Fenomena Fear of Missing Out dalam Partisipasi Konser Musik di Kalangan Masyarakat Indonesia

Authors

  • Amelia Dwi Rahmah Mukhtar Universitas Negeri Malang
  • Rakhmaditya Dewi Noorizki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v3i72023p261-268

Keywords:

fear of missing out, music concert, social media

Abstract

FoMO (Fear of Missing Out) is a psychological phenomenon that arises from curiosity and the urge to keep up with developments in the environment around us. Technology and social media platforms provide opportunities for access to ongoing trend information becoming easier. So it has an impact on the increasing number of individuals suffering from FoMO. This article aims to analyze the phenomenon of FoMO in the participation of music concerts that occurred in Indonesian society. The research method used is the study of literature by examining 1 journal article and 4 news articles that are relevant to the author's research. The data used in this research is secondary data, which is a type of data obtained indirectly. The reference sources used came from search results through the Google and Google Scholar search platforms, which are search systems dedicated to academic research and scientific publications. The data obtained was analyzed thematically to describe findings in the literature and to identify key themes as well as the interrelationship of information. This study revealed that the phenomenon of FoMO in the participation of music concerts in Indonesian society encourages individuals to follow the trend in order to avoid anxiety.

Abstrak
FoMO (Fear of Missing Out) merupakan fenomena psikologis yang timbul dari keingintahuan dan dorongan untuk terus mengikuti perkembangan yang sedang berlangsung di lingkungan sekitar kita. Teknologi dan platform media sosial memberikan peluang akses terhadap informasi trend yang sedang berlangsung menjadi lebih mudah. Sehingga berdampak pada meningkatnya jumlah individu yang mengalami FoMO. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis fenomena FoMO dalam partisipasi konser musik yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan berupa studi literatur menelaah 1 artikel jurnal dan 4 artikel berita yang relevan dengan penelitian penulis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, merupakan jenis data yang diperoleh secara tidak langsung. Sumber referensi yang digunakan berasal dari hasil penelusuran melalui platform pencarian Google dan Google Scholar, yang merupakan sistem pencarian khusus untuk kajian akademik dan publikasi ilmiah. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik untuk menggambarkan temuan dalam literatur dan mengidentifikasi tema-tema utama serta hubungan antar informasi. Penelitian ini mengungkap bahwa fenomena FoMO dalam partisipasi konser musik di kalangan masyarakat Indonesia mendorong individu untuk ikut trend demi menghindari kekhawatiran tertinggal.

References

Aisafitri, L., & Yusrifah, K. (2020). Sindrom fear of missing out sebagai gaya hidup milenial di Kota Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11177

Akbar, A. (2023). Penipu tiket konser NCT Dream pakai uang korban untuk beli barang pribadi. https://news.detik.com/berita/d-6815958/penipu-tiket-konser-nct-dream-pakai-uang-korban-untuk-beli-barang-pribadi

Alt, D. (2015). College students’ academic motivation, media engagement and fear of missing out. Computers in Human Behavior, 49, 111–119. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.057

Cahyadi, A. (2021). Gambaran fenomena fear of missing out (fomo) pada Generasi Z di kalangan mahasiswa. Widya Warta, 2(0), Article 0. http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/1039

Carolina, M., & Mahestu, G. (2020). Perilaku komunikasi remaja dengan kecenderungan fomo. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(1). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i1.8065

Devitasari, E. (2023). Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) pasca hegemoni media sosial digital di indonesia dalam perspektif skizoanalisis gilles deleuze.

Dewi, T. M. (2023). Jual aset puluhan juta demi nonton konser coldplay di jakarta, penggemar incar tiket paling mahal—Tribun Wow. https://wow.tribunnews.com/2023/05/15/jual-aset-puluhan-juta-demi-nonton-konser-coldplay-di-jakarta-penggemar-incar-tiket-paling-mahal

Farouk, Y., & Priyambodo, A. (2023). Heboh disebut fomo ikutan nonton Blackpink, Rachel Vennya: maaf ya—Suara.com. https://www.suara.com/entertainment/2023/03/15/180813/heboh-disebut-fomo-ikutan-nonton-blackpink-rachel-vennya-maaf-ya

Holopis.com. (2023). https://holopis.com/2023/05/16/fenomena-fomo-dan-permintaan-pinjol-di-tengah-gemparnya-konser-coldplay/

Haryanto, A. T. (2023). Jumlah pengguna internet RI tembus 212,9 juta di awal 2023. detikinet. https://inet.detik.com/telecommunication/d-6582738/jumlah-pengguna-internet-ri-tembus-2129-juta-di-awal-2023

Mumtahanah, S. (2023). War tiket konser ditinjau dari teori psikologi sosial—IMADIKLUS. https://imadiklus.or.id/war-tiket-konser-mengapa-kita-sering-memilih-untuk-ikut-serta-ditinjau-dari-teori-psikologi-sosial/

Nabila. (2023). 21 jadwal konser musik 2023 di Indonesia. Blog ruparupa. https://www.ruparupa.com/blog/jadwal-konser-2023/

Noviansah, W. (2023). Penipuan calo tiket konser BLACKPINK, akun @mbajastip_ Dipolisikan. detiknews. https://news.detik.com/berita/d-6616763/penipuan-calo-tiket-konser-blackpink-akun-mbajastip-dipolisikan

Noviansah, W. (2023). Polisi ungkap modus penipuan tiket coldplay: ngaku punya “orang dalam.” detiknews. https://news.detik.com/berita/d-6749798/polisi-ungkap-modus-penipuan-tiket-coldplay-ngaku-punya-orang-dalam

Nurizal, Z. F. (2023). Festival musik diproyeksikan tumbuh dua kali lipat pada 2023. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/01/05/imbas-pencabutan-ppkm-festival-musik-diproyeksikan-tumbuh-dua-kali-lipat

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Riani, A. (2023). Penjual fancam konser agust D Suga BTS di Jakarta diancam boikot warganet—Lifestyle Liputan6.com. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5298384/penjual-fancam-konser-agust-d-suga-bts-di-jakarta-diancam-boikot-warganet

Sette, C. P., Lima, N. R. S., Queluz, F. N. F. R., Ferrari, B. L., & Hauck, N. (2020). The online fear of missing out inventory (on-fomo): development and validation of a new tool. Journal of Technology in Behavioral Science, 5(1), 20–29. https://doi.org/10.1007/s41347-019-00110-0

Wahyunindya, B. P., & Silaen, S. M. J. (2021). Kontrol diri dengan fear of missing out terhadap kecanduan media sosial pada remaja karang taruna Bekasi Utara. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 1-8.

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Mukhtar, A. D. R., & Rakhmaditya Dewi Noorizki. (2023). Fenomena Fear of Missing Out dalam Partisipasi Konser Musik di Kalangan Masyarakat Indonesia. Flourishing Journal, 3(7), 261–268. https://doi.org/10.17977/um070v3i72023p261-268

Issue

Section

Articles