Cyberbulllying pada Remaja Ditinjau dari Berbagai Tipe Kepribadian

Authors

  • Doni Irawan Universitas Negeri Malang
  • Tri Atika Melya. B Universitas Negeri Malang
  • Raissa Dwifandra Putri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v3i12023p22-32

Keywords:

Cyberbullying, Kepribadian, Remaja

Abstract

The rapid of technological developments has brought many changes in society, including the development of information and communication technology. This also bring many impact to society, not only positive impact but also a negative impact, such as cyberbullying behavior which is increasingly prevalent, especially during adolescence. This happens because the adolescent phase is a phase where many changes are experienced by humans. In addition, the existence of various personalities in many people makes this act of cyberbullying easier to understand from various perspectives. The purpose of this study is to review cyberbullying behavior from various personality perspectives in adolescents. The method used in this study is a literature study in which this method aims to elaborate various opinions or previous studies regarding cyberbullying. So that various theories or perspectives are obtained which explain that the emergence of cyberbullying behavior can arise from various aspects that exist in humans.

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi banyak membawa perubahan di masyarakat, termasuk juga perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini turut membawa berbagai dampak bagi masyarakat, tidak hanya dampak baik tetapi juga dampak buruk seperti adanya perilaku cyberbullying yang semakin marak terjadi, khususnya pada masa remaja. Hal ini terjadi karena fase remaja merupakan fase dimana banyak sekali perubahan yang dialami oleh manusia. Selain itu, adanya berbagai kepribadian pada setiap orang banyak menyebabkan tindakan cyberbullying ini menjadi lebih mudah untuk dipahami dari berbagai macam perspektif. Tujuan dari studi ini ialah untuk meninjau perilaku cyberbullying dari berbagai perspektif kepribadian pada remaja. Metode yang digunakan dalam studi ini ialah studi literatur yang mana metode ini bertujuan mengelaborasikan berbagai pendapat atau studi terdahulu mengenai cyberbullying. Sehingga didapat berbagai teori atau perspektif yang menjelaskan bahwa munculnya perilaku cyberbullying dapat muncul dari berbagai aspek yang ada pada diri manusia.

References

Alwisol, A. (2004). Psikologi kepribadian. Malang: Universitas Muhammyadiah Malang.

Chariroh, L., & Ningdiyah, A. E. M. (2023). Cyberbullying pada remaja pengguna Tik Tok : Bagaimana peranan tipe kepribadian ekstrovertt ? Pendahuluan. 2(4), 1022–1029. https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/944/641

Feist, Jess & Feist, G. J. ( 2008 ). Theories of Personality (7th Edition ). McGraw-Hill.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. M. T. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2006). Bullies Move Beyond the Schoolyard: A Preliminary Look at Cyberbullying. Youth Violence and Juvenile Justice, 4(2), 148–169. https://doi.org/10.1177/1541204006286288

Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying pada Remaja (Studi Analisis Media Sosial Facebook). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/kah.v4i1a3

Rivituso, J. (2014). Cyberbullying victimization among college students: An interpretive phenomenological analysis. Journal of Information Systems Education, 25(1), 71.

Runions, K. C., & Bak, M. (2015). Online moral disengagement, cyberbullying, and cyber-aggression. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 18(7), 400-405.

Rusyidi, B. (2020). Memahami Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 100. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29118

Saragih, D. C., Windarwati, H. D., Merdikawati, A., & PH, L. (2020). Tipe kepribadian pada remaja dengan cyberbullying. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(3), 323–328.

Satalina, D. (2014). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 294-309. https://doi.org/10.22219/jipt.v2i2.2003

Siwi, A., Utami, F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan RSiwi, A., Utami, F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. 18(2), 257–262.emaja. 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh

Unicef.org. (N.d.). Cyberbullying: Apa Itu dan Bagaimana Menghentikannya. Diakses pada 1 Maret 2023, dari https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying

Celik, S., Atak, H., & Erguzen, A. (2012). The effect of personality on cyberbullying among university students in Turkey. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 49, 129–150.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Doni Irawan, Tri Atika Melya. B, & Raissa Dwifandra Putri. (2023). Cyberbulllying pada Remaja Ditinjau dari Berbagai Tipe Kepribadian. Flourishing Journal, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.17977/um070v3i12023p22-32

Issue

Section

Articles