Hubungan Komunikasi Interpersonal Pelatih dengan Motivasi Pemain

Authors

  • Enjis Argi Prayugi Prisswigstya Universitas Negeri Malang
  • Rakhmaditya Dewi Noorizki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v3i122023p536-543

Keywords:

interpersonal communication, athlete motivation, team sport

Abstract

Coach interpersonal communication is an important factor in player motivation. The role of the coach is not only to train the performance of the players but also to be able to communicate well so that they can become an external driver for the players. The purpose of this research is to determine the relationship between coach communication and player motivation. This research uses a literature review research design. There are five journals with a minimum publication year of 2018. The results of the data analysis show that there is a significant relationship between coach interpersonal communication and player motivation. The subjects studied were table tennis athletes, badminton women's doubles athletes, club woodball players, futsal athletes, and UKM athletes. Good interpersonal communication gives players the opportunity to increase their motivation when competing. Apart from that, based on the results of intervention in the form of effective communication training, it also shows a significant influence on player success. Effective communication can increase the sense of trust between players and coaches so that it can improve player performance.

Abstrak
Komunikasi interpersonal pelatih menjadi faktor penting dalam motivasi pemain. Peran pelatih tidak hanya melatih performa pemain tetapi harus mampu berkomunikasi dengan baik sehingga mampu menjadi salah satu pendorong eksternal bagi pemain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan komunikasi pelatih dengan motivasi pemain. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tinjauan pustaka. Terdapat lima jurnal dengan minimal pernerbitan tahun 2018. Hasil analisis data menunjukkan apabila ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal pelatih dan motivasi pemain. Subjek yang dikaji yaitu atlet tenis meja, atlet ganda putri bulutangkis, pemain club woodball, atlet futsal, dan atlet UKM. Komunikasi interpersonal yang baik memberi peluang pemain untuk meningkatkan motivasi mereka saat bertanding. Selain itu berdasarkan hasil intervensi berupa pelatihan komunikasi efektif juga menunjukan pengaruh yang signifikan pada keberhasilan pemain. Komunikasi efektif dapat meningkatkan rasa percaya antara pemain dan pelatih sehingga mampu meningkatkan performa pemain.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Azhari, H. T., Nuraeni, Y., & Astriani, R. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih dan Atlet Disabilitas dalam Menumbuhkan Motivasi dan Prestasi (Studi Deskriptif Atlet Tenis Meja Disabilitas Npci Dki Jakarta). Rina Astriani, ISSN(1), 63. https://doi.org/10.56127/j

Charolin, K., Pujianto, D., Ilahi, B. R., & Sihombing, S. (2021). Komunikasi Interpersonal antara Pelatih dengan Atlet Klub Futsal Putri se-Kabupaten Kepahiang Interpersonal Communication Between Coaches and Female Futsal Club Athletes In Kepahiang Regency. 2(2), 167–180. https://doi.org/10.33369/gymnastics

Dela, Y. F, Nurrachmad, L., & Anam, K. (2022). Pola dan Peran Komunikasi Interpersonal antara Pelatih dengan Atlet dalam Membangun Motivasi Berprestasi Klub Woodball Kabupaten Grobogan. Sport Pedagogy Journal, 11(2), 68-78.

Fernandi, I. D., & Jannah, M. (2013). Hubungan persepsi komunikasi interpersonal pelatih-atlet terhadap motivasi berprestasi pada atlet hoki. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1-7.

Karisman, V. A., Meirizal, Y., & Affandi, A. F. M. (2018). Hubungan Komunikasi Interpersonal Pelatih Terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 5-9.

Mairanda, H. (2023). Analisis efektivitas latihan atlet angkat besi binaan pplp aceh selama era new normal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).

Muchtar, R. (1992). Metode LatihanSepakbola.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mylsidayu, A., & Mamesah, E. D. (2022). Motivasi berolahraga atlet tinju selama pandemi covid-19. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 18(3), 85-93.

Nerissa, N., & Tutiasri, R. P. (2022). Interpersonal communication strategy of badminton trainer in increasing the motivation of women’s dual athletes djarum jakarta during the covid-19 pandemic. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 7(2), 353–568. https://doi.org/10.35457/josar.v8i2.2429

Nilamsari, N., & Perdana, M. N. (2019). Pola Komunikasi Antarpribadi Pelatih Dan Pemain Dalam Program Latihan Komunitas Futsal Tuter FC. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2), 222-233.

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Rawe, A. S. (2023). Kombinasi olahraga dan doa dalam menumbuhkan karakter. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.38048/jor.v3i1.1501

Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, S. W. (2006). Psikologi prasangka orang Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 92.

Selviana, K. D. (2022). Pengaruh Efikasi Diridan Motivasi Berprestasi terhadap Kecemasan Menghadapi Pertandingan Sepak Bola pada Pemain Bola SSBBintang Ragunan. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 6(2), 1–7.

Sutirta, V. F., & Sukendro, G. G. (2020). Kreativitas Seorang Pelatih dalam Membangun Motivasi Berlatih pada Pemain Futsal (Studi Kasus Conan Futsal Academy). Koneksi, 4(2), 358-363.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Enjis Argi Prayugi Prisswigstya, & Rakhmaditya Dewi Noorizki. (2023). Hubungan Komunikasi Interpersonal Pelatih dengan Motivasi Pemain. Flourishing Journal, 3(12), 536–543. https://doi.org/10.17977/um070v3i122023p536-543

Issue

Section

Articles