagram users in Makassar had differences in self-esteem regarding upward and downward, with a significance of 0.00 with women having higher self-esteem than men. In addition, the results of this study found that men and women have differences in self-esteem, with women having higher self-esteem compared to men. This research also found that women more often compare themselves based on both aspects, namely opinions, and abilities, compared to men.

Abstrak
Media sosial merupakan kebutuhan akan informasi dan sarana hiburan. Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan. Instagram memungkinkan penggunanya dapat menampilkan diri mereka di media sosial untuk meningkatkan harga diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan harga diri pengguna Instagram yang melakukan perbandingan sosial ke atas dan ke bawah. Studi ini menggunakan metode kuantitatif, dan subjek berjumlah 334 dengan 87 orang (26%) laki-laki dan 247 orang (74%) perempuan, yang berada dalam rentang usia 18 hingga 34 tahun. Penelitian ini menemukan bahwa pengguna Instagram dewasa awal di Kota Makassar memiliki perbedaan harga diri terhadap perbandingan sosial ke atas dan ke bawah, dengan signifikansi 0,00 dengan perempuan memiliki harga diri yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Selain itu, hasil penelitian ini menemukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam harga diri, dengan perempuan memiliki harga diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Penelitian ini juga menemukan bahwa perempuan lebih sering membandingkan diri mereka berdasarkan kedua aspek, yaitu pendapat dan kemampuan, dibandingkan dengan laki-laki.

References

Agianto, R., Setiawati. A., & Firmansyah. R. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap gaya hidup dan etika remaja. Tematik-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 130-139.

Bergagna, E & Tartaglia, S. (2018). Self-estem, social comparison, and facebook use. Europe’s Journal of Psychology, 14(4), 831-845.

Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. USA : W.H. Freeman and Company.

Dalila, F. Putri, A. M, & Harkina, P. (2021). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan harga diri. Jurnal Psikologi Malahayati. 3(1), 47-55.

Databoks. (2021, 15 November). Ada 91 juta pengguna Instagram di Indonesia, mayoritas usia berapa. (Online), (https://databoks.katadata.co.id, Diakses 22 Desember 2022)

Eddleston, K.A. (2009). The effect of social comparison on managerial career satisfaction and turnover intentions. Career Development International, 14(1), 87-110.

Evelin. & Adishesa, M. S. (2020). Hubungan intensitas pengguna Instagram dan self esteem pada remaja (Instagram use and self esteem among adolescents). Jurnal Universitas Pancasila Mind Set, 11(1), 26-36.

Fakhri. N. (2017). Konsep dasar dan implikasi teori perbandingan sosial. Jurnal Psikologi Talenta, 3(1), 1-10.

Festinger, L. (1954). A theory of social somparison processes. Sage Journals, 7(2), 1-16.

Gibbons, F. X., & Buunk, B. P. (1999). Individual differences in social comparison: development of a scale of social comparison orientation. Journal of Personality and Social Psychology, (76)1. 129-142.

GoodStats. (2022, 21 Juni). Daftar media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia 2022. (Online), (https://goodstats.id/infographic/media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-JpfD1, Diakses 22 Desember 2022).

Herachwati, N. Sulistiawan, J. & Nguru, M. G. B. (2015). Pengaruh social comparison pada work attitude peran pemoderasian competitive work group. Jurnal Siasat Bisnis. 19(2).

Hidayah, N., Razak, A. & Hamid, H. (2022). Hubungan harga diri dengan kecenderungan narsistik pada mahasiswa pengguna instagram di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(3), 150-166.

Maharani, M. A. (2018). Hubungan perbandingan sosial dan intensi turnover pada karyawan berusia 20-30 tahun (Skripsi). Di akses dari. http://reposotory.usd.ac.id/id/id/eprint/31460.

Nastiti, A, D, S., & Purworini, D. (2018). Pembentukan harga diri: analisis presentasi diri pelajar SMA di media sosial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 33-47.

Prawesti, F, S & Dewi, D, K. (2016). Self Esteem dan Self Disclosure pada mahasiswa psikologi pengguna blackberry messenger. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 1-8.

Rancourt, D., Leahey, T. M., Larose, J. G., & Crowrther, J. H. (2014). Effect of weight-focused social comparison on diet and activity outcomes in overwight and obese young women. Obesity, 23(1), 85-89.

Refnadi. (2018). Konsep self esteem serta implikasi pada siswa. Jurnal Educatio, 4(1), 16-22.

Septiana, N. Z. (2021). Dampak penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan sosial remaja dimasa pandemic COVID-19. Jurnal Nusantara of Research, 8(1), 1-13.

Srisayekti, W. & Setiadi, D, A. (2015). Harga diri (self-esteem) terancam dan perilaku menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156.

Syamsu, H. I. A., Lukman., & Nurdin, M. N. H. (2019). Pengaruh umpan balik positif media sosial terhadap self esteem pada mahasiswa pengguna instagram di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Psikologi Talenta, 5(1), 1-9.

Valkenburg, P. M., Peter, J., & Schouten, A. P. (2006). Friend networking sites and their relationship to adolescent well-being and social self-esteem. Cyberpsychology & Behavior: The Impact of The Internet. Multimedia and Virtual Reality on Behavior and Society, 9(5), 584-590.

Vogel, E, A., Rose, J, P., Roberts, L, R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. American Psychological Association, 3(3), 206-222.

Wahyuni, F. R., Widyastuti., & Nurdin, M. N. H. (2022). Hubungan antara harga diri dan kecenderungan perilaku narsistik pengguna instagram pada dewasa awal. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(6), 639-653.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

sam, M. M. S., Nurdin, M. N. H., & Piara, M. R. (2024). Hubungan antara Perbandingan Sosial dan Harga Diri Pengguna Instagram Dewasa Awal di Kota Makassar. Flourishing Journal, 4(3), 111–118. https://doi.org/10.17977/um070v4i32024p111-118

Issue

Section

Articles