Pengaruh Media Bercerita Terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak di Kelompok B TK Amanah

Authors

  • Irma Dian Tristanti Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Rizka Fibria Nugrahani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v3i42023p152-161

Keywords:

early children, storytelling, development of moral values

Abstract

Morals and education are crucial in relation to human life. Literature studies explain that education is a step toward developing each person's potential. One of the unique ways that can be done to teach moral values in early childhood is through the media of storytelling. This research was conducted to see the effect of storytelling media on the development of moral values of children in group B of Amanah Kindergarten. This research emphasizes an approach on a quantitative basis with an experimental method and related design, namely a non-randomized pretest-posttest control group. The population involved was 14 students who were divided into a control group and an experimental group. Based on the results of the study, there was a good change in the experimental group which was given the treatment and storytelling media, where storytelling media showed a significant relationship (p < .001) with the development of moral values in early childhood.

Abstrak
Moral dan pendidikan merupakan hal yang krusial dalam kaitannya dengan hidup manusia. Studi literatur menjelaskan jika pendidikan merupakan langkah atas upaya pengembangan potensi tiap orang sehingga dapat memaksimalkan potensi individu, di samping itu, juga menjadi wujud usaha atas pengembangan nilai moral yang baik khususnya untuk anak usia dini. Anak usia dini berada pada masa emas dari perkembangannya, sehingga penting dalam menggunakan cara yang unik untuk membuat anak memahami sesuatu hal, seperti nilai-nilai moral. Salah satu cara unik dapat dilakukan untuk mengajarkan nilai moral pada anak usia dini ialah dengan media bercerita. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh media bercerita pada pengembangan nilai moral anak-anak di kelompok B TK Amanah. Riset ini menekankan pendekatan dengan basis kuantitatif dengan metode eksperimen dan terkait desainnya yakni non-randomized pretest-posttest control group. Populasi yang dilibatkan sebanyak 14 siswa yang dibagi terbagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperiemen. Berdasarkan dari hasil penelitian, terdapat perubahan yang baik pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan media bercerita, dimana media bercerita menunjukkan hubungan yang signifikan (p < .001) dengan perkembangan nilai moral pada anak usia dini.

References

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi, M., Patiung, D. (2021). Peran metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, vol.8, no.2, hal 74-86. ISSN: 2528-3552 (online) ISSN: 2407-4454 (print)

Hidayat A., Bhakti P. F. H., Ludovikus B. W (2019),Pengaruh lingkungan sekolah terhadap moral siswa sekolah menengah pertama. Jurnal moral kemasyarakatan. 4(1).

Irawati, I., Ali, M., & Halida, H. (n.d). Peningkatan perilaku moral anak menggunakan metode bercerita dengan media gambar pada anak usia 5-6 tahun. Diunduh dari: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/214329-none.pdf

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah M (2015), Tugas-tugas perkembangan pada kanak-kanak. International Journal of Child and Gender Studies.1(2).

Khairoini, M (2017), Pendidikan anak usia dini. Journal Golden Age, Vol. 1, No.1, hal 1-16.

Kubra M (2019). Pengaruh penerapan metode bercerita terhadap penanaman nilai-nilai moral anak usia dini di taman kanak-kanak Negeri Pertiwi Letta Kabupaten Bantaeng. Makasar.

Lysenko, El.M. & Zharinova, Ye. N. (2021). Quality of education as an indicator of the quality of life. SHS Web of Conferences 101, 03045. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110103045

Makhmudah S (2020), Penanaman nilai keagamaan anak melalui metode bercerita. jurnal agama islam. 6(2)

Mangunah, S. (2020). Hubungan metode bercerita dengan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Purbalingga. Cakrawala, vol.4, no.2. DOI: https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.256

Mirani O., Alifia T.P., Isroyati (2019), Uji normalitas gain skor untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post tes.

Mukarromah A (2022), Pendidikan moral anak usia dini. Jounal of science and education research. 1(1).

Murdiono, M. (2008). Metode penanaman nilai moral untuk anak usia dini. Jurnal Kependidikan, Vol.38, No.2

Muttaqin M. A., Kencana R (2018), Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan moral dan agama anak usia dini. 3.

Putrid H (2017), Penggunaan metode cerita untuk mengembangkan nilaimoral anak TK/SD. Jurnal madrasah ibtidaiyah. 3.

Saptawuni E. (2021), Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan informasi hasil pengamatan. Jurnal Education.7(4).

Triutami, N., Widayati, S., Komalasaro, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 11, No. 1, hal 162-170. ISSN 2302-6804 (print), ISSN 2579-4531 (online)

Wiresti, R.D. & Na’imah. (2020). Aspek perkembangan anak: Urgensitas ditinjau dalam paradigma psikologi perkembangan anak. Aulad: Journal an Early Childhood, Vol. 3, No.1, pp. 36-44. doi: 10.31004/aulad.v3i1.53

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Irma Dian Tristanti, & Rizka Fibria Nugrahani. (2023). Pengaruh Media Bercerita Terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak di Kelompok B TK Amanah. Flourishing Journal, 3(4), 152–161. https://doi.org/10.17977/um070v3i42023p152-161

Issue

Section

Articles