Tinjauan Pola Asuh Otoriter dari Perspektif Teori Baumrind pada Remaja dan Kaitannya dengan Perilaku Agresif

Authors

  • Sandra Fauziyah Zahra Febrina Universitas Negeri Malang
  • Nadia Khairina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v4i62024p265-273

Keywords:

parenting style, aggressive behavior, adolescent

Abstract

Parents play a big role in providing parenting patterns for children. This parenting pattern can affect one of the child's attitudes, namely aggressive behavior. Aggressive behavior includes physical aggression, verbal aggression, angry aggression, and hostility. This study aims to examine authoritarian parenting, which based on many previous studies, is one of the factors that trigger aggressive behavior in adolescents. The method used is through qualitative methods including observation of subjects with authoritarian parenting patterns and interviews. In this study, two samples consisting of subjects and informants were used as supporting data... The data obtained were then analyzed descriptively. The interviews were semi-structured and conducted by means of a series of closed themes and some prepared questions; from the results of this study, it was found that authoritarian parenting encourages aggressive attitudes in adolescents. This is concluded from the subject's parenting pattern which meets the criteria of authoritarian parenting, as well as the subject's tendency to commit aggressive acts as a consequence of the parenting pattern.

Abstrak
Orang tua berperan besar dalam memberikan pola pengasuhan pada anak. Pola pengasuhan ini dapat berpengaruh ke salah satu sikap anak, yaitu perilaku agresif. Perilaku agresif yang dimaksud meliputi agresi fisik, agresi verbal, agresi marah, dan sikap permusuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola asuh otoriter, yang berdasarkan banyak penelitian sebelumnya, menjadi salah satu faktor pemicu perilaku agresif pada remaja. Metode yang digunakan adalah melalui metode kualitatif meliputi observasi terhadap partisipan dengan pola pengasuhan otoriter dan wawancara. Dalam penelitian ini, digunakan dua sampel yang terdiri atas partisipan dan informan sebagai data pendukung.. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Wawancara dilakukan secara semi-struktur, dilakukan dengan cara serangkaian tema tertutup dan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan, Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pola asuh otoriter mendorong sikap agresif pada remaja. Hal ini disimpulkan dari pola pengasuhan partisipan yang memenuhi kriteria dari pola pengasuhan otoriter, serta kecenderungan partisipan untuk melakukan tindakan-tindakan agresif sebagai konsekuensi dari pola pengasuhan tersebut.

References

Anggaraino, R. D., Amin, N. S., & Amiruddin, A. (2021). The Relationship Between Authoritarian Parenting With Students' Aggressive Behavior. Altruistik: Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan, 1(2).

Anisa, K. (2020). Hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif pada siswa SMA Negeri 12 Semarang. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Di Unduh di https://repository. usm. ac. id/files/skripsi/F11A/2016/F, 131, 0259.

Baumrind, D. (1966). Effects of authoritative parental control on child behavior. Child Development, 37:887–907. doi: 10.2307/1126611.

Chen Zeng, T., Cheng, J. T., & Henrich, J. (2022). Dominance in humans. Philosophical transactions of the Royal Society of London. Series B, Biological sciences, 377(1845), 20200451. https://doi.org/10.1098/rstb.2020.0451

Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Siswa/siswi Smk Yudyakaryamagelang. Jurnal Empati, 5(3), 491-502.

Geandra, F., & Neviyarni, S. (2018). Analisis perilaku agresif siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2), 8–12.

Mil, S., & Ningsih, A. S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Agresif Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 219-225.

Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B. (2021). Peran pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif pada anak. Jurnal Talenta, 10(2).

Rahmawati, A., & Asyanti, S. (2017). Fenomena perilaku agresif pada remaja dan penanganan secara psikologis. Muhammadiyah Univeristy Press

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (13th ed.Ser. 1). McGraw-Hill.

Sarwono, S. (1994). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2005). Theories of personality (8th ed.). Wadsworth Cengage Learning

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923-930.

Susantyo, B. (2011). Memahami perilaku agresif: Sebuah tinjauan konseptual. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 16(3).

Trisnawati, J., Nauli, F. A., & Agrina. (2017). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Remaja Di SMK Negeri 2 Pekanbaru. media neliti.com

Warouw, I., Posangi, J., & Bataha, Y. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Remaja Di Sma N 1 Kakas. Jurnal Keperawatan, 7(1)

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sandra Fauziyah Zahra Febrina, & Nadia Khairina. (2024). Tinjauan Pola Asuh Otoriter dari Perspektif Teori Baumrind pada Remaja dan Kaitannya dengan Perilaku Agresif. Flourishing Journal, 4(6), 266–273. https://doi.org/10.17977/um070v4i62024p265-273

Issue

Section

Articles